Skip to main content

Mesin Pembuat Sambal



"Karena itu aku kepikiranlah, gimana ya kalau ada mesin yang bisa membuat sambal secara otomatis."



Haalooo.
Ketemu lagi di ledakan imajinasi :)
Setelah buat beberapa ledakan imajinasi, banyak responden *responden bah, macam buat kuesioner  aja :D* yang menyampaikan, REALISASIKAN. Yah, aku akui memang setelah buat banyak ledakan imajinasi, ada juga keinginan untuk membuat ledakan ini jadi nyata. Tapi aku punya sedikit kekurangan sih di masalah eksekusi. Karena kadang malaaaaas sekali untuk memulai merealisasikannya. Memang kalo prokastinator akut, ya begini. Semogalah aku bisa akhirnya realisasikan.

Kalian udah makan semua? Kalo udah makan, apa ikan kalian? Boleh aku datang ikutan makan? Belum makan ini :D Ngomong-ngomong tentang makan kan, aku mau cerita sedikit tentang makanan yang aku suka. Boleh kan? :) Aku suka sekali makanan yang pakai sambal dan sambalnya pedas. Kalo ada sambalnya, makanan yang kurang enak pun bisa termakan jadinya. Karena kalau pake sambal, rasa yang kurang cocok dilidah, bisa teralihkan.

Nah, aku kan suka makanan yang bersambal.  Tapi belum kutemukan pulak pasangan hidup yang pande buat sambal. :D Jadi paling mungkin aku beli ato ya buat sendiri sambalnya. Pernah kucoba buat-buat sambal kemarin, tapi gak enak hasilnya. Udah capek ngulek, tak jadi pulak sambalnya. Karena itu aku kepikiranlah, gimana ya kalau ada mesin yang bisa membuat sambal secara otomatis. Kalau ada mesinnya, kira-kira gimana cara kerjanya ya? Mau tau? yok kita cekidot ledakan imajinasiku berikut ini :)

1. Bukan Blender Tapi Ulekan Semi Automatic
Aku rasa teman-teman sudah tahulah gimana rasanya kalau cabe di blender begitu saja kan. Kayak ada pahit-pahitnya gitu. Sambal yang enak itu, kalo diulek manual. Nah nanti mesin ini akan memiliki kemampuan mengulek sambal layaknya ulekan tukang sambal profesional. Jadinya sambal yang dihasilkan rasanya mantap dan tidak pahit. Mekanismenya akan dibuat seperti cara tangan manusia mengulek. Kenapa namanya Ulekan Semi Automatic. Biar keren aja, kayak senjata gitu kan :D

2. Metode Ulekan Yang Variatif
Cara ngulek kan juga beda-beda ya. Misalnya mau buat sambal pecal, berarti kan kacangnya harus ditumbuk sampai cukup hancur. Berarti cara nguleknya juga harus lebih keras biar hancur juga kacangnya. Kalo misal sambal yang mau dibuat cabenya gak perlu hancur-hancur amat, ya mesin ini ngulek juga gak sampai hancur. Metode ulekan akan tergantung pada jenis sambal yang akan dipilih pengguna. Gimana cara pilih sambalnya? Aku akan jelaskan di bagian bawah.

3. Punya pemanas dan penggorengan
Sambal kan macam-macam ini dan gak semuanya bisa disantap dengan hanya mengulek saja. Oleh karena itu, mesin ini juga dilengkapi dengan pemanas dan juga penggorengan. Kalau cabenya perlu direbus dulu, maka bisa juga pakai mesin ini. Begitu juga kalau sambal yang sudah selesai diulek, perlu digoreng, maka bisa juga pakai mesin ini. Jadinya varian sambal yang bisa dibuat semakin banyak

4. Memiliki Algoritma Sambal-sambal
Apalah pulak algoritma sambal-sambal :D Harap maklumlah ya, karena aku kan anak komputer gitu.. *apaaa, orangtuaku komputer? Ampun maak :D* Algoritma itu kan langkah-langkah penyelesaian masalah. Jadi algoritma sambal-sambal ya maksudku resep buat sambal. Jadinya nanti mesin ini punya database resep berbagai macam sambal, baik yang nusantara ataupun luar negeri punya. Kenapa ini perlu ada? Karena cara membuat sambal tak semua sama. Ada urutan-urutan pengerjaan yang harus ditaati supaya hasilnya betul. Misal, kalau sebelum diulek, cabenya di rebus dulu. Nah, nantinya dibawah mesin ini ada semacam monitor kecilnya gitu. Jadi sebelum mulai mengulek, mesin akan minta mau buat sambal yang mana. Kalau sudah dipilih, maka mesin akan memberikan instruksi untuk memasukkan apa saja dengan cara memunculkan di monitor.

5. Punya Fitur Lagu Sambalado
Fitur apa-apaan ini? Biar gak bosan pas nunggu mesinnya mengulek, mesin ini akan memutar lagu sambalado selama proses pengulekan. Jadinya sambil nunggu selesai, kita bisa jadi joget-joget dulu. *alaah Sambal. "sambala sambala bala sambaladoterasa pedas, terasa panas.."

Nah, gimana ledakan imajinasinya? Sepakat gak kalian kalau ada mesin pembuat sambal ini? Kalo aku sih sepakat sekali. Selain mudah, makan pun jadi terasa enak setiap hari karena ada sambal yang menemani. Tinggal nunggu seorang gadis yang mau jadi ganti sambal #ehh

Okelah kalau begitu. Sekian dulu ledakan imajinasinya ya.
Sampai jumpa di ledakan berikutnya :)

sumber gambar : wikimedia.org

Comments

  1. lebih mudah membuat berbagai sambal dengan mesin ini... wahh bagus2... tapi sambal itu tetep enak di hulek2, hehehe
    salam kenal..

    http://www.hijabmoderncantik.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, jadinya membuat mesin yang meniru ulekan manusia ;)

      salam kenal mbak :)

      Delete
  2. mas. aku nda perduli alatnya. aku sekarang udah pegang sepiring nasi panas, lalapan daun ubi, ikan asin sama taburan bawang goreng, mana sambalnya?

    ReplyDelete
  3. hahahaha.
    di imajinasikan saja sambalnya dulu ya mas :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Mesin Pangkas Rambut Otomatis

Toko Online (Marketplace) Barang Hasil Daur Ulang