Aplikasi Pojok WB (Warung Blogger)





"Oh iya, bagaimana ya kalau misalnya nanti, grup Pojok WB ini tidak lagi dalam aplikasi whatsapp, tapi bakal punya aplikasi sendiri?"



Halo, apa kabar semua.
Kembali lagi di blogku Ledakan Imajinasi :)
Apakah kalian sedang merasakan ledakan imajinasi di dalam kepala kalian pada saat ini? Sini bagi samaku, biar sama-sama kita ledakkan, biar ledakannya semakin asoy. *asoy, emang dangdut

Oke, kali ini aku akan berbagi ledakan imajinasi yang terjadi di kepalaku. Seperti yang sudah aku ceritakan di postinganku sebelumnya, bahwa aku bergabung di sebuah grup blogger di whatsapp. Grup ini dinamakan Pojok WB. Pojok WB itu sendiri kepanjangannya adalah Pojok Wanda-Bena Warung Blogger. Nah di grup ini sendiri ada rule-rule yang harus dipatuhi oleh setiap anggota. Setiap hari memiliki tema yang berbeda.  Adapun tema setiap harinya adalah berikut:

Senin : Hari berbahasa Indonesia yang baik dan benar
Di hari ini, setiap anggota harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap kata yang digunakan pun haruslah kata yang sudah berada dalam standar EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Jadi siapa yang ngechat pake bahasa gaul/slank bakal dikasi peringatan. Kalo sampe 3 kali, maka akan diberikan hukuman. Hukuman yang berlaku disini, wajib membuat sebuah post blog sesuai dengan tema yang akan ditentukan oleh admin.

Selasa dan Jumat : Hari berbagi postingan blog dan wajib komentar
Sebelum sampai pada hari wajib komentar, admin akan mendaftarkan anggota yang mau dimasukkan pada list wajib komentar. Kemudian admin akan menentukan tanggal dimana anggota wajib memberikan 1 post blog yang berumur paling lama satu bulan, yang wajib dikomentari oleh setiap anggota yang namanya berada dalam list. Bagi yang tidak berada dalam list, tidak diwajibkan mengisi. Bagi anggota yang tidak melakukan kewajiban komentar, maka akan mendapat hukuman dari admin berupa dikeluarkan dari list ini. Event ini dilaksanakan setiap hari selasa dan jumat setiap minggunya.

Rabu : Hari membahas buku, film, musik dsb.
Biasanya di hari rabu, para anggota akan berbagi ulasan tentang buku, film atau musik. Jika ada anggota yang berkenan menjadi narasumber, maka dia dapat memaparkan ulasan tentang sebuah  buku, film atau musik, kemudian anggota yang lain dapat bertanya.

Kamis : English Day
Konon kabarnya, ini adalah salah satu hari yang kurang ramai di kalangan anggota Pojok WB. Mungkin karena kebiasaan anggota yang cepat-cepat kalo ngetik chat, makanya jadi malas buat ngetik kalo pake bahasa Inggris. Soalnya lama ngetiknya mungkin ya, harus cari bahasa inggris dari kata dulu, mikir-mikir grammar yang benar, dsb.

Sabtu: Hari Diskusi Blog, Tips dan Trik
Ini adalah hari menuntut ilmu. Harap dicatat, bahwa Pojok WB bukanlah grup yang khusus membahas tentang tips dan trik dalam memaksimalkan potensi blogging. Ini adalah grup santai blogger. Jadi, hari yang khusus membahas tentang segala yang berkaitan dengan blogging (baik dari segi penulisan, meningkatkan traffic, dsb) adalah hari sabtu. Sama dengan hari rabu, disini biasanya ada narasumber yang akan memaparkan tips dan triknya, kemudian anggota yang lain dapat melakukan tanya jawab.

Minggu: Hari Curhat
Bebas mau curhat apa saja di hari ini. Setiap anggota menyampaikan keluh-kesah yang dialami dan anggota yang lain siap membaca dan memberikan support.

