Nasi Kotak Instan - Saingan Mie Instan Di Masa Depan




"Bagaimana ya kalo ada nasi kotak yang instan begitu, tinggal pencet gambar jenis makanannya, langsung tersaji makanan di dalamnya."


Halo semua.
Tak terasa ya lebaran akan segera tiba. Bagi teman-teman yang sedang menjalani puasa, ayo yang kuat puasanya, tinggal kira-kira minggu depan kalo gak salah lebaran kan :)

Ngomong-ngomong tentang puasa, dua hari yang lalu kami baru mengadakan acara buka puasa bareng di kantor. Tak hanya dengan teman-teman sekantor saja, turut hadir juga adik-adik dari panti asuhan yang ikut berbuka puasa bersama kami. Jadi setelah acara ibadah singkat yang dibawakan oleh teman-teman selesai dan waktu berbuka puasa sudah tiba, maka kami pun berbuka bersama, menyantap makanan yang telah disediakan.

Diawal kami berbuka dengan yang manis terlebih dahulu, seperti yang dibilang di tipi-tipi itu. Baru setelah itu kami makan makanan utama. Makanan utama yang kami santap semalam dikemas dalam bentuk nasi kotak. Nasi kotak yang diberikan terdiri dari 2 jenis lauk, yaitu rendang sapi dan ayam goreng. Walaupun lauknya ada 2 jenis, tapi tetap saja yang namanya nasib tidak bisa ketebak. Jadi waktu itu ada yang sedang bernasib kurang beruntung, dimana nasi kotaknya tidak ada lauknya. Ternyata lauknya pindah ke nasi kotak tetangga. Tapi fiuh, sukurlah akhirnya lauknya kembali juga ke asalnya. Ada juga yang mengalami insiden "Lauk yang Tertukar" dimana dia mintanya ayam goreng tapi yang di dapat malah rendang sapi. Ya terpaksalah dilakukan barter, agar semua bisa senang dalam bersantap makanan.

Oke jadi begini. Selesai makan, kami pun menutup kembali nasi kotak kami. Di tutup nasi kotak kami ternyata ada banyak gambar makanan yang memang dijual oleh rumah makan penjual nasi kotak yang kami santap.  Lalu tiba-tiba salah satu rekan kerja saya di kantor, bang Surya (salah satu foto model Top Collection), berkata kepada saya. katanya:"Bang Jakop, ini maunya nasi kotak ini, kalo ditekan gambar makanan di tutupnya ini, maunya itu juga yang jadi isi nasi kotaknya ini ya..". Wah ternyata dalam kepala bang surya sedang terjadi ledakan imajinasi. Gak sia-sia dia pangkas model baru, makin ngeri ledakan imajinasinya rupanya. Gak, apa-apalah ya bang sur, kalo ledakan imajinasi abang kita jabarkan disini :D

Jadi aku pikir itu adalah ledakan imajinasi yang cukup dahsyat juga. Bagaimana ya kalo ada nasi kotak yang instan begitu, tinggal pencet gambar jenis makanannya, langsung tersaji makanan di dalamnya. Mau tau lebih lengkap? Yok kita cekidot ledakan imajinasi kali ini.

Nasi Kotak Awal Dalam Bentuk Bahan-Bahan Mentah
Jadi seperti mie instan, awalnya nasi kotak ini tak bisa langsung disantap begitu saja. Isinya masih merupakan bahan-bahan mentah semua, seperti beras, sayur, lauk, bumbu dsb. Jadi belum bisa disantap, karena masih belum diolah. Oleh karena itu, bila ingin dijual, nasi kotak instan ini dapat bertahan sampai beberapa hari, karena bahan di dalamnya masih mentah.

Kotak Nasi Yang Dilengkapi Mesin Pemasak Otomatis
Nah, apabila pembeli sudah berniat memakan nasi kotak, maka terlebih dahulu si pembeli menekan tombol "Masak" pada bagian tutup nasi kotak. Nasi kotak yang telah memiliki mesin pemasak otomatis ini, akan mengolah semua bahan mentah yang ada dalam nasi kotak ini sebelumnya. Cukup menunggu beberapa menit, nasi kotak pun siap untuk disantap.

Satu Kotak Nasi Untuk Satu Jenis Makanan
Walaupun ledakan imajinasi yang ada di kepala bang surya mengatakan bahwa tinggal pilih jenis makanan, maka makanan itu yang akan muncul di dalam nasi kotak, tapi menurutku secara pribadi lebih baik kalau dalam 1 nasi kotak hanya terdapat 1 jenis makanan saja. Karena kalau bisa banyak, maka perlu ada bermacam-macam bahan makanan yang harus dimasukkan dalam 1 nasi kotak, padahal belum tentu akan digunakan untuk menciptakan makanan yang dimau oleh si pembeli.
Ya kalau mau buat pengembangannya sih boleh juga, bisa membuat beberapa makanan tapi yang berbahan baku sama. Misal isinya ayam, tapi bisa saja dipilih ayamnya mau dibakar atau digoreng. Jadi tetap bahan bakunya ayam, tapi cara memasakknya yang agak berbeda.

