Skip to main content

Toko Online (Marketplace) Barang Hasil Daur Ulang





"Barulah sekarang aku kepikiran lagi, karena ada letupan-letupan imajinasi dalam pikiranku. Gimana ya kalau ada marketplace atau toko online yang memang khusus menjual barang-barang hasil daur ulang"


Hei hooo.
Apa kabar semua? Udah makankah? Jangan lupa makan ya, nanti sakit :D *nampak kali gak ada yang mau diingatkan makan bah, hahaha.

Oke-oke.
Selamat berjumpa lagi di blogku ledakan imajinasi. Jadi hari ini kita akan kembali ledak-ledakan ria :). Dan apakah ledakan yang telah terjadi dalam imajinasiku? Tadaaaa. Sampah. Bah, kok sampah pulak? Seriusan sampah ini yang mau diledakkan? Iya benar. Kesempatan kali ini aku akan berbagi ledakan imajinasiku tentang yang berkaitan dengan sampah atau barang sisa.

Jadi begini awal mulanya ledakan ini. Aku sendiri memang senang membuat barang-barang yang unik dari barang bekas atau yang sudah tergolong sampah. Tapi yang sering aku daur ulang yang terbuat dari bahan kertas dan sejenis. Mengapa? Karena itu yang paling gampang kurasa mengolahnya. Biasanya aku cuma motong-motong dan ngecat pake pensil warna atau spidol aja udah jadi. Walaupun gak bagus-bagus amat, tapi enak aja rasanya mandang-mandangnya, karena buatan sendiri :D. Dibanding mbak Anitamakarame dan mbak Andria Nur Wahyu yang sudah mahir mendaur ulang, kalah jauh lah ini :D

Sticker logo Flash dan Superman hasil daur ulang dari bungkus dodol :D

Pencapaian terbesarku dalam hal daur ulang adalah waktu mendaur ulang undangan nikah orang Karo. Jadi kalo orang Karo mau menikah biasanya akan kirim undangan dulu ke saudaranya. Undangan ke saudara itu beda bentuknya dengan undangan ke teman biasa. Kalo ke saudara ada gambar pernak-pernik khas karonya yang dibuat di undangan. Jadi kan, karena biasanya cantik-cantik gambar masih, aku kepikiran aja, gimana kalo ini kubuat jadi pembatas buku ya. Dan kalo dijual mungkin laku. Penampakannya seperti ini:



 
Lebih jelasnya bisa cekidot ke blog personalku disini ya: Sinusinga Knows. (kalo Ledakan Imajinasi kan ecek-eceknya blog niche kan :D)

Oke, jadi jujur saja. Sebenarnya sudah laku 3 buah pembatas buku daur ulangku kemaren. Tapi memang karena dasarnya aku sih yang malas, jadinya gak usaha buat ngejual lagi. Barulah sekarang aku kepikiran lagi, karena ada letupan-letupan imajinasi dalam pikiranku. Gimana ya kalau ada marketplace atau toko online yang memang khusus menjual barang-barang hasil daur ulang. Tar.. tarr.. tarr.. Gitulah bunyi ledakan imajinasi di kepalaku saat ini. Kalau ada marketplace barang-barang daur ulang, apa aja fiturnya kira-kira ya? Yok mari kita cekidot :)

1. Fitur Jual-Beli
Yap, dari judulnya saja marketplace/toko online. Ya sudah pastilah ada proses transaksi jual beli yang terjadi disini. Mirip-mirip dengan marketplace yang sudah terkenal sekarang seperti bukalapak, tokopedia, lazada dan lainnya, market place daur ulang ini juga menggandeng umkm asli indonesia yang fokus pada pembuatan barang daur ulang untuk menjual barangnya disini. Dengan adanya marketplace ini nantinya, setiap umkm akan lebih mudah mendapatkan pasarnya, karena orang-orang akan tahu harus membeli kemana.
Proses transaksinya dapat melalui bank dan metode pembayaran lainnya. (udah banyak kali opsi pembayaran online soalnya sekarang) :)

2. Fitur Blog DIY and Sell
Disini harapannya umkm-umkm yang terlibat, tidak pelit dalam membagikan ilmunya. Jadi setiap umkm nanti wajib memposting minimal satu, artikel tentang langkah-langkah mendaur ulang produknya. *manatau kan ada teknik-teknik rahasia yang mereka gak mau ceritakan ke orang lain :D. Tujuan dari fitur ini adalah, agar orang-orang diluar sana juga bisa mencoba mendaur ulang sendiri. Dampaknya kalau semakin banyak orang tahu mendaur ulang kan, bakalan semakin panjang umur bumi *benar gak ya?

