Skip to main content

Mesin Pendeteksi Sirup Asli atau Palsu

"Sirup ini memang sering menjadi misteri karena wujudnya sangat mirip dengan benda lainnya. Misal ada sirup melon yang berwarna hijau dalam sebuah botol."



Halo..
Apa kabar di malam minggu ini?
Lagi ngapain semua?
Apakah ada yang lagi ketemuan sama pacar?
Atau ada yang lagi buat nastar?
Kan mau lebaran ini kan :D
Bagi2 kue kalian ya...

Okeh.
Kali ini aku akan berbagi atas imajinasi yang meledak di dalam kepalaku. Sebenarnya imajinasi ini tidak meledak di kepalaku saja, tapi biarlah aku yang mewakilkan untuk menyampaikannya.
Di masa-masa menjelang lebaran ini, hal-hal yang yang sering kita lihat adalah pernak-pernik berwarna hijau, kue-kue dan juga sirup. Kalau pernak-pernik dan juga kue, kita pasti mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu. Namun berbeda ceritanya dengan sirup. Apa lagi kalo sirupnya dalam tas.

Sirup ini memang sering menjadi Misteri karena wujudnya sangat mirip dengan benda lainnya. Misal ada sirup melon yang berwarna hijau dalam sebuah botol. Dan kemudian kita letakkan juga sunlight dalam botol berbentuk sama disampingnya. Aku rasa orang bisa-bisa salah menuangkan niatnya minum sirup, malah jadinya minum sunlight. Ya belum diminum pun udah berbuih duluan.
Misalnya lagi, bila kita meletakkan spiritus di dekat limun. Warnanya sama-sama bening. Niat minum limun, malah keminum spiritus. Emang kita mau debus? Lantas bagaimana kita membedakannya?
Sebelum saya lebih lanjut, mari kita lihat contoh limun yang mirip spiritus berikut ini..

Nah, jadi muncullah letupan imajinasi dalam kepalaku, bagaimana ya kalau ada alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi yang sirup sebenarnya. Kalau ada alatnya, bagaimana bentuknya kira2 ya? Yok xekisot.

Bentuknya seperti lemari kecil
Jadi bentuk alatnya itu nanti seperti lemari kecil, ada pintunya. Jadi kalau mau dideteksi , tinggal masukkan sebotol sirup ke dalamnya, kemudian tutup pintunya, lalu mulai tekan rombol scan.

Terdapat monitor dibagian atasnya
Setelah tombol scan ditekan, maka mesin ini akan mulai bekerja. Setelah selesai, mesin ini akan memunculkan keterangan tentang apa saja material yang dikandung oleh sirup tersebut. Jika betul2 sirup, maka akan muncul bahan2 pembuat sirup serta kadarnya. Bila memang itu bukan sirup, maka akan ditunjukkan pula apa kandungannya sebenarnya.


Menggunakan metode pemeriksaan yang aman dan tidak ribet
Sebenarnya aku juga bingung bagaimana pemeriksaan yang betul2 aman. Karena kan biasanya untuk mengetahui kandungan sesuatu, harus dengan uji lab dan melibatkan zat kimia. Tapi bila dengan mesin ini, mungkin tidak akan menggunakan bahan kimia, tapi mungkin saja berbentuk sinar laser atau yang lainnya. Jadi saat akan menggunakan alat ini, tidak perlu dipersiapkan lagi bahan kimianya. 

Itulah beberapa imajinasi yang meletup dalam pikiranku saat ini.
Ya memang cara cepatnya ada sih. Tinggal cium aja aromanya. Kalo harum sirup, ya siruplah itu. Tapi berhubung ada isu kalo sekarang ada banyak sirup oplosan, maka mungkin alat ini dapat membantu kita mengetahui sirup yang benar.

Demikian ledakan imajinasi edisi kali ini. Kalo agak nyeleneh imajinasinya, harap dimaklumi. Soalnya ledakan imajinasi kali ini dalam edisi spesial.
:D
Sampai jumpa di ledakan imajinasi selanjutnya.

Sumber gambar: tas hitam

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…