Skip to main content

Game Petak Umpet Ala FPS (First Person Shooter)




"Dan kemudian terpikirlah aku, apa ada ya game petak umpet pernah dibuat oleh developer di Indonesia? Kalo kira-kira ada gamenya, gimana bentuk grafis dan gameplaynya ya?"


Halooo, apa kabar?
Kali ini aku mau sapa kepada teman-teman yang sedang menjalani ibadah puasa, semoga lancar terus ya puasanya. :)

Tidak terasa aku sudah sampai pada postingan yang ke-4. Eh apa hebatnya rupanya kalo postingan cuma 4? Gak, aku senang aja, akhirnya bisa buat artikel "cukup" rutin akhir-akhir ini. Lumayan seminggu bisa dapat 3 postingan kan. Daripada sepi terus ini blog :). Oh iya di 2 posting sebelumnya aku udah buat postingan tentang aplikasi SINAMOT dan SIMANTAN. Mau tau itu bagaimana aplikasinya, langsung cekidot aja ke situ.

Kali ini imajinasi yang muncul di kepalaku mungkin tidak dalam bentuk sistem informasi seperti dua artikel sebelumnya. Tapi ini lebih ke aplikasi game. Wah game apa kira-kira ya?. Game RTS semacam warcraft atau DOTA? Oh bukan. Ato game olahraga seperti FIFA atau PES? Memang enak bahas tentang game bola, tapi bukan juga. Lantas game apakah itu?

Game yang terlintas di benakku adalah game tradisional yang sudah pasti kita kenal semua, Petak Umpet. Aku rasa ini adalah nama nasional dari permainan  sembunyi-sembunyi-jaga ini, karena  di berbagai daerah di Indonesia, lain-lain kayaknya namanya. Kalo di tempat kelahiranku sendiri, di Kabanjahe Tanah Karo, nama permainan ini kami sebut alep cendong. Kalo di tempat teman-teman apa? Bolehlah kalian bilang di komentar ya :)

Kenapa aku terpikir tentang ini?
Jadi sekitar beberapa minggu yang lalu aku pulang ke kampung halamanku di Kabanjahe Tanah Karo. Ya biasalah kalo orang pulang kampung kan, pasti bawaannya mengenang masa lalu. Mulai dari kenangan masa kecil sampai kenangan di masa SMA juga turut aku kenang. Nah, pas aku mengenang kenangan masa SDlah, aku teringat bahwa dulu aku sering main petak umpet ini. Dan kemudian terpikirlah aku, apa ada ya game petak umpet pernah dibuat oleh developer di Indonesia? Kalo kira-kira ada gamenya, gimana bentuk grafis dan gameplaynya ya? Jadi mulailah terjadi letupan imajinasi dalam pikiranku. Mau tau seperti apa? Yok cekidot.

Format Game First Person View dan MultiPlayer
Ada yang tau gameplay First Person View atau yang sering juga dikatakan FPS (First Person Shooter) itu seperti apa? Kalau teman-teman pernah main game perang-perang kayak Call of Duty, Battlefield atau Counter Strike, itu kan dari karakter pemain yang kita mainkan cuma nampak tangannya aja sambil megang senjata kan. Jadi ibaratnya, kita sendiri yang langsung beperang disitu. Seperti itulah kira-kira dikatakan First Person View.

Jadi kalo petak umpet ini ada gamenya, maka aku pikir format inilah yang terbaik untuk dibuat pada game ini. Mengapa? Agar permainan petak umpetnya jadi seperti lebih nyata. Oh iya, apakah sama memang permainan petak umpet yang ada di daerah kami dengan di daerah teman-teman semua? aku ceritakan dululah ya kalau di tempat kami bagaimana cara bermainnya.

Jadi kalau di tempat kami, terlebih dahulu ada minimal 2 orang yang bermain. Karena paling sedikit harus ada satu yang menjaga markas (di tempat kami, kadang bisa 2 orang yang jaga markasnya). Jadi kalau memulai permainan, biasanya kami akan uang dan upiyang (kalau nama nasionalnya hom pim pah) terlebih dahulu untuk mendapatkan siapa yang akan jaga. Setelah dapat siapa yang jaga, maka si penjaga akan menutup mata dan menghitung sampai jumlah hitungan yang ditentukan, baru setelah itu dia bisa membuka mata dan mencari teman-teman yang sudah bersembunyi.

