Skip to main content

SIMANTAN (Sistem Informasi Manajemen Kenangan Mantan)




"... bagaimana ya kalo ada aplikasi yang bisa dipakai untuk mengenang memori indah bersama mantan, tanpa ada rasa malu?"


Haloo, semuanya.
Apa kabar kita di hari ini? Apakah sehat-sehat saja semuanya?

Kali ini  aku akan kembali berbagi tentang sebuah letupan dalam imajinasiku. Mau tau apa? Mari kita lihat :)
Kali ini aku berpikir tentang hal yang berkaitan dengan cinta-cintaan. Seperti judul artikel ini, aku berimajinasi, bagaimana kalau ada sebuah aplikasi untuk mengelola kenangan seseorang dengan sang mantan.

Tentu bagi kebanyakan orang move on dari mantan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Memang ada yang bisa cepat move on, baru putus langsung dapat pacar baru (kalo kayak gini ceritanya, kurasa dia pun putus karena ada orang ke-3 nya itu). Tetapi ada juga orang yang lama kali baru bisa move on, bisa sampe berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, atau malah sampe berdekade-dekade (ini lah cikal bakal jomblo forever kayaknya).

Nah, karena move on ternyata memang butuh waktu, maka aku pikir tidak ada salahnya kalau seseorang yang baru putus, mengingat kembali kenangan-kenangan yang pernah dilalui bersama mantannya. Apakah itu kenangan buruk atau kenangan indah, tidak masalah yang pasti kenangan itu adalah hal-hal yang membekas di hati. Nah, kalau kita mau mengenang, pasti kita mengenangnya sendiri. Okelah kalo memang si mantan, belum ada pacarnya lagi, bisalah sesekali mengenang masa lalu bersama. Tapi gimana kalau si mantan ternyata udah duluan move on dan udah punya pacar lagi? Ya malulah kita, kalo cerita-cerita kenangan masa lalu sama dia. Jadi bagaimana ya kalo begini kondisinya?

Oleh karena itulah, terpikir olehku,  bagaimana ya kalo ada aplikasi yang bisa dipakai untuk mengenang memori indah bersama mantan, tanpa ada rasa malu? Kalau ada aplikasinya, maka aku pikir, inilah fitur-fitur yang ada disini nantinya. Yok cekidot..

1. Fitur Testimoni "Dear Mantan"
Biasanya kita pakai kata dear, kalau buat surat ya, terutama kalau suratnya dalam bahasa inggris. Setelah ditulis "dear", maka setelah itu isi dan maksud surat pun mulai dituangkan.  Dear biasa dipakai untuk menyebutkan kepada siapa surat ini ditujukan untuk dibaca. Nah karena itu, fitur "Dear Mantan" ini berfungsi untuk menyampaikan isi hati seseorang, yang ingin diungkapkan kepada sang mantan. Jadi kan, kalau kamu pengen kali mengungkapkan sesuatu sama mantan, tapi gak berani atau malu mengungkapkannya, jadinya boleh dituliskan disini. Ya itung-itung udah walaupun gak bisa diungkapkan ke orangnya langsung, tapi minimal sudah dituangkan dalam kata-kata dan kamu bisa baca juga apa yang sebenarnya ada di hatimu.

Kamu bisa katakan harapan-harapanmu terhadap mantan disini. Mungkin ada pertanyaan-pertanyaan yang kamu masih belum dapat dari jawabannya dari mantan, pun bisa kamu tuliskan dengan fitur dear mantan ini. Pengen minta balikan tapi malu, juga tulis aja dulu disini. Kalau tiba saatnya kamu sudah berani untuk menyatakan isi hatimu kepada mantan, ya sudah, tidak perlu menulis lagi, langsung aja katakan padanya.

2.  Fitur I Feel You
Fitur "Dear Mantan" tadi bentuknya mungkin seperti status pada facebook. Jadi dia akan bisa dilihat orang lain. Akan ada banyak orang yang baru putus akan pakai aplikasi ini. So, mungkin saja tulisan dear mantan dari seseorang, juga mirip dengan yang dirasakan orang lain. Jadi kalau misalnya kamu lihat ada orang lain buat testimoni dengan dear mantan, dan ternyata testimoni itu menyentuh hatimu atau kamu juga merasakan hal yang sama dengan mantanmu, maka kamu dapat menekan tombol "I Feel You" pada testimoni tersebut. Ini tentu akan membantu setiap orang yang baru putus, karena mereka merasa tidak sendiri. Ternyata ada juga teman senasib sepenangggungan dalam cinta yang deritanya tiada akhir ini.

