Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo



"Maka mulailah terjadi ledakan-ledakan yang luar biasa dalam pikiranku. Kalau ada aplikasi jodoh khusus orang Karo, apa kira-kira fiturnya ya?"



Haloo.
Apa kabar kita semua? Kabar baik kah?
Aku sendiri agak sedikit sedih sih saat ini, karena ada harapan di keluarga kami yang tak terwujud. Memang banyak hal yang terjadi tak seperti yang kita inginkan. Tapi mungkin ini satu bagian pelajaran dalam hidup yang harus dijalani. :)

Jadi kan, aku buat post ini malam-malam. Mamak dan kakakku lagi di medan bersamaku. Jadi tadi pun kami bercerita-cerita tentang apa yang kami alami hari ini. Ya namanya cerita-cerita kan pastinya mengalir kemana-mana kan. Nah sampailah topiknya kepada pacar. Ya dinasehati lagilah aku masalah pacar-pacaran ini. Apalagi memang aku belum ada pasangan, jadinya cuma manggut-manggut aja. Mau buat serangan balik juga bingung mau jawab apa. Pas aku manggut-manggut itulah, aku teringat bahwa pernah terjadi ledakan imajinasi di kepalaku. Ledakan imajinasinya berada di seputaran pacar dan jodoh. Pas di kantor juga ada yang kemarin bahas-bahas masalah jodoh, namanya Kak Pili. *eits dia udah menikah ya ;D.  Oleh karena itulah, akhirnya aku berniat menuangkan ledakan imajinasi ini.

Sekarang ini kan emang udah banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mencari jodoh. Kalau di luar negeri terkenal tinder dan dalam negeri ada yang namanya setipe. Nah, kalau aplikasi-aplikasi cari jodoh ini kan dibuat memang untuk khalayak umum (tidak berdasarkan suku atau golongan tertentu). Orangtuaku memang selalu bilang, kalau pasangan hidupku dari suku apa pun bisa, tapi kalau bisa suku Karo, katanya. *itu kalau bisa lho, yang bukan suku Karo jangan patah semangat ya, masih aku buka pintu kok di hatiku ;* :D.
Nah timbullah letupan imajinasi dalam kepalaku, bagaimana ya kalau memang ada aplikasi pencari jodoh khusus untuk suku Karo, suku ku? Soalnya memang, di suku kami, ada aturan-aturan yang harus dituruti berkaitan dengan pacaran, seperti tidak boleh semarga atau juga bukan saudara yang dipantangkan untuk dinikahi. Maka mulailah terjadi ledakan-ledakan yang luar biasa dalam pikiranku. Kalau ada aplikasi jodoh khusus orang Karo, apa kira-kira fiturnya ya? Otah sioge.

1. Fitur pendeteksi identitas pribadi orang Karo
Apakah selama ini kita, baik yang bukan suku Karo atau bahkan yang asli suku Karo, menganggap identitas pribadi kita hanya merga dan bere-bere? Tidak. Ada enam identitas pribadi dari seorang Karo. Identitas itu adalah:
1. Merga/Beru : diperoleh dari marga ayah (merga untuk lelaki dan beru untuk perempuan)
2. Bere-bere : diperoleh dari marga ibu saya
3. Kempu : diperoleh dari marga nenek (dari ibu)
4. Soler : diperoleh dari marga ibu nenek (dari ibu)
5. Binuang : diperoleh dari marga nenek (dari ayah)
6. Kampah : diperoleh dari marga ibu nenek (dari ayah)

Jadi kalau aku mau memperkenalkan diriku kepada seorang dari suku Karo, maka aku akan berkata seperti ini (dalam bahasa Indonesia):

"Perkenalkan nama saya Jakup, merga ginting sinusinga, bebere tarigan sibero, kempu sembiring pelawi, soler Karo-Karo purba, binuang perangin-angin bangun, kampah Karo-Karo sinulingga"

Berdasarkan penjelasan tentang identitas diatas, maka itulah identitas diriku. Panjang kan? :D.
Selama ini, seorang pemuda Karo dan pemudi Karo, hanya akan berkenalan sebatas merga dan beru saja. Kalau sudah berbeda, maka dapat berpacaran dan akan menikah ke depannya. Padahal sebenarnya, aturannya lebih rumit dari itu. Ke-6 identitas diatas sebenarnya berpengaruh pada kekerabatan seorang laki-laki dan perempuan. Jikalau setelah dicocokkan, ternyata dari ke-6 identitas tersebut didapat kesimpulan bahwa laki-laki dan perempuan ini tidak dapat menikah, karena punya hubungan kekerabatan yang memang tidak boleh menikah dalam suku Karo, maka mereka tidak boleh berpacaran. Rumit kan? Alasannya apa? Wah, saya juga tidak bisa jelaskan dengan cukup baik, mungkin saya akan pelajari lagi dulu. ;)

Oleh karena itu, sekarang ini identitas diri ini sudah banyak dilupakan oleh orang Karo sendiri. Selain karena rumit, banyak pula yang sudah tidak mengerti bagaimana keterkaitan antara satu identitas dengan yang lainnya. Banyak juga yang memang acuh tidak acuh juga dengan sistem ini, karena dianggap tidak perlu. Nah karena itulah, mungkin bila ada aplikasi jodoh khusus suku Karo, mungkin fitur ini yang dibuat. Jadi secara otomatis, aplikasi akan meminta informasi identitas pribadi sesuai dengan 6 identitas diatas. Inilah yang akan menjadi dasar, rekomendasi siapa orang yang cocok menjadi pasangan kita (berdasarkan identitas ini).

