Skip to main content

Aplikasi Konversi Aksara Daerah-daerah di Indonesia




"Melihat ini, mulailah terjadi ledakan imajinasi di dalam kepalaku. Aku terpikir, bagaimana ya agar aksara-aksara ini akan populer kembali?"



Alohaa.

Apa kabar kita semuanya? Kita jumpa lagi di blog kesayanganku *aku gak tau kalian sayang sama blogku atau tidak :D

Baru-baru ini aku bergabung dalam salah satu grup blogger di whatsapp. Sebenarnya bukan hal yang mudah bagiku untuk langsung membaur, karena mayoritas di dalam grup itu, mereka sudah saling kenal semua. Jadinya terpaksa harus "sok-sok kenal" dan "cari perhatian" begitu. :D Tapi gak apalah, baru kali ini juga masuk ke dalam satu grup untuk interaksi.  Biasanya masuk grup blogger, cuma untuk berbagi post baru saja. Jadi ada waktunya untuk adaptasi.

Oh iya, di salah satu chat tadi malam, kami ada membahas tentang bahasa daerah. Bermula dari aku yang tak paham arti karep, yang teman-teman ucapkan (yang jadinya semalam aku tau itu bahasa sunda artinya terserah),  akhirnya pembicaraan berujung pada aksara jawa. Memang aku sudah tau dulu ada yang namanya aksara jawa karena skripsiku pas kuliah itu tentang aksara karo, jadinya memang skripsi tentang aksara jawa jadi salah satu referensiku.


Berbicara tentang aksara, aku rasa ada banyak lagi sebenarnya aksara di seluruh indonesia ini ya. Kalo batak aja punya beberapa, aksara batak beda, aksara karo beda, aksara batak simalungun beda. Aksara lampung juga ada katanya, serta aksara bali dan sunda. Melihat ini, mulailah terjadi ledakan imajinasi di dalam kepalaku. Aku terpikir, bagaimana ya agar aksara-aksara ini akan populer kembali? Karena memang masih banyak yang belajar aksara ini di sd atau smp, tapi untuk masalah penggunaan sangat jarang dipakai dan cenderung lupa. Padahal ini adalah salah satu kekayaan bangsa kita.

Ledakan imajinasi di kepalaku memunculkan sebuah ide tentang aplikasi yang dapat mengkonversi huruf alphabet ke dalam ke dalam aksara-aksara dari berbagai suku. Lalu kalau aplikasi ini ada, apa kira-kira fitur yang dimilikinya ya? Mau tau apa, yok cekidot :)

1. Fitur Konversi Kalimat Dalam Bentuk Abjad Ke dalam Aksara
Nantinya aplikasi ini akan dapat mengkonversi setiap  kalimat yang diinputkan oleh pengguna. Apakah diketik secara manual, atau dengan menscan melalui foto, aplikasi ini dapat mengkonversi kalimat ke dalam aksara yang kita tentukan. Ini tentunya membantu memudahkan kita untuk belajar lagi bagaimana menuliskan aksara itu, karena semakin sering kita lihat dan kenali terjemahan dalam aksaranya, maka kita akan semakin ingat apa artinya.

Dalam aksara karo sendiri ada hal yang unik. Karena orang karo zaman dahulu, tidak memiliki perbendaharaan huruf yang sama dengan huruf latin, maka ada sebagian huruf latin yang tidak dapat dikonversi kedalam sebuah aksara. Contohnya seperti v dan f. Orang karo tidak mengenal huruf itu. Oleh karena itu kalau kita konversi kata Luffy akan diubah jadi Luppy. Monkey D. Luppy :D

2. Fitur Gamifikasi Aksara
Gamifikasi yang dapat dilakukan disini adalah, dalam bentuk permainan pengenalan huruf aksara. Mungkin saja nanti ada level-levelnya terlebih dahulu. Di level awal, mungkin hanya pengenalan huruf saja. Aplikasi menampilkan sejumlah huruf aksara, dan si pengguna harus menebak apa terjemahan dalam huruf latinnya. Dalam level selanjutnya, mungkin sebuah katalah yang harus di tebak. Dan di level akhir adalah kalimat. Kalimat yang diterjemahkan pun bukan kalimat biasa, tapi bisa berbentuk pantun atau peribahasa dari suku aksara tersebut. Karena saya percaya setiap suku pasti punya pantun dan peribahasa sendiri. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita bisa kembali diingatkan tentang pantun dan peribahasa yang sudah ada sejak dulu oleh nenek moyang di suku kita masing-masing.