Selain Tombol Masak, Juga Punya Tombol Bagi Ke Sosial Media
Kan sekarang ini, banyak kali orang-orang yang jadi semacam phlogger (phot blogger) makanan kan. Makan kerupuk harga 500, pun gak boleh gak dishare. Harus difoto dan dibagikan ke teman-teman di sosial media. Nah, dengan adanya tombol berbagi pada nasi kotak ini, maka secara otomatis gambar makanan mulai dari bahan mentah sampai akhirnya makanannya akan dishare ke sosial media. Eh, gimana caranya dia tau apa sosial media kita.
Nah nantinya di nasi kotak ini, akan ada colokan usbnya. Jadi si pembeli dapat mendownload aplikasi nasi kotak terlebih dahulu. Setelah aplikasi berhasil di install, maka si pembeli tinggal mencolokkan usb dari hapenya ke nasi kotak. Maka akan otomatis, aplikasi akan meminta identitas pribadi serta alamat media sosial si pembeli, sehingga akhirnya nasi kotak ini dapat membagikan foto makanan ini ke media sosial milik pembeli. Dan tenang saja, setiap nasi kotak akan diberi serial number, sehingga setiap nasi kotak akan hanya dimiliki oleh 1 pembeli saja, oleh karena itu tidak akan bisa asal-asalan orang-orang mengupload gambar nasi kotak yang bukan miliknya.

Yah, demikianlah ledakan imajinasi yang kulanjutkan dari ledakan bang surya. Memang agak nyeleneh ya ledakannya, tapi keren juga kalo ada. Jadinya kan, terlebih anak kost bisa lebih banyak variasi dalam hal menu makanan instannya. Mungkin selama ini selalu, mie instan. Jadi mungkin saja suatu saat, akan ada juga nasi kotak instan.

Okelah kalau begitu. Hari sudah malam saat ledakan imajinasi ini dibuat. Semoga anda terhibur.
Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya.
Daaaaa :)

sumber gambar: https://aqiqahqurban.files.wordpress.com/

Media Sosial Khusus Untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)


"... aku kepikiran bagaimana ya kalo tidak hanya sistem informasi atau website yang dimiliki oleh pihak pemerintahan, tapi juga punya media sosial sendiri seperti facebook, instagram atau twitter."


Halo..
Selamat pagi bagi yang membaca post ini pagi.
Selamat siang bagi yang membaca di siang hari.
Dan Selamat malam, kalo yang baca pas malam-malam. :D

Ketemu lagi denganku dan tulisanku di blog ini, Ledakan Imajinasi.
Seperti judul utama blog ini, disini aku banyak berbagi tentang ledakan-ledakan imajinasi yang terjadi di dalam pikiranku. Dan kali ini aku punya imajinasi tentang Pegawai Negeri Sipil.

Jadi begini, aku bekerja di sebuah perusahaan konsultan di kota Medan. Aku bergabung dalam divisi IT, bagian programmer. Proyek-proyek aplikasi sistem informasi dan website yang kami kerjakan banyak yang berkaitan dengan pemerintahan. Oleh karena itu kami banyak terhubung dengan Pegawai Negeri Sipil.

Disaat membahas tentang aplikasi-aplikasi itu, aku kepikiran bagaimana ya kalo tidak hanya sistem informasi atau website yang dimiliki oleh pihak pemerintahan, tapi juga punya media sosial sendiri seperti facebook, instagram atau twitter. Jadi kira-kira bagaimanakah kalo PNS ada media sosialnya? Mari kita lihat ledakan imajinasiku di edisi ini. Cekidot.

Pengguna Ekslusif Hanya PNS Saja
Yang bisa masuk dan mendaftar sebagai pengguna hanya PNS saja + kepala pemerintahan (apakah itu Walikota,Bupati, Gubernur atau Presiden). Oleh karena itu, salah satu persyaratan untuk mendaftar adalah mencantumkan NIP (Nomor Induk Pegawai). Setiap PNS yang telah terdaftar, akan secara otomatis terhubung dengan rekan-rekannya satu SKPD( Dinas) di daerahnya. Jadi tak perlu harus menambah pertemanan kepada rekan satu SKPD, karena melalui data NIP yang terdapat pada basis data media sosial ini dapat menentukan seseorang berada di Dinas apa, daerah apa dsb.