Dengan adanya fitur ini, orang lain juga bisa kebagian lapangan kerja. Seseorang bisa membuat barang daur ulangnya dan kemudian dia jual kembali disini. Harga jadi bersaing, tapi tetap bisa dikontrol kok, kan ada dibuat Asosiasinya nanti. *aseek

3. Fitur Reward
Saya selalu merasa keren kalo liat tutup botol dijadikan sesuatu yang berguna, seperti yang dipakai Elly di film Up atau kalo gak salah uang yang dipakai di game Fallout Shelter. Jadi di marketplace ini nantinya, akan ada juga tutup botol. Mau diapain tutup botol ini? Tutup botol ini nantinya adalah reward yang bisa diterima si pembeli di marketplace ini. Setiap dia beli satu barang, berarti dia satu langkah berbuat untuk menjaga lingkungan. Jadinya kalau semakin banyak seseorang beli barang disini, dia bisa menggunakannya untuk membeli barang daur ulang lainnya. Ya seperti diskon gitu. Misal ntah dia punya 50 tutup botol, jadi bisa dapat voucher Rp 100.000. Begitulah.

4. Fitur Campaign
Dengan fitur ini, marketplace daur ulang ini akan aktif menyerukan kampanye-kampanye untuk menjaga lingkungan. Karena memang selama ini orang-orang banyak yang kurang peduli dengan lingkungan. Kan sedih kita nengoknya kan kalo sering terjadi banjir, longsor dsb. Apalagi memang suhu semakin panas sekarang. Kampungku aja yang daerah pegunungan di Tanah Karo, panas sekarang rasanya. Ditambah lagi belum sembuh-sembuh Gunung Sinabung itu.

--------------------

Jadi itulah ledakan imajinasi yang terjadi di pikiranku saat ini. Bagi yang selama ini punya keahlian daur ulang barang-barang mungkin bisa unjuk gigi disini. Gak nganggur-nganggur lagi nanti barang yang udah dibuat. Taruh di marketplace ini, manatau ada yang berminat kan. Gak dibeli juga gak apa-apa, kita senang aja udah menjaga lingkungan dengan melakukan ini.

Okelah kalau begitu. Sampai disini dulu ledakannya.
Kita jumpa lagi di ledakan imajinasi selanjutnya :)
byee..

sumber gambar : jakupsinusinga.wordpress.com

Comments

  1. Wah hebat ni bang
    Harus direalisasikan

    ReplyDelete
  2. Wah aku juga suka DIY-an tp msh untuk dinikmati sendiri. Ledakan imajinasi Bag Jakup tentang toko online khusus daur ulang mantap sekali. Langkah pertama untuk merealisasikannya mungkin dengan cara membentuk komunitas "penghobi" daur ulang terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo, iya juga ya mbak.
      biar gampang juga mengajak mereka gabung ke marketplacenya nanti ya mbak :)

      Delete
  3. Kreatif, bang!
    Bukan cuma kreatif karena ledakan imajinasi nya aja. Tapi kreatif tangannya pula.
    Itu dari bungkus dodol kok bisa jadi logo-logo gitu? Keren kali lah Bang Jakup ini!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      iya mbak, daripada nganggur, ya saya permak bungkus dodolnya :)

      Delete
  4. Kalo marketplace daur ulang keknya belum ada deh bang. Setahu aku macem hand crafted marketplace sih ada. Ada dua malahan, Qlapa di qlapa.id sama craftincraft. Sayangnya, yang terakhir ini udah ditutup 31 Agustus lalu. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, iya ya mas jung.
      terimakasih atas infonya ya :)

      Delete
  5. Sangat membantu dan memberikan efek bagis nih buat pemberdayaan sampah dan tentu bisa mempertajam imajinasi

    Kerwn kalo segera terealisasi

    ReplyDelete
  6. Mas request bikinin sesuatu yang jadi logo AC Milan, bisa ga?

