Skip to main content

Nasi Kotak Instan - Saingan Mie Instan Di Masa Depan




"Bagaimana ya kalo ada nasi kotak yang instan begitu, tinggal pencet gambar jenis makanannya, langsung tersaji makanan di dalamnya."


Halo semua.
Tak terasa ya lebaran akan segera tiba. Bagi teman-teman yang sedang menjalani puasa, ayo yang kuat puasanya, tinggal kira-kira minggu depan kalo gak salah lebaran kan :)

Ngomong-ngomong tentang puasa, dua hari yang lalu kami baru mengadakan acara buka puasa bareng di kantor. Tak hanya dengan teman-teman sekantor saja, turut hadir juga adik-adik dari panti asuhan yang ikut berbuka puasa bersama kami. Jadi setelah acara ibadah singkat yang dibawakan oleh teman-teman selesai dan waktu berbuka puasa sudah tiba, maka kami pun berbuka bersama, menyantap makanan yang telah disediakan.

Diawal kami berbuka dengan yang manis terlebih dahulu, seperti yang dibilang di tipi-tipi itu. Baru setelah itu kami makan makanan utama. Makanan utama yang kami santap semalam dikemas dalam bentuk nasi kotak. Nasi kotak yang diberikan terdiri dari 2 jenis lauk, yaitu rendang sapi dan ayam goreng. Walaupun lauknya ada 2 jenis, tapi tetap saja yang namanya nasib tidak bisa ketebak. Jadi waktu itu ada yang sedang bernasib kurang beruntung, dimana nasi kotaknya tidak ada lauknya. Ternyata lauknya pindah ke nasi kotak tetangga. Tapi fiuh, sukurlah akhirnya lauknya kembali juga ke asalnya. Ada juga yang mengalami insiden "Lauk yang Tertukar" dimana dia mintanya ayam goreng tapi yang di dapat malah rendang sapi. Ya terpaksalah dilakukan barter, agar semua bisa senang dalam bersantap makanan.

Oke jadi begini. Selesai makan, kami pun menutup kembali nasi kotak kami. Di tutup nasi kotak kami ternyata ada banyak gambar makanan yang memang dijual oleh rumah makan penjual nasi kotak yang kami santap.  Lalu tiba-tiba salah satu rekan kerja saya di kantor, bang Surya (salah satu foto model Top Collection), berkata kepada saya. katanya:"Bang Jakop, ini maunya nasi kotak ini, kalo ditekan gambar makanan di tutupnya ini, maunya itu juga yang jadi isi nasi kotaknya ini ya..". Wah ternyata dalam kepala bang surya sedang terjadi ledakan imajinasi. Gak sia-sia dia pangkas model baru, makin ngeri ledakan imajinasinya rupanya. Gak, apa-apalah ya bang sur, kalo ledakan imajinasi abang kita jabarkan disini :D

Jadi aku pikir itu adalah ledakan imajinasi yang cukup dahsyat juga. Bagaimana ya kalo ada nasi kotak yang instan begitu, tinggal pencet gambar jenis makanannya, langsung tersaji makanan di dalamnya. Mau tau lebih lengkap? Yok kita cekidot ledakan imajinasi kali ini.

Nasi Kotak Awal Dalam Bentuk Bahan-Bahan Mentah
Jadi seperti mie instan, awalnya nasi kotak ini tak bisa langsung disantap begitu saja. Isinya masih merupakan bahan-bahan mentah semua, seperti beras, sayur, lauk, bumbu dsb. Jadi belum bisa disantap, karena masih belum diolah. Oleh karena itu, bila ingin dijual, nasi kotak instan ini dapat bertahan sampai beberapa hari, karena bahan di dalamnya masih mentah.

Kotak Nasi Yang Dilengkapi Mesin Pemasak Otomatis
Nah, apabila pembeli sudah berniat memakan nasi kotak, maka terlebih dahulu si pembeli menekan tombol "Masak" pada bagian tutup nasi kotak. Nasi kotak yang telah memiliki mesin pemasak otomatis ini, akan mengolah semua bahan mentah yang ada dalam nasi kotak ini sebelumnya. Cukup menunggu beberapa menit, nasi kotak pun siap untuk disantap.

Satu Kotak Nasi Untuk Satu Jenis Makanan
Walaupun ledakan imajinasi yang ada di kepala bang surya mengatakan bahwa tinggal pilih jenis makanan, maka makanan itu yang akan muncul di dalam nasi kotak, tapi menurutku secara pribadi lebih baik kalau dalam 1 nasi kotak hanya terdapat 1 jenis makanan saja. Karena kalau bisa banyak, maka perlu ada bermacam-macam bahan makanan yang harus dimasukkan dalam 1 nasi kotak, padahal belum tentu akan digunakan untuk menciptakan makanan yang dimau oleh si pembeli.
Ya kalau mau buat pengembangannya sih boleh juga, bisa membuat beberapa makanan tapi yang berbahan baku sama. Misal isinya ayam, tapi bisa saja dipilih ayamnya mau dibakar atau digoreng. Jadi tetap bahan bakunya ayam, tapi cara memasakknya yang agak berbeda.

Selain Tombol Masak, Juga Punya Tombol Bagi Ke Sosial Media
Kan sekarang ini, banyak kali orang-orang yang jadi semacam phlogger (phot blogger) makanan kan. Makan kerupuk harga 500, pun gak boleh gak dishare. Harus difoto dan dibagikan ke teman-teman di sosial media. Nah, dengan adanya tombol berbagi pada nasi kotak ini, maka secara otomatis gambar makanan mulai dari bahan mentah sampai akhirnya makanannya akan dishare ke sosial media. Eh, gimana caranya dia tau apa sosial media kita.
Nah nantinya di nasi kotak ini, akan ada colokan usbnya. Jadi si pembeli dapat mendownload aplikasi nasi kotak terlebih dahulu. Setelah aplikasi berhasil di install, maka si pembeli tinggal mencolokkan usb dari hapenya ke nasi kotak. Maka akan otomatis, aplikasi akan meminta identitas pribadi serta alamat media sosial si pembeli, sehingga akhirnya nasi kotak ini dapat membagikan foto makanan ini ke media sosial milik pembeli. Dan tenang saja, setiap nasi kotak akan diberi serial number, sehingga setiap nasi kotak akan hanya dimiliki oleh 1 pembeli saja, oleh karena itu tidak akan bisa asal-asalan orang-orang mengupload gambar nasi kotak yang bukan miliknya.

Yah, demikianlah ledakan imajinasi yang kulanjutkan dari ledakan bang surya. Memang agak nyeleneh ya ledakannya, tapi keren juga kalo ada. Jadinya kan, terlebih anak kost bisa lebih banyak variasi dalam hal menu makanan instannya. Mungkin selama ini selalu, mie instan. Jadi mungkin saja suatu saat, akan ada juga nasi kotak instan.

Okelah kalau begitu. Hari sudah malam saat ledakan imajinasi ini dibuat. Semoga anda terhibur.
Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya.
Daaaaa :)

sumber gambar: https://aqiqahqurban.files.wordpress.com/

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…