Jadi misalkan, ada seseorang dari Dinas Pendapatan yang mendaftar di media sosial ini, maka setelah berhasil mendaftar dia akan otomatis berteman dengan temannya di Dinas Pendapatan yang sudah mendaftar sebelumnya dan juga dengan Kepala Dinasnya.

Media Sosial Terintegrasi Seluruh Indonesia
Media sosial ini nantinya, tidak hanya menghubungkan antara PNS pada satu Dinas di satu daerah saja, tapi juga dengan seluruh PNS di Indonesia. Dengan NIK yang sudah diolah oleh sistem, media sosial ini dapat membuat PNS di seluruh Indonesia berkomunikasi. Akan ada grup-grup dengan bidang yang tertentu, dan setiap PNS yang telah mendaftar akan secara otomatis masuk ke dalam grup dengan bidang yang sesuai dengan dinasnya.

Misalkan seorang pengguna, PNS dari Dinas Bina Marga akan secara otomatis akan tergabung dalam Grup Bina Marga Se-Indonesia. Di grup ini, PNS dari Dinas Bina Marga di sebuah kota dapat saling berbagi terkait masalah-masalah yang dialami saat melaksanakan tugasnya. Dengan itu, rekan PNS lainnya dari bidang yang sama yang mungkin telah mengalami hal yang sama juga dapat memberikan saran sehingga permasalahan itu dapat segera diselesaikan.

Kalo Ikut Pelatihan/Rapat/Seminar Buat Status Tentang Isi Materinya
Kita udah tahu sama tahulah, bahwa sekuat-kuatnya kita mengikuti Pelatihan/Rapat/Seminar, pasti kadang ada waktu kita sedikit jenuh dan kadang membuka medsos atau membuka portal berita online, untuk melihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Tak sering pula seseorang jika bosan, dia membuat status tentang sesuatu hal atau bahkan tentang kebosanannya itu sendiri.

Tapi bagaimana kalo, dia bukannya bercerita tentang kebosanan atau hal lainnya yang tidak terkaitan dengan kegiatan itu, tapi tentang apa poin-poin penting didapat dari kegiatan itu. Jadi kan statusnya jadi berguna dan bisa dibaca oleh rekan-rekan PNS atau Kepala bagian atau Kepala Dinas yang tidak ikut kegiatan itu. Jadinya semua bisa mendapat manfaat dari kegiatan itu, bukan keluhan.

Digitalisasi Data Pegawai dan Evaluasi Dua Arah
Pada saat ini sudah semakin banyak daerah yang sudah mengelola data pegawai melalui sebuah sistem informasi kepegawaian. Dengan adanya media sosial ini nantinya, pengelolaan data pegawai dapat dilakukan sekaligus dari awal mulai pendaftaran. Khusus data pegawai ini nantinya dapat dikelola oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di setiap daerah.

Tak hanya sistem informasi kepegawaian, beberapa daerah juga sudah punya sistem informasi untuk menilai dan mengevaluasi kinerja  dari PNS. Melalui media sosial ini nantinya, seorang atasan dapat mengevaluasi kinerja dari bawahannya, dengan fitur evaluasi yang sesuai dengan standar pemerintahan. Namun tak perlu khawatir juga, bagi bawahan yang  memiliki saran bagi pimpinannya  dapat memberikan saran kepada atasannya melalui fitur yang disediakan. Jadi ini membuat, setiap PNS yang ada dapat berbenah dan membuat pelayanan publik semakin maksimal.

Itulah hal yang kira-kira terpikirkan olehku kalau misalnya PNS punya media sosial sendiri. Jadinya kita bisa berharap, melalui media sosial kualitas dari pelayan masyarakat kita ini semakin baik ke depannya.  So, bila selama ini penggunaan media sosial seperti facebook dan kawan2 di batasi di kantor-kantor pemerintahan, maka akan berubah menjadi anjuran agar PNS rajin-rajin buka media sosialnya dan selalu mengupdate post di media sosialnya, karena media sosialnya memang dapat meningkatkan kualitas PNS kita.

Demikianlah ledakan imajinasi yang terjadi di otakku saat ini. Selamat menikmati hari bagi kita semua.
Sampai jumpa pada ledakan imajinasi selanjutnya.
DUAAAAAR............


sumber gambar: mediasosialterheboh.com,Kaskus.co.id

Game Petak Umpet Ala FPS (First Person Shooter)




"Dan kemudian terpikirlah aku, apa ada ya game petak umpet pernah dibuat oleh developer di Indonesia? Kalo kira-kira ada gamenya, gimana bentuk grafis dan gameplaynya ya?"


