Aplikasi Pengecekan Tugas Luar Karyawan




"Oleh karena itu, terjadilah ledakan imajinasi dalam pikiranku. Bagaimana ya kalau dibuat saja aplikasi untuk mengecek aktivitas tugas luar yang dilakukan oleh karyawan"


Aloha, apa kabar.


Udah lama juga gak buat postingan aku. Padahal kemaren udah komit, mau seminggu sekali ngepost artikel tentang ledakan imajinasi. Memang gak gampang untuk konsisten ya. Seringkali imajinasi sudah meledak di kepala, tapi karena ada kesibukan suka menunda-nunda, akhirnya menyesal kemudian :D Oke, kali ini aku mau berjuang lagi untuk konsisten. :)

Kali ini aku mau bahas tentang hal yang berkaitan dengan kantor dan karyawan. Di kantor-kantor seperti kantor konsultan tempat aku bekerja, seringkali pegawai-pegawai pergi ke luar di jam kerja. Pegawai pergi bukan untuk main-main lho, tapi bisa karena mengerjakan pekerjaan, seperti menjumpai klien untuk diskusi, mengecek dan memperbaiki perangkat fisik serta melakukan instalasi aplikasi. Biasanya seorang pemimpin, akan selalu mengecek kemana karyawannya pergi dan apa pekerjaan yang akan dilakukannya. Proses pengecekan ini seringkali dilakukan secara manual, dengan cara bertanya kepada karyawan langsung atau kepala/manajer divisinya.

Melihat ini aku berpikir, kan agak repot juga kalo mengecek begini caranya, karena belum tentu yang mau ditanya bisa dijumpai. Dan terkadang saat membuat laporan, si karyawan juga lupa kapan pernah pergi ke luar. Oleh karena itu, terjadilah ledakan imajinasi dalam pikiranku. Bagaimana ya kalau dibuat saja aplikasi untuk mengecek aktivitas tugas luar yang dilakukan oleh karyawan. Mau tau fiturnya seperti apa? Mari kita cekibro.

1. Fitur Going
Sebelumnya setiap karyawan telah terdaftar di aplikasi ini. Jadi masing-masing sudah memiliki akun sendiri. Setiap karyawan yang akan pergi ke luar, harus login kedalam aplikasi kemudian memasukkan lokasi tujuan dia akan pergi. Setelah lokasi ditentukan, karyawan kemudian mengisi kepada siapa dia akan  bertemu dan apa yang akan dilakukan disana. Setelah berhasil dimasukkan, maka aplikasi akan mencetak sebuah form yang berisi keterangan yang telah dimasukkan oleh karyawan. Form ini nantinya akan menjadi bukti bahwa si karyawan melakukan pekerjaan di luar kantor. Pada form terdapat bagian yang harus ditandatangani oleh orang yang ditemui, sehingga kegiatan ini menjadi valid dan dapat dipertanggung jawabkan.
Khusus untuk karyawan yang akan pergi ke luar kota, harus mencantumkan tanggal kepulangan ke kantor sehingga memudahkan aplikasi melakukan perhitungan insentif, fitur yang juga dimiliki aplikasi ini.

2. Fitur Coming
Setelah selesai mengerjakan pekerjaan di luar, maka karyawan akan kembali ke kantor. Sesampainya di kantor, si karyawan harus kembali login ke aplikasi dan memasukkan apa hasil yang diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan di luar. Jika terdapat kendala-kendala ataupun gagal berjumpa, tetap keterangan  dimasukkan disini. Jika terdapat lampiran, maka karyawan harus mencantumkan berkas-berkas apa saja yang terlampir sebagai hasil pekerjaan. Form yang telah ditandatangani oleh klien yang dijumpai di scan melalui aplikasi sehingga buktinya tersimpan pada basis data aplikasi.

