Skip to main content

Aplikasi Pembanding (Benchmark) Ojek Online




"Jadinya aku pun tertantang untuk meledakkan imajinasi Ave. Kalau ada aplikasi untuk membandingkan tak hanya tarif, tapi juga dari segi kualitas pelayanan ojek online apa aja kira-kira fitur yang dimiliki aplikasi tersebut ya? "



Alooha...
Apa kabar kita semua. Aku berharap kita semua dalam keadaan baik-baik saja ya. ;)

Di kesempatan saat ini ada hal yang sedikit berbeda pada postingan blogku. Apakah yang berbeda itu? Yak, di post kali ini ledakan imajinasi yang tertulis, bukan terjadi dalam pikiranku. Berbeda dengan sebelumnya, saat orang mengatakan sesuatu, tiba-tiba terjadi ledakan imajinasi di kepalaku. Kali ini tidak, ledakan tak terjadi  saat seseorang memberikan ide. Tapi eits, jangan sedih dulu. Karena tidak ada ledakan imajinasi dalam pikiranku yang terjadi secara natural, maka aku sendiri yang akan mencoba meledakkan imajinasi tersebut. Jadi intinya, aku mau coba ledakkan imajinasi yang orang berikan kepadaku ;). Aku beri nama ini Artificial Explosion atau Ledakan Buatan.

Oke, jadi imajinasi yang aku mau ledakkan di post kali ini adalah milik seorang temanku di masa SMA. Namanya Ave Adriana Pinem. Dia sekarang bekerja jadi dosen, di UI. Keren kan bisa ngajar anak UI :D Jadi kemarin itu, aku berbagi postingan ledakan imajinasiku sebelumnya yang tentang Aplikasi Konversi Aksara Daerah di grup kelas kami, Choeys Family. Jadi setelah baca itu, mungkin terjadi ledakan imajinasi di kepala Ave. Akhirnya dia bilang samaku, gimana ya kalau ada aplikasi untuk membandingkan tarif-tarif ojek online sekarang ini. Wah, memang iya ya, sekarang ini kan lagi menjamur ojek online. Pertama Gojek yang terkenal, baru diikuti oleh GrabBike, lalu sekarang ada Ladyjek, Bluejek, Yellowjek dsb. Di Medan juga 2 hari yang lalu aku lihat ada iklan aplikasi ojek online buatan orang Medan (kalau tidak salah), tapi lupa aku apa namanya. *yang jelas bukan Okejek :D

Jadinya aku pun tertantang untuk meledakkan imajinasi Ave. Kalau ada aplikasi untuk membandingkan tak hanya tarif, tapi juga dari segi kualitas pelayanan ojek online apa aja kira-kira fitur yang dimiliki aplikasi tersebut ya? Mau tau bagaimana? Yok kita cekidot ledakan imajinasi berikut ini.

1. Fitur pembanding tarif macam-macam ojek online
Kalau masalah banding-membanding tarif, aku rasa kita akan teringat dengan aplikasi Traveloka. Aplikasi Traveloka yang punya iklan di tv, adalah aplikasi yang dapat membandingkan harga tiket pesawat dan hotel oleh penyedia jasa yang berbeda-beda, yang kemudian dapat dilakukan proses pemesannan dari situ. Jadi fitur pembanding tarif pada aplikasi benchmark ojek online ini, juga mirip seperti yang dimiliki oleh Traveloka. Pengguna dapat melihat perbandingan tarif dari seluruh penyedia jasa ojek online yang ada sekarang. Jadinya pengguna kan gampang tinggal pilih mana ojek yang mau dia gunakan jasanya.
Dengan adanya sistem perbandingan tarif ini nantinya, maka ojek online akan semakin sengit persaingannya dalam menentukan tarif penggunaan ojeknya. Di aplikasi ini nantinya, pengguna juga dapat melihat promo-promo atau diskon yang diberikan oleh penyedia jasa ojek-ojek online. Jadinya ojek yang murah, belum tentu akan menjadi paling laris, karena bisa saja ojek yang lainnya memberikan promo yang lebih menarik dan pas di hati. Misalnya 3 kali naik Ojek X, dapat tikar cantik.