2. Pengguna yang dapat mendaftar hanya dari suku Karo
Yah, kalo memang aplikasinya memang aplikasi jodoh suku Karo, maka yang pake juga orang Karo kan. Tapi gak menutup kemungkinan juga sih, kalo ada yang dari suku lain, mau cari jodoh suku Karo. Tapi dia haruslah menyesuaikan dengan 6 identitas tadi. Kalau seseorang itu berasal dari suku jawa, maka kemungkinan besar merga, bebere sampe kampahnya marga "jawa" semua. Eh, tapi jadi malah gak berfungsi jadinya 6 identitas itu ya, karena memang jadinya pasti tidak ada hubungan kekerabatan. Ya, kalau orang batak, sih sepertinya bisa, karena kadang banyak yang mengkonversi marga dari suku Batak ke Karo. Tapi kalo diluar itu, mungkin agak kurang efektif jadinya. Kalo Emma Watson mau pake aplikasi ini, aku sarankan tidak usah. Karena kita bisa kok menjalin hubungan, kamu kan beru England :D

3.Fitur chat dan sticker corak dan bahasa Karo
Setelah pengguna mendapatkan rekomendasi pasangan yang cocok, maka selanjutnya pengguna dapat berkomunikasi dengan orang itu melalui fitur chat. Selain dapat berkenalan, pengguna juga dapat saling bertukar sticker yang bentuknya berdasarkan ciri khas atau corak Karo. Bahasa yang digunakan juga adalah bahasa Karo. Ini akan dapat melestarikan bahasa Karo juga lho. Karena memang sekarang ini banyak yang sudah tidak tahu bahasa Karo. Oh, iya sebelumnya saya juga pernah membuat sebuah akun pada facebook dan instagram untuk belajar bahasa Karo. Yang ingin belajar dapat berkunjung langsung ke halaman fanspage facebook cakap Karo dan follow instagram @cakapKaro.

4. Fitur pantun dan istilah Karo untuk "menggombal"
Suku Karo juga punya karya sastra dalam bentuk pantun. Pantunnya ada yang memang pantun jenaka, pantun didikan juga pantun rayuan. Memang dulu katanya, pemuda Karo kalo merayu seorang gadis itu ya kadang pakai pantun. Bila si pemuda sudah memberikan pantun, maka giliran si gadis yang akan membalas. Balasan si gadis harus berbentuk pantun juga. Jadinya akan seperti "permainan" ya, siapa yang akan duluan kehabisan pantun. Jadi dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memilih pantun yang dia mau sampaikan ke seorang gadis, yang menurut aplikasi cocok untuknya. Dengan adanya pantun ini, juga akan mengingatkan kembali pantun-pantun yang pernah ada di suku Karo. Tak menutup kemungkinan dibuat pula pantun-pantun baru, sehingga perbendaharaannya lebih banyak. Hal ini juga berlaku untuk istilah-istilah pada suku Karo.

Ya itulah ledakan imajinasi yang terpikirkan olehku saat ini. Memang mungkin aplikasi ini akan dibuat nantinya. Terkhusus untuk fitur no 1, aku gak tau apakah orang-orang mau betul-betul menaatinya. Tapi siapa yang tau ya. Manatau makin lestari kembali kebudayaan suku Karo? Kalau ada yang punya ide fitur tambahan, dapat menuliskan pada kolom komentar ya.

Okelah, sampai jumpa di ledakan imajinasi selanjutnya :)
Mejuah-juah man banta kerina.

Comments

  1. Boleh nih dikembangkan tur, bikin tur..haha

    ReplyDelete
  2. wahahahaha aku baru tahu. keren sekali pasti kalau bisa diaplikasikan. ternyata sangat detil dan mendalam sekali untuk mencari identitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas eko.
      setiap suku memang punya keunikan masing2 ;)

      Delete
  3. Contoh pantun gombalnya gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah tomat i berastagi,,,
      Tuhu terberita sebelang doni.
      Mama karo ateku jadi...
      Jelmana mehuli tp la metami.

      (Buah tomat di berastagi..
      sudah terkenal di seluruh dunia..
      Mama karo (sebutan untuk lelaki karo bermarga karo-karo) yang aku suka.
      orangnya baik tapi gak suka membujuk.)

      begitu kira2 terjemahannya, gombal gak itu mbak jiah? :D

      Delete
  4. wah cocok ni jadiin strart-up :)

    ReplyDelete
  5. ha, ha, ha kau selalu berimajinasi kapan direalisasikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.
      ada 2 imajinasi yang saya mau coba realisasikan mbak.
      saya akan posting kalau berhasil ;D

      Delete
  6. Fitur pendidikan dan alamat serta asal kuta i masukken uga kapndu senina? Bujur.

    ReplyDelete
  7. Fitur pendidikan dan alamat serta asal kuta i masukken uga kapndu senina? Bujur.

    ReplyDelete
  8. Mbera metir ndarat aplikasina e turang... Kisat ka mon arah setipe nda..lalit jumpa kalak karo.. Uuppsss

    ReplyDelete
  9. Mbera metir ndarat aplikasina e turang... Kisat ka mon arah setipe nda..lalit jumpa kalak karo.. Uuppsss

    ReplyDelete

Post a Comment