3. Fitur Kontrol
Fitur kontrol ini dapat diakses oleh seorang pemimpin perusahaan. Dalam tampilan kontrol ini, si pemimpin dapat melihat kemana saja perginya karyawannya, apa yang dia kerjakan dan apa hasilnya. Ini tentu memudahkan kerja pemimpin, karena tidak perlu repot harus selalu bertanya kepada tiap orang dan mengingat-ingat apa hasil yang dikerjakan karyawannya di luar. Setiap hasil yang telah dilaporkan karyawan ke dalam aplikasi, akan membantu si pemimpin dalam menentukan keputusan-keputusan yang diambil terkait kegiatan yang sedang ditangani.

4. Fitur Insentif Counting
Beberapa perusahaan memberikan insentif bila karyawannya melakukan perjalanan ke luar kota. Oleh karena itu, aplikasi ini juga akan menghitung berapa insentif yang akan didapatkan si karyawan bila dia melakukan perjalanan ke luar kota. Perhitungan akan dilakukan dengan menghitung tanggal berangkat dan tanggal kepulangan yang telah dimasukkan melalui fitur Going sebelum berangkat. Jika ternyata waktu realisasi pengerjaan tugas luar melebihi tanggal yang telah dimasukkan, maka sistem akan membuat perhitungan tambahan, yang turut ditentukan oleh pertimbangan si pemimpin. Karena kejadian di lapangan bisa bermacam-macam, oleh karena itu campur tangan manusia perlu ada disini.

5. Fitur Rekapitulasi
Dengan tersimpannya informasi dalam basis data aplikasi, karyawan akan lebih mudah dalam membuat laporan akhir tahun, berapa kali kunjungan yang dilaksanakan serta berapa kunjungan yang berhasil atau gagal. Ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan  pekerjaan ke depannya. 

-----------

Nah, itulah ledakan yang terjadi di kepalaku saat ini. Bagaimana, apakah ada yang tertarik dengan aplikasi ini. Aku rasa aplikasi ini dapat direalisasikan dan sangat membantu terutama pihak eksekutif dalam memimpin perusahaan/instansinya. Kamu punya saran atas ledakan imajinasi ini? Yok tuliskan di komentar tanggapanmu.

Okelah ya kalau begitu, sampai disini dulu ledakannya.
Kita jumpa lagi di ledakan imajinasi berikutnya :)
Ciao..

sumber gambar : expertbeacon.com

Aplikasi Pojok WB (Warung Blogger)





"Oh iya, bagaimana ya kalau misalnya nanti, grup Pojok WB ini tidak lagi dalam aplikasi whatsapp, tapi bakal punya aplikasi sendiri?"



Halo, apa kabar semua.
Kembali lagi di blogku Ledakan Imajinasi :)
Apakah kalian sedang merasakan ledakan imajinasi di dalam kepala kalian pada saat ini? Sini bagi samaku, biar sama-sama kita ledakkan, biar ledakannya semakin asoy. *asoy, emang dangdut

Oke, kali ini aku akan berbagi ledakan imajinasi yang terjadi di kepalaku. Seperti yang sudah aku ceritakan di postinganku sebelumnya, bahwa aku bergabung di sebuah grup blogger di whatsapp. Grup ini dinamakan Pojok WB. Pojok WB itu sendiri kepanjangannya adalah Pojok Wanda-Bena Warung Blogger. Nah di grup ini sendiri ada rule-rule yang harus dipatuhi oleh setiap anggota. Setiap hari memiliki tema yang berbeda.  Adapun tema setiap harinya adalah berikut:

Senin : Hari berbahasa Indonesia yang baik dan benar
Di hari ini, setiap anggota harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap kata yang digunakan pun haruslah kata yang sudah berada dalam standar EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Jadi siapa yang ngechat pake bahasa gaul/slank bakal dikasi peringatan. Kalo sampe 3 kali, maka akan diberikan hukuman. Hukuman yang berlaku disini, wajib membuat sebuah post blog sesuai dengan tema yang akan ditentukan oleh admin.