2. Fitur pemesanan berbagai ojek online melalui satu aplikasi
Setelah pengguna melihat-lihat tarif tiap ojek online, maka tibalah saatnya dia memutuskan mau pakai jasa yang mana. Jika keputusan telah diambil, maka pengguna dapat melakukan pemesanan ojek tersebut langsung melalui aplikasi ini. Dengan tata cara pemesanan yang telah disesuaikan dengan tiap ojek online, maka si pemilik ojek online pun tak perlu mengubah tata cara yang sudah ada sebelumnya. Untuk masalah pembayaran pun, akan tersedia metode pembayaran yang telah disesuaikan dengan aplikasi yang dimiliki ojek online tersebut. Jadi aplikasi ini kalo kita pinjam istilah pemerintahan, disebut pelayanan satu pintu. Setelah memesan, permintaan pengguna akan masuk ke dalam server masing-masing ojek online yang kemudian akan memberikan informasi kepada supir ojek untuk menjemput si pengguna.

3. Fitur penghimpun feedback pengguna
Tak hanya tarif yang akan dibandingkan. Kepuasan pelanggan juga akan turut dibandingkan pada aplikasi ini. Jadi aplikasi ini akan menghimpun berbagai macam feedback oleh pengguna yang telah menggunakan jasa ojek online. Feedback dapat diperoleh dari komentar-komentar pengguna pada bagian review google play. Selain itu, tak menutup kemungkinan review juga diambil dari situs-situs yang terpercaya. Ini akan membuat si penyedia jasa ojek online, tak hanya harus bersaing dalam tarif tapi juga dari segi kualitas pelayanan. Semakin baik pelayanan ojek online, maka akan membuat dia semakin menjadi pilihan banyak pengguna. Kalau lebih banyak review buruk, maka si penyedia jasa ojek online harus segera berbenah kalau tidak mau ditinggalkan oleh langganan mereka.

4. Fitur map tempat nongkrong seluruh supir ojek online
Dari yang aku lihat di Medan, supir Gojek itu ada tempat nongkrong khususnya. Jadi disitu mereka nunggu pesanan ojek dari pengguna. Nah, kan di PokemonGo ada itu yang namanya Poke Stop, tempat dimana pokemon trainer dapat rehat untuk memberi keperluan dalam bermain game itu. Maka bisa saja, ojek-ojek online ini juga membuat lokasi semacam Poke Stop itu. Kita bilanglah namanya Ojek Stop. Jadi aplikasi ini akan punya fitur map yang akan menunjukkan lokasi Ojek Stop dari berbagai ojek online yang ada di kota pengguna. Dengan mengetahui ini, pengguna jadi bisa tahu, ojek online mana yang tempat nongkrongnya dekat dengan lokasi dia, sehingga dia bisa lakukan pemesanan. Kalau harga agak lebih tinggi daripada ojek lain, tapi bisa datang lebih cepat, aku rasa penumpang juga bersedia membayar lebih.

Itulah imajinasi yang bisa aku ledakkan saat ini. Aku tidak tahu apakah ojek-ojek online di indonesia ini bersedia dibuatkan semacam marketplace ojek begini, karena memang persaingan akan menjadi sangat-sangat ketat. Tapi kalau ojek-ojek online mau buat asosiasi ojek online dan buat standar-standar tarif dsb, mungkin bisa dibuat. Jadinya harga tidak ada yang terlalu murah atau mahal, intinya tetap sama-sama bisa cari makan.

Demikianlah ledakan imajinasi kali ini. Bagaimana ve? Cocok kam rasa? :D
Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya ;)

sumber gambar: id.techinasia.com

(bagi anda yang punya imajinasi yang mau diledakkan atau inspirasi yang mau dkembangkan, mungkin aku bisa bantu. Silahkan email ke alamat berikut ini: ledakan.imajinasi@gmail.com)

Comments

  1. Ada yang luput, Mas. Jika pemodal ventura sebuah perusahaan berbasis IT memiliki resource yang cukup baik, ia akan lebih mudah 'memangsa' kompetitor. Bahkan kejamnya, membuat lawan mati secara perlahan.

    Termasuk adanya layanan on demand sektor transportasi seperti ini. Mungkin perlu dicoba, research sederhana mengenai 'layanan pembanding'. Namun, jika didominasi oleh service company yang bisa dihitung jari, jadinya ya itu-itu saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, terimakasih feedbacknya mas.
      maksudnya bisa memonopoli harga begitu?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…