Halooo, apa kabar?
Kali ini aku mau sapa kepada teman-teman yang sedang menjalani ibadah puasa, semoga lancar terus ya puasanya. :)

Tidak terasa aku sudah sampai pada postingan yang ke-4. Eh apa hebatnya rupanya kalo postingan cuma 4? Gak, aku senang aja, akhirnya bisa buat artikel "cukup" rutin akhir-akhir ini. Lumayan seminggu bisa dapat 3 postingan kan. Daripada sepi terus ini blog :). Oh iya di 2 posting sebelumnya aku udah buat postingan tentang aplikasi SINAMOT dan SIMANTAN. Mau tau itu bagaimana aplikasinya, langsung cekidot aja ke situ.

Kali ini imajinasi yang muncul di kepalaku mungkin tidak dalam bentuk sistem informasi seperti dua artikel sebelumnya. Tapi ini lebih ke aplikasi game. Wah game apa kira-kira ya?. Game RTS semacam warcraft atau DOTA? Oh bukan. Ato game olahraga seperti FIFA atau PES? Memang enak bahas tentang game bola, tapi bukan juga. Lantas game apakah itu?

Game yang terlintas di benakku adalah game tradisional yang sudah pasti kita kenal semua, Petak Umpet. Aku rasa ini adalah nama nasional dari permainan  sembunyi-sembunyi-jaga ini, karena  di berbagai daerah di Indonesia, lain-lain kayaknya namanya. Kalo di tempat kelahiranku sendiri, di Kabanjahe Tanah Karo, nama permainan ini kami sebut alep cendong. Kalo di tempat teman-teman apa? Bolehlah kalian bilang di komentar ya :)

Kenapa aku terpikir tentang ini?
Jadi sekitar beberapa minggu yang lalu aku pulang ke kampung halamanku di Kabanjahe Tanah Karo. Ya biasalah kalo orang pulang kampung kan, pasti bawaannya mengenang masa lalu. Mulai dari kenangan masa kecil sampai kenangan di masa SMA juga turut aku kenang. Nah, pas aku mengenang kenangan masa SDlah, aku teringat bahwa dulu aku sering main petak umpet ini. Dan kemudian terpikirlah aku, apa ada ya game petak umpet pernah dibuat oleh developer di Indonesia? Kalo kira-kira ada gamenya, gimana bentuk grafis dan gameplaynya ya? Jadi mulailah terjadi letupan imajinasi dalam pikiranku. Mau tau seperti apa? Yok cekidot.

Format Game First Person View dan MultiPlayer
Ada yang tau gameplay First Person View atau yang sering juga dikatakan FPS (First Person Shooter) itu seperti apa? Kalau teman-teman pernah main game perang-perang kayak Call of Duty, Battlefield atau Counter Strike, itu kan dari karakter pemain yang kita mainkan cuma nampak tangannya aja sambil megang senjata kan. Jadi ibaratnya, kita sendiri yang langsung beperang disitu. Seperti itulah kira-kira dikatakan First Person View.

Jadi kalo petak umpet ini ada gamenya, maka aku pikir format inilah yang terbaik untuk dibuat pada game ini. Mengapa? Agar permainan petak umpetnya jadi seperti lebih nyata. Oh iya, apakah sama memang permainan petak umpet yang ada di daerah kami dengan di daerah teman-teman semua? aku ceritakan dululah ya kalau di tempat kami bagaimana cara bermainnya.

Jadi kalau di tempat kami, terlebih dahulu ada minimal 2 orang yang bermain. Karena paling sedikit harus ada satu yang menjaga markas (di tempat kami, kadang bisa 2 orang yang jaga markasnya). Jadi kalau memulai permainan, biasanya kami akan uang dan upiyang (kalau nama nasionalnya hom pim pah) terlebih dahulu untuk mendapatkan siapa yang akan jaga. Setelah dapat siapa yang jaga, maka si penjaga akan menutup mata dan menghitung sampai jumlah hitungan yang ditentukan, baru setelah itu dia bisa membuka mata dan mencari teman-teman yang sudah bersembunyi.