    ReplyDelete
  7. Sekarang semangat orang2 DIY dan Recycle tinggi sekali. Lagi tren ya.. Lihat di Pinterest banyak sekali referensinya. Kalau mau dijual lagi, intinya sih di foto. Kalau fotonya cantik & instagramable, atau ala-ala Pinterest. Pastiii laku keras. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pas mbak.
      ledakan imajinasi ini terbentuk karena tren itu juga :)

      Delete
  8. keren bang, teruskan yakk. Kreatif banget, gak gampang ya kl barang2 daur ulang.
    patut ditiruu, Ga cm org luar aja bs kitaoun bs yay

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.
      orang luar memang sering buat video tutorialnya juga kan

      Delete
  9. Warbiazah! :D
    Bumi lagi butuh banget nih Marketplace Daur Ulang, biar tetep adem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak desy, moga kesampaian ledakan imajinasi ini :)

      Delete
  10. Bang aku pernah buat kostum power rangers dari kasus bekas indomie bisakah dipasarkan di Toko online abang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren juga buatan mas adi ya.
      kalau udah ada nanti marketplacenya, malah sangat boleh mas :D

      Delete
    2. hahaha, minta dibuatkan juga mas andikha, sama mas adi :D

      Delete
  11. baguussss... kalo bisa harganya yg terjangkau. biasanya bahan daur ulang harganya malah mahilll #glek

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya kalau sudah ada marketplace, harga bisa dibuat lebih bersaing mbak :)

      Delete
  12. kereen kak, bungkus yang selama ini aku buang ternyata bisa jadi barang yg menghasilkan yaa :D salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dede.
      banyak hal disekitar kita yang bisa kita daur ulang :)

      Delete
  13. kalo ada marketplace khusus untuk daur ulang begitu asik banget selain bisa manfaatin sampah untuk didaur ulang dan dijual kembali orang-orang juga jadi makin kreatif yah :D

    ReplyDelete
  14. Wah bagus idenya. Selama ini sih kalo di daerahku baru yang bank sampah aja adanya. Ini kalo direalisasikan pasti meledakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak rini, saya tahu ada bank sampah juga ya.
      itu malah bisa memberdayakan masyarakat ya.

      Delete
  15. Idenya mantap kali bang.
    Bisa mencoba juga nanti

    ReplyDelete
  16. Kreatif, hajar aja. Pengusaha itu emang dimulai dari hal kecil dan sederhana.
    Lanjutkan

    ReplyDelete
  17. Meski tidak secara khusus jual produk daur ulang, sudah ada market place yg sangat menghargai produk ecois seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mbak?
      apa nama marketplacenya mbak?

      Delete
  18. Gambar dari daur ulang bungkus dodol itu dibikin sendiri mas? Waah keren dan kreatif juga ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, berbekal gunting aja sih, sama spidol :D

      Delete
  19. Wahaa. Ini ledakn imajinasi yg gokil bin kreatif bin inovatif. Suka deh. Mampir ke blog mas jakup ga ada mati idenya. :-)

    ReplyDelete
  20. bang jakup ini cocok jadi konseptor sepertinya, banyak kali ledakan imajinasinya, kece-kece pula idenya. direalisasikan lah bang ide tokoh online khusus barang daur ulang ini. mantap kurasa :)

    ReplyDelete
  21. Klo terealisasi, byk bgt nih yg tertolong dr daur ulangnya. Cinta bumi bgt dah. Jd kangen buat tas plastik yg nggak selese2 hewhew

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo, mbak jiah buat tas plastik ya?
      yang dari bungkus2 plastik bekas itu ya?

      Delete
  22. wahh bahan daur ulang bagus nih buat yang daya imajinasinya banyak pasti banyak hasil karya dari daur ulang ini nih. Apalagi bahan daur ulang yang kita bikin bisa di jual. menambah income keuangan nihd air bahan bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil nyelam minum air mas dikki.
      Nice :D

      Delete
  23. Wah benar benar kreatif banget ini bang jakupnya, semoga terus berkreasi ya bang, semoga makin laris jualannya barang hasil daur ulangnya...

    Boleh juga nih idenya, untuk diterapkan di masyarakat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fandhy, moga terealisasi nanti ledakan imajinasi ini :)

      Delete
  24. Bang Jakup,kreatif, deh! Eh, sangat peduli lingkungan pula. Salut! Semoga semakin banyak yang peduli dengan lingkungan, jadi kelestarian bumi pun akan terjaga, ya....
    Ide tutup botol sebagai reward, bagus juga, Bang 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :)
      suka aja sama tutup botol itu :D
      moga ini jadi satu langkah positif untuk menjaga lingkungan :)

      Delete
  25. Wah Mas Jakup kreatif. Terima kasih ttg info toko online yg kita bisa jual barang2 daur online-nya :D

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
  26. Di kampung saya sering ada pelatihan2 memanfaatkan barang daur ulang. Tapi ya hanya sebatas pelatihan kader2nya aja, tidak ada kelanjutannya.