Nah, itulah tema yang wajib diikuti oleh setiap anggota dalam grup ini. Jika anggota membahas yang jauh melenceng dari tema harian, maka admin akan mengingatkan. Kembali ke ledakan imajinasiku. Jadi sebenar hari ini adalah giliranku untuk berbagi postingan di hari wajib komentar. Aku berpikir, mau buat postingan tentang apa ya? Lalu kemudian, terjadilah letupan-letupan imajinasi dalam kepalaku. Oh iya, bagaimana ya kalau misalnya nanti, grup Pojok WB ini tidak lagi dalam aplikasi whatsapp, tapi bakal punya aplikasi sendiri? Kalau ada, apa aja fiturnya? Mau tau bagaiamana? yok kita cekidrot ledakan imajinasiku berikut ini:

1. Fitur Tematik Harian
Nah, kalau di grup whatsapp kan tema harian ditentukan oleh admin dan akan diawasi oleh admin itu sendiri. Tapi seringkali karena banyak sekali yang sudah chat, maka tak bisa semua dikontrol oleh admin. Dengan adanya fitur tematik ini nantinya, setiap tema akan dikontrol oleh aplikasi. Jadi aplikasi juga yang akan mengawasi dan melihat, bila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh anggota. Kontrol yang dapat dilakukan oleh aplikasi setiap harinya, adalah sebagai berikut:

Senin : Hari berbahasa Indonesia yang baik benar
Setiap kata dan kalimat yang telah dikirim oleh anggota, akan dicek secara otomatis oleh aplikasi dengan standar kaidah dan tata bahasa, bahasa Indonesia. Misal untuk pengecekan sebuah kata baku atau tidak. Jadinya aplikasi sudah memiliki database kata yang sudah terdaftar dalam KBBI atau yang sesuai dengan standar EBI. Bila terjadi kesalahan penulisan, maka aplikasi akan mencatat kesalahan oleh siapa dan akan memberikan rekapitulasinya kepada admin. Pengecekan kalimat efektif, ketepatan penggunaan tanda baca, dsb juga memungkinkan untuk dilakukan aplikasi ini.

Selasa dan Jumat: Hari berbagi postingan blog dan wajib komentar
Disini sudah ada menu khusus dimana setiap anggota yang mau mendaftar di list wajib komentar. Saat mendaftar, anggota wajib memasukkan akun sosial media atau blog yang sering digunakan untuk memberikan komentar. Sebelum jadwal berbagi secara otomatis dibuat oleh aplikasi, terlebih dahulu admin akan mem-verifikasi apakah anggota tersebut dapat mengikuti event ini, dengan pertimbangan kesalahan yang pernah dilakukan oleh anggota pada event di jadwal sebelumnya.

Pada jam yang sudah ditentukan oleh admin, nantinya aplikasi akan melakukan pemindaian terhadap setiap postingan yang telah dimasukkan oleh anggota yang berkewajiban membagikan postingan blog. Pemindaian yang dilakukan berfungsi untuk mengecek, apakah semua anggota yang namanya terlist sudah memberikan komentar atau belum pada postingan tersebut. Aplikasi akan mengetahui siapa saja yang belum memberikan komentar, karena sebelumnya setiap anggota yang terdaftar sudah memberikan akun yang sering dipakai untuk memberikan komentar.
Setiap anggota yang tidak memberikan komentar sampai jam yang sudah ditentukan, akan dilaporkan kepada admin.

Rabu : Hari membahas buku, film, musik dsb.
Aplikasi ini akan memiliki IMDB atau rotten tomatoesnya sendiri. Setiap anggota dapat mendaftarkan film/buku yang dia pilih, kemudian anggota lain dapat berkomentar tentang film/buku tersebut. Anggota juga dapat memberikan rating terhadap film/buku dengan skala dari 1-10. Untuk musik, akan terdapat daftar tangga lagu teratas setiap minggu, bulan atau tahun. Informasi ini tentu didapatkan dari sumber yang terpercaya.

Kamis : English Day
Mirip dengan hari senin, di hari ini aplikasi akan melakukan pengecekan terhadap setiap teks kiriman anggota, apakah sudah sesuai dengan grammar bahasa Inggris. Tidak ada hukuman terhadap anggota yang salah mengetikkan kata atau kalimat. Jadinya pengguna dapat leluasa menggunakan bahasa Inggris.

Sabtu: Hari Diskusi Blog, Tips dan Trik
Setiap tips dan trik akan dibuat threadnya sendiri-sendiri. Jadinya apabila anggota ingin mengulangi membaca tips dan trik yang pernah ada sebelumnya, anggota tidak perlu menscroll jauh sekali untuk mencari informasi tersebut. Cukup lakukan pencarian kata kunci untuk mencari judul thread yang diinginkan dan aplikasi akan memberikannya.