Di saat mencari, si penjaga tak boleh hanya sekedar mencari saja, tapi juga untuk menjaga markasnya. Jika si penjaga telah melihat seseorang dengan jelas dan yakin, maka dia akan segera meneriakkan namanya, dan berlari ke markas, dan jika berhasil menepuk markas sambil berkata "Cendong", maka orang yang disebutkan namanya akan berkesempatan bergantian menjadi penjaga di ronde berikutnya. Tetapi apabila, yang bersembunyi yang berhasil menepuk markas terlebih dahulu sambil berkata "Cendong" daripada si penjaga, maka dia tidak akan ikut dalam penentuan siapa yang akan jadi penjaga di ronde berikutnya.
*kira-kira kalian mengerti gak ya dengan penjelasanku diatas? :D

Jadi begitulah kira-kira alur permainan yang akan dituangkan ke dalam game ini nantinya. Untuk kontrol sendiri nantinya , kita bisa berlari, berjalan, mengendap-endap (bahkan bisa seperti stealth mode) agar kita bisa masuk ke dalam tempat lawan kita yang sedang menjaga tanpa ketahuan. Mode permainan juga bisa single player dan multiplayer. Kalau single player, maka lawan kita hanya mengendalikan satu pemain dan yang lainnya dikendalikan AI atau komputer. Tapi kalau dengan mode multiplayer maka kita bisa bermain dengan teman kita, baik via LAN ataupun online. 

Setiap Karakter Punya Nilai Skill dan Ability Berbeda
Ya, namanya juga game ya, pasti agak ada lebay-lebaynya sedikit. Jadi disini nanti, mungkin ada beberapa karakter yang bisa kita pakai. Setiap karakter berbeda-beda kadar kemampuannya. Ada yang cepat larinya, ada yang tajam penglihatannya, ada yang jago sembunyi gak gampang ketahuan dsb. Jadi masing-masing kemampuan ini akan dimiliki semua karakter, tapi akan berbeda nilainya sehingga akhirnya setiap karakter punya keunggulan masing-masing. Jadinya si pemain nantinya harus mengenal karakternya seperti apa, sehingga bisa menyesuaikan bagaimana harus berjaga atau bersembunyi.

Tersedia Map dan Lokasi Sembunyi Yang Beragam
Untuk lokasi bermain memang bisa beragam, asalkan ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi. Kalo kami dulu lokasi yang kami gunakan untuk bermain petak umpet ini adalah di sekitaran rumah, karena memang ada banyak lokasi untuk sembunyi. Oleh karena itu map yang yang disediakan juga beragam, bisa mulai dari sekitar rumah, di sekolah, di dalam kantor, di mall, sampai di gua-gua juga ada(gak apa2 kan, kan boleh lebay).

Setiap  map yang ada,  memiliki kerumitan yang berbeda-beda sehingga dapat berpengaruh pada durasi permainan setiap rondenya. Kerumitan dapat bergantung pada seberapa luas map dan banyaknya tempat bersembunyi. Oleh karena itu pemain boleh milih main di map mana.

Setting Durasi Permainan dan Kesulitan
Pada game ini, pemain dapat menentukan berapa lama durasi bermainnya. Jika durasi permainan telah habis, namun permainan belum usai, maka permainan dihentikan dan akan ditentukan poin-poin untuk masing-masing pemain. Jika pemain bermain dalam mode single player, maka dia juga dapat menentukan tingkat kesulitan AI yang menjadi lawan. Kesulitan AI mungkin disesuaikan dengan strategi-strategi bersembunyi atau menjaga mereka. Makin sulit level AI mungkin makin lihai dia bersembunyi dan berjaga.

----------------------

Jadi itulah kira-kira hal yang terpikirkan olehku, kalau misalnya petak umpet ada gamenya. Memang setiap hal ada positif dan negatifnya. Bisa aja game ini bakal ditolak, karena akhirnya main petak umpet pun sudah bisa di laptop saja, sehingga membuat aktivitas interaksi sosial secara langsung antar anak semakin berkurang. Tapi ada juga positifnya, bisa mempopulerkan kembali game tradisional ini kembali kepada generasi muda yang mungkin sudah jarang memainkannya. Ya itulah letupan imajinasi yang muncul di kepalaku pada saat ini.

Sekian yang dapat aku sampaikan. Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya.
Daaaa :)

sumber gambar : 
http://yogyakarta.panduanwisata.id
http://media.moddb.com

SIMANTAN (Sistem Informasi Manajemen Kenangan Mantan)




"... bagaimana ya kalo ada aplikasi yang bisa dipakai untuk mengenang memori indah bersama mantan, tanpa ada rasa malu?"


Haloo, semuanya.
Apa kabar kita di hari ini? Apakah sehat-sehat saja semuanya?

Kali ini  aku akan kembali berbagi tentang sebuah letupan dalam imajinasiku. Mau tau apa? Mari kita lihat :)
Kali ini aku berpikir tentang hal yang berkaitan dengan cinta-cintaan. Seperti judul artikel ini, aku berimajinasi, bagaimana kalau ada sebuah aplikasi untuk mengelola kenangan seseorang dengan sang mantan.

