Skip to main content

Aplikasi Pengecekan Tugas Luar Karyawan




"Oleh karena itu, terjadilah ledakan imajinasi dalam pikiranku. Bagaimana ya kalau dibuat saja aplikasi untuk mengecek aktivitas tugas luar yang dilakukan oleh karyawan"


Aloha, apa kabar.


Udah lama juga gak buat postingan aku. Padahal kemaren udah komit, mau seminggu sekali ngepost artikel tentang ledakan imajinasi. Memang gak gampang untuk konsisten ya. Seringkali imajinasi sudah meledak di kepala, tapi karena ada kesibukan suka menunda-nunda, akhirnya menyesal kemudian :D Oke, kali ini aku mau berjuang lagi untuk konsisten. :)

Kali ini aku mau bahas tentang hal yang berkaitan dengan kantor dan karyawan. Di kantor-kantor seperti kantor konsultan tempat aku bekerja, seringkali pegawai-pegawai pergi ke luar di jam kerja. Pegawai pergi bukan untuk main-main lho, tapi bisa karena mengerjakan pekerjaan, seperti menjumpai klien untuk diskusi, mengecek dan memperbaiki perangkat fisik serta melakukan instalasi aplikasi. Biasanya seorang pemimpin, akan selalu mengecek kemana karyawannya pergi dan apa pekerjaan yang akan dilakukannya. Proses pengecekan ini seringkali dilakukan secara manual, dengan cara bertanya kepada karyawan langsung atau kepala/manajer divisinya.

Melihat ini aku berpikir, kan agak repot juga kalo mengecek begini caranya, karena belum tentu yang mau ditanya bisa dijumpai. Dan terkadang saat membuat laporan, si karyawan juga lupa kapan pernah pergi ke luar. Oleh karena itu, terjadilah ledakan imajinasi dalam pikiranku. Bagaimana ya kalau dibuat saja aplikasi untuk mengecek aktivitas tugas luar yang dilakukan oleh karyawan. Mau tau fiturnya seperti apa? Mari kita cekibro.

1. Fitur Going
Sebelumnya setiap karyawan telah terdaftar di aplikasi ini. Jadi masing-masing sudah memiliki akun sendiri. Setiap karyawan yang akan pergi ke luar, harus login kedalam aplikasi kemudian memasukkan lokasi tujuan dia akan pergi. Setelah lokasi ditentukan, karyawan kemudian mengisi kepada siapa dia akan  bertemu dan apa yang akan dilakukan disana. Setelah berhasil dimasukkan, maka aplikasi akan mencetak sebuah form yang berisi keterangan yang telah dimasukkan oleh karyawan. Form ini nantinya akan menjadi bukti bahwa si karyawan melakukan pekerjaan di luar kantor. Pada form terdapat bagian yang harus ditandatangani oleh orang yang ditemui, sehingga kegiatan ini menjadi valid dan dapat dipertanggung jawabkan.
Khusus untuk karyawan yang akan pergi ke luar kota, harus mencantumkan tanggal kepulangan ke kantor sehingga memudahkan aplikasi melakukan perhitungan insentif, fitur yang juga dimiliki aplikasi ini.

2. Fitur Coming
Setelah selesai mengerjakan pekerjaan di luar, maka karyawan akan kembali ke kantor. Sesampainya di kantor, si karyawan harus kembali login ke aplikasi dan memasukkan apa hasil yang diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan di luar. Jika terdapat kendala-kendala ataupun gagal berjumpa, tetap keterangan  dimasukkan disini. Jika terdapat lampiran, maka karyawan harus mencantumkan berkas-berkas apa saja yang terlampir sebagai hasil pekerjaan. Form yang telah ditandatangani oleh klien yang dijumpai di scan melalui aplikasi sehingga buktinya tersimpan pada basis data aplikasi.

3. Fitur Kontrol
Fitur kontrol ini dapat diakses oleh seorang pemimpin perusahaan. Dalam tampilan kontrol ini, si pemimpin dapat melihat kemana saja perginya karyawannya, apa yang dia kerjakan dan apa hasilnya. Ini tentu memudahkan kerja pemimpin, karena tidak perlu repot harus selalu bertanya kepada tiap orang dan mengingat-ingat apa hasil yang dikerjakan karyawannya di luar. Setiap hasil yang telah dilaporkan karyawan ke dalam aplikasi, akan membantu si pemimpin dalam menentukan keputusan-keputusan yang diambil terkait kegiatan yang sedang ditangani.

4. Fitur Insentif Counting
Beberapa perusahaan memberikan insentif bila karyawannya melakukan perjalanan ke luar kota. Oleh karena itu, aplikasi ini juga akan menghitung berapa insentif yang akan didapatkan si karyawan bila dia melakukan perjalanan ke luar kota. Perhitungan akan dilakukan dengan menghitung tanggal berangkat dan tanggal kepulangan yang telah dimasukkan melalui fitur Going sebelum berangkat. Jika ternyata waktu realisasi pengerjaan tugas luar melebihi tanggal yang telah dimasukkan, maka sistem akan membuat perhitungan tambahan, yang turut ditentukan oleh pertimbangan si pemimpin. Karena kejadian di lapangan bisa bermacam-macam, oleh karena itu campur tangan manusia perlu ada disini.

5. Fitur Rekapitulasi
Dengan tersimpannya informasi dalam basis data aplikasi, karyawan akan lebih mudah dalam membuat laporan akhir tahun, berapa kali kunjungan yang dilaksanakan serta berapa kunjungan yang berhasil atau gagal. Ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan  pekerjaan ke depannya. 

-----------

Nah, itulah ledakan yang terjadi di kepalaku saat ini. Bagaimana, apakah ada yang tertarik dengan aplikasi ini. Aku rasa aplikasi ini dapat direalisasikan dan sangat membantu terutama pihak eksekutif dalam memimpin perusahaan/instansinya. Kamu punya saran atas ledakan imajinasi ini? Yok tuliskan di komentar tanggapanmu.

Okelah ya kalau begitu, sampai disini dulu ledakannya.
Kita jumpa lagi di ledakan imajinasi berikutnya :)
Ciao..

sumber gambar : expertbeacon.com

Comments

  1. Jadi di buat aplikasinya ya mas. Kalo perlu diwajibkan menghidupkan GPS. Jadi ketahuan karyawannya lagi kemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas.
      jadinya gak bisa bohong.
      nanti malahan bukannya kerja dia malah nyari pokemon go, hahaha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Mesin Pangkas Rambut Otomatis

Toko Online (Marketplace) Barang Hasil Daur Ulang