Minggu: Hari Curhat
Saya bingung, kalau orang mau curhat, mau dikasi fitur apa :D Mungkin lebih baik diberikan semangat atau bahu untuk bersandar ya. XD

2. Fitur Cek Keaktifan
Isu keaktifan anggota, sering dibahas disini. Sering ada banyak anggota yang hanya jadi silent reader. Oleh karena itu, aplikasi akan melakukan penghitungan terhadap jumlah interaksi yang dilakukan oleh anggota, misalnya berapa kali dia melakukan chat, berapa thread yang dibuat pada hari rabu, berapa kali memberikan rate, dsb. Dari situ nanti akan ketahuan, si anggota akan aktif atau tidak. Bila anggota tidak aktif, admin akan mendapat laporan dan bisa berkomunikasi dengan si anggota, apa yang menjadi kendala terhadap keaktifannya.

3. Fitur Profil
Setiap anggota yang terdaftar dalam grup ini, akan memiliki menu profil masing-masing. Setiap anggota dapat saling berinteraksi dan memberikan testimoni terhadap anggota tersebut. Seperti Friendster zaman dulu.

4. Fitur Berita dan Pengumuman
Disini, setiap pengumuman berupa event-event kopdar blogger, lomba dsb akan ditampilkan. Bila ada anggota yang ingin turut memberikan informasi, dapat langsung memposting disini. Namun sebelum diverifikasi oleh admin, berita tersebut tidak akan muncul pada aplikasi, karena kelayakan sebuah berita harus di verifikasi oleh admin, untuk menghindarkan masalah di kemudian waktu.
Kalau ada anggota yang akan menikah, baru lahiran, mau sidang dll, juga bisa dikabarkan disini.

Jadi itulah ledakan imajinasi yang terjadi di kepalaku saat ini. Memang ada banyak sekali fitur yang gak gampang buatnya, apalagi pengecekan tata bahasa itu. Google translate aja juga masih ngos-ngosan sekarang. Tapi ya namanya juga berimajinasi, ya kan. Manatau ini bisa terealisasi di masa yang akan datang :)

Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya :)

sumber gambar: warungblogger.com

57 comments:

  1. Wah, aplikasi apa tuh? Asyik-asyik #hidupPojokWB

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibaca aja dari awal sampai akhir mas :D

      Delete
  2. Luar biasaaa imajinasinya !!!

    Ayoo bikinlah, itu sangat membantu kami para admin loh :-)

    ReplyDelete
  3. Waw, mantap! Andai saja ada betulan. Ayo dieksekusi

    Fitur profil ini perlu bgt biar kita kalo ngobrol nggak ketuker mbak atau mas. Saya kan sedih kalo dipanggil Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      Om jiah ya mbak. sabar ya mbak jiah :)

      Delete
  4. Wah, aplikasi untuk hari Minggu itu jangan2 bikin yg jomblo betah ga nyari gandengan. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      karena ada bahu gratis ya mbak? :D

      Delete
  5. Imajinasi-nya luar biasa banget. Para admin tentu senang karena beban kerja agak sedikit berkurang.
    Ga akan ada lagi tuh yang salah manggil mbak Wanda ato mbak uni😁
    Salut buat bang Jakup

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      panggilan yang tepat untuk orang yang tepat ya mbak :D

      Delete
  6. Wah keren juga imajinasinya mas, kreatif�� Semoga bisa dirembukin oleh admint #PojokWB hahaha��

    ReplyDelete
  7. Hahaha... ide kreatif nih, eh siapa tau ntar bisa dibikin aplikasinya... sekaligus ngecek siapa yang doyan oot, baper dan narsisme wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      bisa dibuat awardnya ya mbak :D

      Delete
  8. ya allah.
    Jangan pake Pojok Wanda Bena juga lah ih..

    tapi idenya keren juga. Laksanakan yuk masama!

    ReplyDelete
  9. Weh... klo ada fitur seperti ini pasti pojok WB bakal tertib dan teratur banget yak. semuanya bakal rapi jali dan adminnya bisa nyambi ongkang kaki.

    Sedep mantep nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ongkang kaki, sambil makan enak mas eko :D

      Delete
  10. menunggu aja apa ini terialisasikan atau engga. klo beneran jadi bagus tuh muncul juga fitur semua member Pojok WB jadi bisa saling mengenal anggota di pojok wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas.
      terutama kenal sama yang silent reader :D

      Delete
  11. Wah bisa nih
    Tak share di facebook lah
    Siapa tau temenku ada yang tertarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dishare aja mas.
      siapa tau ada yang nangkap idenya kemudian realisasi :)

      Delete
  12. Ayo ah, dieksekusi. Agar admin punya kehidupan yang lebih tenang meski ada drama. Hahahahaha....
    Terima kasih ledakan imaginasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      kehidupan kalau ada bumbu-bumbu dramanya sepertinya bisa jadi lebih gurih mbak :D