Tentu bagi kebanyakan orang move on dari mantan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Memang ada yang bisa cepat move on, baru putus langsung dapat pacar baru (kalo kayak gini ceritanya, kurasa dia pun putus karena ada orang ke-3 nya itu). Tetapi ada juga orang yang lama kali baru bisa move on, bisa sampe berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, atau malah sampe berdekade-dekade (ini lah cikal bakal jomblo forever kayaknya).

Nah, karena move on ternyata memang butuh waktu, maka aku pikir tidak ada salahnya kalau seseorang yang baru putus, mengingat kembali kenangan-kenangan yang pernah dilalui bersama mantannya. Apakah itu kenangan buruk atau kenangan indah, tidak masalah yang pasti kenangan itu adalah hal-hal yang membekas di hati. Nah, kalau kita mau mengenang, pasti kita mengenangnya sendiri. Okelah kalo memang si mantan, belum ada pacarnya lagi, bisalah sesekali mengenang masa lalu bersama. Tapi gimana kalau si mantan ternyata udah duluan move on dan udah punya pacar lagi? Ya malulah kita, kalo cerita-cerita kenangan masa lalu sama dia. Jadi bagaimana ya kalo begini kondisinya?

Oleh karena itulah, terpikir olehku,  bagaimana ya kalo ada aplikasi yang bisa dipakai untuk mengenang memori indah bersama mantan, tanpa ada rasa malu? Kalau ada aplikasinya, maka aku pikir, inilah fitur-fitur yang ada disini nantinya. Yok cekidot..

1. Fitur Testimoni "Dear Mantan"
Biasanya kita pakai kata dear, kalau buat surat ya, terutama kalau suratnya dalam bahasa inggris. Setelah ditulis "dear", maka setelah itu isi dan maksud surat pun mulai dituangkan.  Dear biasa dipakai untuk menyebutkan kepada siapa surat ini ditujukan untuk dibaca. Nah karena itu, fitur "Dear Mantan" ini berfungsi untuk menyampaikan isi hati seseorang, yang ingin diungkapkan kepada sang mantan. Jadi kan, kalau kamu pengen kali mengungkapkan sesuatu sama mantan, tapi gak berani atau malu mengungkapkannya, jadinya boleh dituliskan disini. Ya itung-itung udah walaupun gak bisa diungkapkan ke orangnya langsung, tapi minimal sudah dituangkan dalam kata-kata dan kamu bisa baca juga apa yang sebenarnya ada di hatimu.

Kamu bisa katakan harapan-harapanmu terhadap mantan disini. Mungkin ada pertanyaan-pertanyaan yang kamu masih belum dapat dari jawabannya dari mantan, pun bisa kamu tuliskan dengan fitur dear mantan ini. Pengen minta balikan tapi malu, juga tulis aja dulu disini. Kalau tiba saatnya kamu sudah berani untuk menyatakan isi hatimu kepada mantan, ya sudah, tidak perlu menulis lagi, langsung aja katakan padanya.

2.  Fitur I Feel You
Fitur "Dear Mantan" tadi bentuknya mungkin seperti status pada facebook. Jadi dia akan bisa dilihat orang lain. Akan ada banyak orang yang baru putus akan pakai aplikasi ini. So, mungkin saja tulisan dear mantan dari seseorang, juga mirip dengan yang dirasakan orang lain. Jadi kalau misalnya kamu lihat ada orang lain buat testimoni dengan dear mantan, dan ternyata testimoni itu menyentuh hatimu atau kamu juga merasakan hal yang sama dengan mantanmu, maka kamu dapat menekan tombol "I Feel You" pada testimoni tersebut. Ini tentu akan membantu setiap orang yang baru putus, karena mereka merasa tidak sendiri. Ternyata ada juga teman senasib sepenangggungan dalam cinta yang deritanya tiada akhir ini.

3. Fitur Hall Of Memory
Dengan fitur ini, kamu bisa upload kenangan kamu dengan mantan baik dalam bentuk foto, video ataupun rekaman suara. Kalo ada benda-benda seperti boneka, gantungan kunci, baju atau benda-benda fisik lainnya, kamu bisa poto dan upload disini. Setelah diupload, maka foto tersebut akan ditampilkan pada halaman "Hall Of Memory", bersama kenangan-kenangan milik orang lain. Jadi bentuknya seperti museum mantan gitu, tapi dalam bentuk online. 