3. Fitur Hall Of Memory
Dengan fitur ini, kamu bisa upload kenangan kamu dengan mantan baik dalam bentuk foto, video ataupun rekaman suara. Kalo ada benda-benda seperti boneka, gantungan kunci, baju atau benda-benda fisik lainnya, kamu bisa poto dan upload disini. Setelah diupload, maka foto tersebut akan ditampilkan pada halaman "Hall Of Memory", bersama kenangan-kenangan milik orang lain. Jadi bentuknya seperti museum mantan gitu, tapi dalam bentuk online. 

4. Fitur Privacy dan Global Username
Nah, jadi kan aplikasi SIMANTAN ini bisa dipakai saja. Bisa aja nanti kalau sebenarnya kamu dan mantan kamu, sama-sama pakai aplikasi ini, kan bisa-bisa jadi bocor yang kamu telah tuliskan pada "Dear Mantan" atau yang kamu upload pada "Hall Of Memory". Oleh karena itu setiap post yang telah kamu buat dapat diset privasinya. Tak hanya itu, jika kamu memang betul-betul tidak ingin dikenal oleh siapa-siapa, maka kamu dapat menggunakan username yang telah disediakan oleh aplikasi ini

Jadi begini, di aplikasi ini nanti kamu harus memasukkan identitas pribadi yang asli. Tapi yang tampil pada menu profil kamu hanyalah username yang kamu buat. Kalau kamu memang siap kalau setiap postmu dibaca oleh orang yang mengenalmu, maka kamu boleh saja memakai username yang sama dengan username akun fb, instagram atau twittermu. Tetapi jika tidak, maka kamu dapat menggunakan global username. Global username ini adalah, username yang disediakan oleh aplikasi dan dapat dipakai oleh lebih dari satu pengguna. Jadinya bisa banyak yang pakai, dan tentunya orang lain tidak tau siapakah di balik username itu. Mungkin contoh global usernamenya ini kali ya: "@aku_yang_tersakiti, @mantan_terindah, @kesayanganmu, dsb.

5. Fitur "Ready For New Adventure"
"Thanks for the adventure - now go have a new one!"
Itu adalah salah satu quote yang terdapat dalam film up. Itu lho film yang rumah bisa terbang pakai balon. Jadi ceritanya Elly, istri Mr. Fredericksen kan sudah meninggal. Rupanya dia nulis sesuatu di album foto punyanya. Nah quote itulah yang ditulis oleh Elly untuk suaminya.

Nah kaitannya dengan mantan apa? Sebenarnya kalo boleh curcol, mantan akuh :D pernah nulis surat yang kayak gitu juga di akhir suratnya. Jadi cara dia buat nyuruh aku move on, ya dia bilang mulailah petualangan baru. Jadi aku pikir, fitur "Ready For New Adventure" ini juga bagus kalau ada di aplikasi SIMANTAN ini. Jadi fitur ini bentuknya kayak aktivator gitu. Aktivator New Adventure ini hanya akan akan aktif kalau kamu sudah siap menjalin hubungan dengan seseorang yang baru. Berarti kamu sudah siap untuk move on. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka semua testimoni "Dear mantan"mu dan juga semua yang kamu upload di "Hall Of Memory", akan diberi label "Telah Berakhir".

Nah itulah yang aku pikirkan kalau ada aplikasi untuk mengelola kenangan mantan. Bagaimana? Kalau ada aplikasi ini, apakah para mantan akan semakin cepat berkurang, atau malah jumlah jomblowan dan jomblowati akan semakin meningkat karena semakin tak bisa move on, karena semua hal yang di posting pada aplikasi ini? Aku pun tidak tahu. :D

Oke demikian dulu dari saya. Saya dan segenap kenangan_tak_terlupakan yang bertugas mohon undur diri.
Sampai jumpa dalam ledakan imajinasi selanjutnya :)

sumber gambar: wikihow.com

Comments

  1. ha, ha, bisa saja, coba bikin deh aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Ditunggu aja ya mbak :D terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…