      Delete
  13. Coba diwujudkan mas imajinasinya. Semoga semakin cetar ya pojok WB ^^

    ReplyDelete
  14. Yuk diwujudkan ide aplikasinya :D

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
  15. Idenya luar biasa ini, bener bener kreatif bang idenya :D

    Andai dibikin aplikasinya juga, mungkin akan menjadi komunitas blogger pertama di indonesia yang pnya aplikasi sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fandhy.
      jadi role model komunitas blogger lainnya :)

      Delete
  16. widiiihh.. luar biasa ledakan inspirasinya ya bang. kalau pojok WB jadi aplikasi, bakal lebih banyak lagi pasti anggotanya. eh namanya bukan anggota lagi kali ya, tapi pengguna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak.
      iya pas mbak, pengguna karena sudah bentuk aplikasi ya

      Delete
  17. Kalau hari kamis aku emang suka ngumpet. Secara aku angkat tangan deh kalau urusan bahasa Inggris. He-he.

    Kalau sampai ada aplikasinya kerwn juga sih. Semoga kelak bisa terealisasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada aplikasinya, maka bisa membantu kita lebih baik lagi dalam berbahasa inggris ya mas :)

      Delete
  18. Sesuai taglinenya. Ide ini memang imajinatif. Apakah bisa menjadi sebuah ledakan? Semoga bisa terwujud.

    Aniwei kalau boleh usul nanti pada aplikasinya juga tersedia fitur another topic. Bisa saja yang biasa silent reader bisa memulai topik tertentu dan menemukan teman ngobrol yang cocok berdasarkan topik yang disuka. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh iya mbak.
      dibuat seperti yang hari sabtu itu ya..

      Delete
  19. Saya termasuk silent reader, kalau apkikasi ini di realisasikan pasti bakal sering kena teguran ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.
      bisa jadi tobat mbak, jadi silent readernya :D

      Delete
  20. Suka fitur cek keaktifan anggotanya. Nanti dibuat ranking siapa yang paling aktif dan siapa paling pasif. Biar semangat berinteraksi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ada top member daily, weekly, dan monthly begitu ya mbak :D

      Delete
  21. Wah idenya Karen nih! Seru pasti ya kalau ada aplikasinya dan lebih efisien Jalanan rule sama tema harian 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.
      admin jadi gak susah2 lagi nentukan siapa yang harus dihukum :D

      Delete
  22. Setujuu!!
    Semoga segera meledak ya ledakan imajinasi buat grup pojok WB nya.
    Eh ini sekaligus juga nulis rules ya. Jadi bisa di inget2 rules grup nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.
      biar yang berminat gabung ke grup juga bisa baca rulesnya duluan :)

      Delete
  23. luar biasa imajinasinya, pecah banget..nendang..lumer di kepala. Ini sudah masuk zaman digital 100%. Seru idenya mas, ayo buat aplikasinya mas. eh tapi drama berkurang dong ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya ya mas.
      kadang seru juga nengok drama di grup ya :D

      Delete
  24. Aplikasi ini memudahkan para admin dalam urusan administratif yaa...
    Makin canggih, cepat dan inovatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang akan sangat membantu admin, dalam memantau rules apakah dilanggar atau ditaati :)

      Delete
  25. keren ledakan imaginasibya mas ��
    miga bs terus membangun para anggita jd makin kreatif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak.
      moga terealisasi ini :)

      Delete
  26. Apa cuma aku yang fokus sama fitur hari minggu untuk curhat, "Mungkin lebih baik diberikan semangat atau bahu untuk bersandar ya. XD" bhahahak aku ngakak

    Keren banget, Mas. Semoga bukan hanya berakhir pada imajinasi semata, ya. Seru nih kalau dibuat kayak gini, setidaknya gak bikin admin misuh-misuh lagi ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      iya mbak, itu fitur yang paling menjawab permasalahan tsb soalnya :D

      amin. :)

      Delete
  27. Saya baru tau kalo ada grup wp nya.. Hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas.
      coba hubungi aja admin warung blogger buat dimasukkan ke grupnya kalau berminat.

      Delete
  28. Utk yang buku, kerjasama dengan wattpad. Biar saling berintegrasi dan mengisi saling memudahkan pembaca #saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wattpad itu semacam imdb nya buku ya mbak?

      Delete
  29. Luar biasa banget udah ada aplikasinya :D makin harmonis ni player di WB hehe

    ReplyDelete

Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7

Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dal...