4. Fitur Privacy dan Global Username
Nah, jadi kan aplikasi SIMANTAN ini bisa dipakai saja. Bisa aja nanti kalau sebenarnya kamu dan mantan kamu, sama-sama pakai aplikasi ini, kan bisa-bisa jadi bocor yang kamu telah tuliskan pada "Dear Mantan" atau yang kamu upload pada "Hall Of Memory". Oleh karena itu setiap post yang telah kamu buat dapat diset privasinya. Tak hanya itu, jika kamu memang betul-betul tidak ingin dikenal oleh siapa-siapa, maka kamu dapat menggunakan username yang telah disediakan oleh aplikasi ini

Jadi begini, di aplikasi ini nanti kamu harus memasukkan identitas pribadi yang asli. Tapi yang tampil pada menu profil kamu hanyalah username yang kamu buat. Kalau kamu memang siap kalau setiap postmu dibaca oleh orang yang mengenalmu, maka kamu boleh saja memakai username yang sama dengan username akun fb, instagram atau twittermu. Tetapi jika tidak, maka kamu dapat menggunakan global username. Global username ini adalah, username yang disediakan oleh aplikasi dan dapat dipakai oleh lebih dari satu pengguna. Jadinya bisa banyak yang pakai, dan tentunya orang lain tidak tau siapakah di balik username itu. Mungkin contoh global usernamenya ini kali ya: "@aku_yang_tersakiti, @mantan_terindah, @kesayanganmu, dsb.

5. Fitur "Ready For New Adventure"
"Thanks for the adventure - now go have a new one!"
Itu adalah salah satu quote yang terdapat dalam film up. Itu lho film yang rumah bisa terbang pakai balon. Jadi ceritanya Elly, istri Mr. Fredericksen kan sudah meninggal. Rupanya dia nulis sesuatu di album foto punyanya. Nah quote itulah yang ditulis oleh Elly untuk suaminya.

Nah kaitannya dengan mantan apa? Sebenarnya kalo boleh curcol, mantan akuh :D pernah nulis surat yang kayak gitu juga di akhir suratnya. Jadi cara dia buat nyuruh aku move on, ya dia bilang mulailah petualangan baru. Jadi aku pikir, fitur "Ready For New Adventure" ini juga bagus kalau ada di aplikasi SIMANTAN ini. Jadi fitur ini bentuknya kayak aktivator gitu. Aktivator New Adventure ini hanya akan akan aktif kalau kamu sudah siap menjalin hubungan dengan seseorang yang baru. Berarti kamu sudah siap untuk move on. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka semua testimoni "Dear mantan"mu dan juga semua yang kamu upload di "Hall Of Memory", akan diberi label "Telah Berakhir".

Nah itulah yang aku pikirkan kalau ada aplikasi untuk mengelola kenangan mantan. Bagaimana? Kalau ada aplikasi ini, apakah para mantan akan semakin cepat berkurang, atau malah jumlah jomblowan dan jomblowati akan semakin meningkat karena semakin tak bisa move on, karena semua hal yang di posting pada aplikasi ini? Aku pun tidak tahu. :D

Oke demikian dulu dari saya. Saya dan segenap kenangan_tak_terlupakan yang bertugas mohon undur diri.
Sampai jumpa dalam ledakan imajinasi selanjutnya :)

sumber gambar: wikihow.com

SINAMOT (Sistem Informasi Nilai Acuan Melamar Orang Toba) - Kalau Sinamot Ada Aplikasinya




"Yang aku mau lebih bahas disini adalah tentang imajinasiku, bagaimana ya jadinya kalo sinamot ini dijadikan aplikasinya."


Halo semua.

Apa kabar kita pada saat ini?
Pada postingan kali ini aku mau berbagi sedikit tentang apa yang aku mengerti tentang Suku Batak Toba. Walaupun isu tentang Karo Bukan Batak sedang hot sekarang, tapi bukan halangan bagiku seorang Karo untuk belajar apa yang terjadi pada suku Batak Toba.

Setiap suku memiliki ciri dan keunikan masing-masing. Baik dalam hal pakaian, rumah adat, lagu sampai adat perkawinan berbeda semua. Termasuk juga pada suku Batak Toba. Dan hal yang ingin aku ulas pada saat ini tentang suku Batak Toba adalah tentang salah satu bagian dalam sistem pelamarannya, yaitu sinamot.
Bagi yang belum tahu apa itu sinamot, tenang saja, karena aku akan berbagi apa yang aku tahu tentang sinamot itu sendiri (kalo aku salah, bersedia untuk diluruskan ;)). Sinamot adalah sebuah nominal yang ditentukan oleh pihak keluarga wanita untuk dibayarkan oleh pihak keluarga pria, sebagai tanda "pembelian". Pembelian? Apakah terjadi human traficking disini? Oh tidak.