    Mungkin kalau ada marketplacenya mereka akan lebih semangat berkarya dan berbagi ilmu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. jadinya kalo ngebuat sesuatu gak ngerasa sia-sia :)

      Delete
  27. Klo ada DIY menarik ya! Jadi buat orang2 pingin Cobain bikin pernak pernik daur ulang sendiri 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, berbagi ilmu dan lebih banyak dampak positif yang diberikan pada alam :)

      Delete
  28. Ide nya cemerlang sekali bang !

    Membuat sampah jadi pendapatan, smoga sukses yaa ke depan nya :)

    #Kandida

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih ya mbak kandida :)
      sukses juga buat mbak :)

      Delete
  29. Gak ada matinya nih ledakan imajinasi bang jakup.

    Iya, kalau pengelolaan untuk barang barang yang bisa di daur ulang ada deh. Pun dengan pasarnya. Tapi terobosan untuk digitalisasinya patut dicoba tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, makasih mas dik.
      moga terealisasi lah ini ya :)

      Delete
  30. Kreatif banget dan mengubah limbah menjadi barang yang penuh berkah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.
      bermanfaat untuk lingkungan dan banyak orang juga :)

      Delete
  31. mungkin lebih ke ecommerce nya ya? karena kalau toko online udah ada yang blognya dijadiin tempat jualan barang2 daur ulang hehe. kalau ecommerce aku dukung untuk direalisasikan. karena bisa membantu masyarakat yang sedang merintis usaha daur ulang, apalagi ibu-ibu pkk di tiap kelurahan yang biasanya diajarkan atau dihimbau untuk memproduksi barang dari bungkus kopi atau deterjen dan lainnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, marketplace yang saya maksud itu e-commerce kayaknya :D

      Delete
  32. Bang Jakup, Agustus kemarin, suamiku baru aja ngomong mau bikin aplikasi Daur Ulang sampah untuk ikutan di the next dev Aceh. Karena permasalahan sampah ni nampaknya ga habis-habis.Tiap hari satu rumah pasti menghasilkan sampah. Tahlah sampah dapur ataupun kardus bekas, etc. Permasalahan sampah belum ada jalan keluarnya memang. Semoga pemerintah lebih loyal terhadp ide-ide kreatif dari rakyatnya.

    Btw, bang jakup jman skrg ide susah dicari. Bang Jakup hati-hati tar idenya dicuri lho kalo ga dieksekusi terus. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, iya ya mbak.
      beberapa memang saya sudah rencana mau buat :D
      terimakasih atas informasinya mbak :)

      Delete
  33. Wah keren tuh kalo sampai ada toko online khusus kerajinan daur ulang. Selain menjaga lingkungan juga bisa menambah penghasilan dari hasil karya kita. Bagus banget idenya, mas. Semoga terealisi.

    ReplyDelete
  34. Ini keren banget loh, kak!
    Akupun salah seorang yang gemar mengumpulkan barang-barang yang mungkin sebagian besar orang menganggapnya sebagai sampah, hanya saja belum sampai ter-realisasi semantap ini.. kereeeenn >w<'b
    Lekas ledakkan lagi, kak.. semoga ide briliannya meluas dan semakin meledak *aamiin :D

    ReplyDelete
  35. Waah.. nanti kalau sudah jadi boleh dong kita kolaborasi, di rumah juga lagi produksi bahan daur ulang dari kayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehehe.
      oke mbak, kalo dah jadi saya kabarin ya :D

      Delete
  36. jakup, buatin untukku lah sebijik barang daur ulangnya. aku paling ga bisa ngedaur ulang beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, boleh mbak.
      mau dibuatkan apa mbak?
      *kalau yang berkaitan dengan kertas mungkin bisa saya buat :D

      Delete
  37. wahhhh kreatif banget... bisa memanfaatkan barang2 yang sudah tak terpakai lagi dan bisa dijual kembali.... keren-keren...


    http://www.mukenaterbarubordir.com/

    ReplyDelete
  38. Aku udah buat pertengahan bulan agustus kmrn, Bang Jakup. Minta masukan untuk webku ya, search aja Makarame Eco-Friendly Crafts atau klik makarame.com
    Hehe
    Kalau ada yang mau nitip jualan bisa. Langsung kontak aja. Maaf kalo nitip promosi ya, Bang. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.
      baik mbak, nanti saya kabarin ya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…