Skip to main content

Media Sosial Khusus Untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)


"... aku kepikiran bagaimana ya kalo tidak hanya sistem informasi atau website yang dimiliki oleh pihak pemerintahan, tapi juga punya media sosial sendiri seperti facebook, instagram atau twitter."


Halo..
Selamat pagi bagi yang membaca post ini pagi.
Selamat siang bagi yang membaca di siang hari.
Dan Selamat malam, kalo yang baca pas malam-malam. :D

Ketemu lagi denganku dan tulisanku di blog ini, Ledakan Imajinasi.
Seperti judul utama blog ini, disini aku banyak berbagi tentang ledakan-ledakan imajinasi yang terjadi di dalam pikiranku. Dan kali ini aku punya imajinasi tentang Pegawai Negeri Sipil.

Jadi begini, aku bekerja di sebuah perusahaan konsultan di kota Medan. Aku bergabung dalam divisi IT, bagian programmer. Proyek-proyek aplikasi sistem informasi dan website yang kami kerjakan banyak yang berkaitan dengan pemerintahan. Oleh karena itu kami banyak terhubung dengan Pegawai Negeri Sipil.

Disaat membahas tentang aplikasi-aplikasi itu, aku kepikiran bagaimana ya kalo tidak hanya sistem informasi atau website yang dimiliki oleh pihak pemerintahan, tapi juga punya media sosial sendiri seperti facebook, instagram atau twitter. Jadi kira-kira bagaimanakah kalo PNS ada media sosialnya? Mari kita lihat ledakan imajinasiku di edisi ini. Cekidot.

Pengguna Ekslusif Hanya PNS Saja
Yang bisa masuk dan mendaftar sebagai pengguna hanya PNS saja + kepala pemerintahan (apakah itu Walikota,Bupati, Gubernur atau Presiden). Oleh karena itu, salah satu persyaratan untuk mendaftar adalah mencantumkan NIP (Nomor Induk Pegawai). Setiap PNS yang telah terdaftar, akan secara otomatis terhubung dengan rekan-rekannya satu SKPD( Dinas) di daerahnya. Jadi tak perlu harus menambah pertemanan kepada rekan satu SKPD, karena melalui data NIP yang terdapat pada basis data media sosial ini dapat menentukan seseorang berada di Dinas apa, daerah apa dsb.

Jadi misalkan, ada seseorang dari Dinas Pendapatan yang mendaftar di media sosial ini, maka setelah berhasil mendaftar dia akan otomatis berteman dengan temannya di Dinas Pendapatan yang sudah mendaftar sebelumnya dan juga dengan Kepala Dinasnya.

Media Sosial Terintegrasi Seluruh Indonesia
Media sosial ini nantinya, tidak hanya menghubungkan antara PNS pada satu Dinas di satu daerah saja, tapi juga dengan seluruh PNS di Indonesia. Dengan NIK yang sudah diolah oleh sistem, media sosial ini dapat membuat PNS di seluruh Indonesia berkomunikasi. Akan ada grup-grup dengan bidang yang tertentu, dan setiap PNS yang telah mendaftar akan secara otomatis masuk ke dalam grup dengan bidang yang sesuai dengan dinasnya.

Misalkan seorang pengguna, PNS dari Dinas Bina Marga akan secara otomatis akan tergabung dalam Grup Bina Marga Se-Indonesia. Di grup ini, PNS dari Dinas Bina Marga di sebuah kota dapat saling berbagi terkait masalah-masalah yang dialami saat melaksanakan tugasnya. Dengan itu, rekan PNS lainnya dari bidang yang sama yang mungkin telah mengalami hal yang sama juga dapat memberikan saran sehingga permasalahan itu dapat segera diselesaikan.

Kalo Ikut Pelatihan/Rapat/Seminar Buat Status Tentang Isi Materinya
Kita udah tahu sama tahulah, bahwa sekuat-kuatnya kita mengikuti Pelatihan/Rapat/Seminar, pasti kadang ada waktu kita sedikit jenuh dan kadang membuka medsos atau membuka portal berita online, untuk melihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Tak sering pula seseorang jika bosan, dia membuat status tentang sesuatu hal atau bahkan tentang kebosanannya itu sendiri.

Tapi bagaimana kalo, dia bukannya bercerita tentang kebosanan atau hal lainnya yang tidak terkaitan dengan kegiatan itu, tapi tentang apa poin-poin penting didapat dari kegiatan itu. Jadi kan statusnya jadi berguna dan bisa dibaca oleh rekan-rekan PNS atau Kepala bagian atau Kepala Dinas yang tidak ikut kegiatan itu. Jadinya semua bisa mendapat manfaat dari kegiatan itu, bukan keluhan.

Digitalisasi Data Pegawai dan Evaluasi Dua Arah
Pada saat ini sudah semakin banyak daerah yang sudah mengelola data pegawai melalui sebuah sistem informasi kepegawaian. Dengan adanya media sosial ini nantinya, pengelolaan data pegawai dapat dilakukan sekaligus dari awal mulai pendaftaran. Khusus data pegawai ini nantinya dapat dikelola oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di setiap daerah.

Tak hanya sistem informasi kepegawaian, beberapa daerah juga sudah punya sistem informasi untuk menilai dan mengevaluasi kinerja  dari PNS. Melalui media sosial ini nantinya, seorang atasan dapat mengevaluasi kinerja dari bawahannya, dengan fitur evaluasi yang sesuai dengan standar pemerintahan. Namun tak perlu khawatir juga, bagi bawahan yang  memiliki saran bagi pimpinannya  dapat memberikan saran kepada atasannya melalui fitur yang disediakan. Jadi ini membuat, setiap PNS yang ada dapat berbenah dan membuat pelayanan publik semakin maksimal.

Itulah hal yang kira-kira terpikirkan olehku kalau misalnya PNS punya media sosial sendiri. Jadinya kita bisa berharap, melalui media sosial kualitas dari pelayan masyarakat kita ini semakin baik ke depannya.  So, bila selama ini penggunaan media sosial seperti facebook dan kawan2 di batasi di kantor-kantor pemerintahan, maka akan berubah menjadi anjuran agar PNS rajin-rajin buka media sosialnya dan selalu mengupdate post di media sosialnya, karena media sosialnya memang dapat meningkatkan kualitas PNS kita.

Demikianlah ledakan imajinasi yang terjadi di otakku saat ini. Selamat menikmati hari bagi kita semua.
Sampai jumpa pada ledakan imajinasi selanjutnya.
DUAAAAAR............


sumber gambar: mediasosialterheboh.com,Kaskus.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…