Pada adat Batak Toba yang juga mirip dengan suku Karo, memang apabila seorang pria ingin melamar seorang wanita, maka si pria dianggap akan " membeli" dalam artian menjadikan si wanita itu milik si pria. Karena sistem keturunan Batak Toba itu adalah patrineal, maka seorang wanita yang sudah menikah atau "dibeli" sudah turut dalam marga suaminya, sudah dianggap tidak lagi berada pada marga orangtuanya. Oleh karena itulah mengapa ada sistem ini.

Itulah sekilas yang aku mengerti tentang sinamot ini. Aku gak akan bahas lebih dalam lagi, karena memang aku juga tidak terlalu mengerti semuanya. Yang aku mau lebih bahas disini adalah tentang imajinasiku, bagaimana ya jadinya kalo sinamot ini dijadikan aplikasinya. Pasti akan sangat bermanfaat.
Kita buatlah nama aplikasinya SINAMOT alias Sistem Informasi Nilai Acuan Melamar Orang Toba. Mau tau apa fitur-fiturnya? Yok kita Cekidot.

1. E-sinamot
Biasanya kalo ada kata "e" di depan suatu tulisan, biasanya itu berkaitan dengan elektronik dan bisa juga dengan internet. Jadi kalo ini namanya e-sinamot, maka berarti sinamot ini adalah sinamot elektronik. Jadi sinamotnya bukan dalam bentuk uang fisik, tapi dalam bentuk elektrik, jadi kayak pulsa gitu. Untuk mengisinya, si pria dapat mengirim melalui bank, dan secara otomatis akan tersimpan sebagai saldo pada aplikasi. Jadi kalo pas mau nikah, si pria bisa bilang sama calon mertuanya: "sinamotnya udah aku transfer ya tulang, coba tulang refresh aplikasinya".

2. Sinamot Calculator
Fitur ini berfungsi untuk menghitung nilai sinamot dengan rumus yang sudah ditentukan. Jadi sinamot tidak ditentukan dengan tafsiran, tapi sudah ada "kali-kalinya". Pengalinya bisa diambil dari jenjang studinya, anak ke berapa, apa pekerjaannya, usia berapa, berapa pariban yang kenak tekong,  dsb. Jadinya kalo seorang pria, lagi pdkt dengan seorang wanita, dia bisa sambil tanya2 faktor pengali itu dan kemudian bisa langsung menghitung berapa sinamot yang harus dibayarkan jika memang akhirnya jodoh dan ingin melamar si wanita. Jadinya dari awal pdkt pun, si pria udah bisa mulai nabung, kira2 berapa "modal" buat dia nikah nantinya.

3. Sinamot Planner
Kalau si pria sudah tau berapa kira2 sinamot yang bakal dia harus capai, maka selanjutnya dia bisa menggunakan fitur sinamot planner. Dengan memasukkan bulan dan tahun rencana ingin menikah, serta jumlah sinamot maka aplikasi akan mengolah data tersebut dan akan mengeluarkan berapa target bulanan dan tahunan yang harus dicapai.

4. Sinamot Warrior Forum (SWF)
Sinamot warrior bisa diartikan pejuang sinamot. Jadi boleh dibilang kalo SWF ini adalah forum dimana para pria pejuang sinamot dapat berbagi pengalaman-pengalaman mereka saat mengumpulkan sinamot. Jadi disini pejuang sinamot bisa curcol sepuasnya. Tentu sesama pejuang sinamot dapat lebih saling memahami satu sama lain, juga saling menguatkan.

5. Sinamot Donation
Tak menutup kemungkinan bagi para pejuang sinamot, dapat berbagi sinamot dengan pejuang lainnya. Jadi misalnya ada pejuang sinamot yang sudah kepepet jadwal nikahnya, tapi sinamotnya masih belum memenuhi kuota. Jadi bagi pejuang sinamot yang punya kelebihan sinamot, bisa mendonasikan jumlah sinamot yang dimilikinya kepada pejuang yang kekurangan tersebut. Cukup dengan membuka profil si pejuang, dan kemudian menekan tombol donasi, pejuang donatur dapat menentukan berapa jumlah sinamot yang akan didonasikan.

Jadi demikianlah pemikiranku kalo sinamot mau dibuat aplikasinya. Seluruh penjelasan diatas, sama sekali tidak bermaksud untuk merendahkan atau menyinggung suku Batak Toba. Itu hanyalah luapan imajinasiku, yang sempat terpikir di kala membahas rencana pembuatan sistem informasi di kantor.
Jadi apakah suatu saat ini akan betul-betul terlaksana? Aku pun tidak tahu. Tapi sekiranya ada yang mau membuat, mungkin post ini bisa jadi bahan pertimbangan.

Sampai jumpa di ledakan imajinasi selanjutnya :)

 (sumber gambar: http://ermor.blogspot.co.id)
 

Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7

Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dal...