Di saat mencari, si penjaga tak boleh hanya sekedar mencari saja, tapi juga untuk menjaga markasnya. Jika si penjaga telah melihat seseorang dengan jelas dan yakin, maka dia akan segera meneriakkan namanya, dan berlari ke markas, dan jika berhasil menepuk markas sambil berkata "Cendong", maka orang yang disebutkan namanya akan berkesempatan bergantian menjadi penjaga di ronde berikutnya. Tetapi apabila, yang bersembunyi yang berhasil menepuk markas terlebih dahulu sambil berkata "Cendong" daripada si penjaga, maka dia tidak akan ikut dalam penentuan siapa yang akan jadi penjaga di ronde berikutnya.
*kira-kira kalian mengerti gak ya dengan penjelasanku diatas? :D

Jadi begitulah kira-kira alur permainan yang akan dituangkan ke dalam game ini nantinya. Untuk kontrol sendiri nantinya , kita bisa berlari, berjalan, mengendap-endap (bahkan bisa seperti stealth mode) agar kita bisa masuk ke dalam tempat lawan kita yang sedang menjaga tanpa ketahuan. Mode permainan juga bisa single player dan multiplayer. Kalau single player, maka lawan kita hanya mengendalikan satu pemain dan yang lainnya dikendalikan AI atau komputer. Tapi kalau dengan mode multiplayer maka kita bisa bermain dengan teman kita, baik via LAN ataupun online. 

Setiap Karakter Punya Nilai Skill dan Ability Berbeda
Ya, namanya juga game ya, pasti agak ada lebay-lebaynya sedikit. Jadi disini nanti, mungkin ada beberapa karakter yang bisa kita pakai. Setiap karakter berbeda-beda kadar kemampuannya. Ada yang cepat larinya, ada yang tajam penglihatannya, ada yang jago sembunyi gak gampang ketahuan dsb. Jadi masing-masing kemampuan ini akan dimiliki semua karakter, tapi akan berbeda nilainya sehingga akhirnya setiap karakter punya keunggulan masing-masing. Jadinya si pemain nantinya harus mengenal karakternya seperti apa, sehingga bisa menyesuaikan bagaimana harus berjaga atau bersembunyi.

Tersedia Map dan Lokasi Sembunyi Yang Beragam
Untuk lokasi bermain memang bisa beragam, asalkan ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi. Kalo kami dulu lokasi yang kami gunakan untuk bermain petak umpet ini adalah di sekitaran rumah, karena memang ada banyak lokasi untuk sembunyi. Oleh karena itu map yang yang disediakan juga beragam, bisa mulai dari sekitar rumah, di sekolah, di dalam kantor, di mall, sampai di gua-gua juga ada(gak apa2 kan, kan boleh lebay).

Setiap  map yang ada,  memiliki kerumitan yang berbeda-beda sehingga dapat berpengaruh pada durasi permainan setiap rondenya. Kerumitan dapat bergantung pada seberapa luas map dan banyaknya tempat bersembunyi. Oleh karena itu pemain boleh milih main di map mana.

Setting Durasi Permainan dan Kesulitan
Pada game ini, pemain dapat menentukan berapa lama durasi bermainnya. Jika durasi permainan telah habis, namun permainan belum usai, maka permainan dihentikan dan akan ditentukan poin-poin untuk masing-masing pemain. Jika pemain bermain dalam mode single player, maka dia juga dapat menentukan tingkat kesulitan AI yang menjadi lawan. Kesulitan AI mungkin disesuaikan dengan strategi-strategi bersembunyi atau menjaga mereka. Makin sulit level AI mungkin makin lihai dia bersembunyi dan berjaga.

----------------------

Jadi itulah kira-kira hal yang terpikirkan olehku, kalau misalnya petak umpet ada gamenya. Memang setiap hal ada positif dan negatifnya. Bisa aja game ini bakal ditolak, karena akhirnya main petak umpet pun sudah bisa di laptop saja, sehingga membuat aktivitas interaksi sosial secara langsung antar anak semakin berkurang. Tapi ada juga positifnya, bisa mempopulerkan kembali game tradisional ini kembali kepada generasi muda yang mungkin sudah jarang memainkannya. Ya itulah letupan imajinasi yang muncul di kepalaku pada saat ini.

Sekian yang dapat aku sampaikan. Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya.
Daaaa :)

sumber gambar : 
http://yogyakarta.panduanwisata.id
http://media.moddb.com

Comments

  1. menarik istilah-istilah yang kamu buat dalam isi blogmu :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Mesin Pangkas Rambut Otomatis

Toko Online (Marketplace) Barang Hasil Daur Ulang