3. Fitur Share Aksara
Setiap kalimat yang telah kita konversi, dapat kita bagikan ke pada teman-teman kita melalui sosial media. Ini tentunya akan membuat orang-orang juga semakin mengetahui bahwa kita punya kebudayaan yang kaya. Keren kan, kalau kita share curhatan kita dalam bentuk aksara. Orang yang mau baca pun harus belajar aksara itu dulu jadinya :D Kalau jepang punya huruf katakana, maka indonesia punya Hanacaraka. Siapa yang tau, nanti raw manga gak lagi dalam huruf jepangs aja, tapi juga dalam huruf aksara jawa atau aksara karo :D

4. Fitur Translasi Bahasa Indonesia Ke Bahasa Daerah
Ya mungkin agak berbeda dengan fitur yang nomor 1 ya. Kalo fitur nomor satu kan untuk mentranslasi dari huruf latin ke huruf aksara. Kalau fitur ini untuk mentranslasi dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah dan sebaliknya. Kita pasti sudah tau ya kalau google translate sekarang sudah punya bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan Sunda. Nah, dengan adanya aplikasi ini nantinya, mungkin akan ada riset juga terhadap bahasa-bahasa daerah, agar proses translasi juga melebar ke bahasa daerah lainnya.
Mengapa tidak buat aplikasi khusus sendiri saja untuk ini. Aku pikir sih digabung saja ya, karena kalau mau dibuat aplikasi sendirinya pun, ledakan imajinasi di kepalaku masih tetap gini juga. Jadi kugabung disini ajalah ya. :D

Jadi  demikianlah ledakan imajinasi yang muncul dalam kepalaku tadi. Aplikasi ini kalau memang ada, akan sangat berguna untuk melestarikan budaya kita. Juga memudahkan adik-adik kita yang masih sekolah untuk  belajar aksara itu. Biar gak main pokemon go aja mereka semua, aksara go sekali-kali. :D

Okelah, sekian ledakan imajinasi kali ini. Sampai jumpa pada letupan imajinasi selanjutnya.
Daaaa. :)

sumber gambar: http://arikokena.blogspot.co.id
https://dhenokhastuti.files.wordpress.com

Comments

  1. Aku jg kangen nulis Jawa, dulu terpaksa blajar akhirnya bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.
      kalau mata pelajaran wajib di sekolah, mau gak mau harus belajar ya mbak :D

      Delete
  2. Sedikit-sedikit masih bisa menulis aksara Jawa walaupun tidak selancar dulu. Bagus juga lho, idenya. Karena sekarang yang baru ada kan konversi ke huruf kanji ya. Kalau ada ke aksara khususnya Jawa, aku mau juga. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.
      orang di seluruh dunia pasti kalo nengok huruf kanji jepang, tau dia kalau itu huruf jepang. tapi kalo liat aksara jawa atau karo, di sangka coretan2 aja :D

      Delete
  3. wah bagus tuh kalau ada aplikasinya , apalagi banyak siswa yang susah belajar bahasa daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. bisa membantu siswa belajar juga. bule2 yang mau belajar juga jadi bisa :)

      Delete
  4. Kalo ada yang konfersi aksara jawa pasti mantep dah bisa belajar dengan mudah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mudah2an bisa terlaksana aplikasinya :)

      Delete
  5. Di Indonesia aksara kuno terlalu di sakralkan / eksklusif. Padahal bisa diangkat ke berbagai industri kreatif seperti fashion, film, komik dan lain-lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang emang ya di buat populer.
      kan bisa dibuat filmnya smacam treasure hunter gitu memecahkan misteri pake aksara itu :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Wah, kalau ada aplikasi yang seperti itu bisa buat belajar aksara makin menarik nih, jadi gak cuma sekedar pelajaran SD/SMP saja yang kesannya cuma lewat aja, padahal aksara daerah itu termasuk warisan budaya yang unik. Walaupun saya orang Batak, saya lebih paham aksara Lampung, tapi sekali saya pakai kaos lokal yang bertuliskan aksara lampung, eh malah dikira "ky papan nama jalan saja". Padahal, jika aksara dijadikan model fashion, itu jg bisa jadi cara untuk melestarikan warisan budaya yang semua daerah memilikinya.

    Salam dari orang Lampung berdarah Batak. Tabik.
    Mejuah-juah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, pas itu.
      seringan dibawah nama jalan dibuat aksara-aksara itu kan.
      di kampungku di tanah karo juga begitu.
      salam kenal bang ;)

      Delete
  8. andaikan ada aplikasi menulis aksara pasti gak akan ada kesulitan lagi ya mas dalam menulis aksaranya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.
      bisa lebih populer lagi aksaranya.
      bayangkan aja kita ngechat di whatsapp pake aksara itu :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…