Selasa dan Jumat : Hari berbagi postingan blog dan wajib komentar
Sebelum sampai pada hari wajib komentar, admin akan mendaftarkan anggota yang mau dimasukkan pada list wajib komentar. Kemudian admin akan menentukan tanggal dimana anggota wajib memberikan 1 post blog yang berumur paling lama satu bulan, yang wajib dikomentari oleh setiap anggota yang namanya berada dalam list. Bagi yang tidak berada dalam list, tidak diwajibkan mengisi. Bagi anggota yang tidak melakukan kewajiban komentar, maka akan mendapat hukuman dari admin berupa dikeluarkan dari list ini. Event ini dilaksanakan setiap hari selasa dan jumat setiap minggunya.

Rabu : Hari membahas buku, film, musik dsb.
Biasanya di hari rabu, para anggota akan berbagi ulasan tentang buku, film atau musik. Jika ada anggota yang berkenan menjadi narasumber, maka dia dapat memaparkan ulasan tentang sebuah  buku, film atau musik, kemudian anggota yang lain dapat bertanya.

Kamis : English Day
Konon kabarnya, ini adalah salah satu hari yang kurang ramai di kalangan anggota Pojok WB. Mungkin karena kebiasaan anggota yang cepat-cepat kalo ngetik chat, makanya jadi malas buat ngetik kalo pake bahasa Inggris. Soalnya lama ngetiknya mungkin ya, harus cari bahasa inggris dari kata dulu, mikir-mikir grammar yang benar, dsb.

Sabtu: Hari Diskusi Blog, Tips dan Trik
Ini adalah hari menuntut ilmu. Harap dicatat, bahwa Pojok WB bukanlah grup yang khusus membahas tentang tips dan trik dalam memaksimalkan potensi blogging. Ini adalah grup santai blogger. Jadi, hari yang khusus membahas tentang segala yang berkaitan dengan blogging (baik dari segi penulisan, meningkatkan traffic, dsb) adalah hari sabtu. Sama dengan hari rabu, disini biasanya ada narasumber yang akan memaparkan tips dan triknya, kemudian anggota yang lain dapat melakukan tanya jawab.

Minggu: Hari Curhat
Bebas mau curhat apa saja di hari ini. Setiap anggota menyampaikan keluh-kesah yang dialami dan anggota yang lain siap membaca dan memberikan support.

Nah, itulah tema yang wajib diikuti oleh setiap anggota dalam grup ini. Jika anggota membahas yang jauh melenceng dari tema harian, maka admin akan mengingatkan. Kembali ke ledakan imajinasiku. Jadi sebenar hari ini adalah giliranku untuk berbagi postingan di hari wajib komentar. Aku berpikir, mau buat postingan tentang apa ya? Lalu kemudian, terjadilah letupan-letupan imajinasi dalam kepalaku. Oh iya, bagaimana ya kalau misalnya nanti, grup Pojok WB ini tidak lagi dalam aplikasi whatsapp, tapi bakal punya aplikasi sendiri? Kalau ada, apa aja fiturnya? Mau tau bagaiamana? yok kita cekidrot ledakan imajinasiku berikut ini:

1. Fitur Tematik Harian
Nah, kalau di grup whatsapp kan tema harian ditentukan oleh admin dan akan diawasi oleh admin itu sendiri. Tapi seringkali karena banyak sekali yang sudah chat, maka tak bisa semua dikontrol oleh admin. Dengan adanya fitur tematik ini nantinya, setiap tema akan dikontrol oleh aplikasi. Jadi aplikasi juga yang akan mengawasi dan melihat, bila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh anggota. Kontrol yang dapat dilakukan oleh aplikasi setiap harinya, adalah sebagai berikut:

Senin : Hari berbahasa Indonesia yang baik benar
Setiap kata dan kalimat yang telah dikirim oleh anggota, akan dicek secara otomatis oleh aplikasi dengan standar kaidah dan tata bahasa, bahasa Indonesia. Misal untuk pengecekan sebuah kata baku atau tidak. Jadinya aplikasi sudah memiliki database kata yang sudah terdaftar dalam KBBI atau yang sesuai dengan standar EBI. Bila terjadi kesalahan penulisan, maka aplikasi akan mencatat kesalahan oleh siapa dan akan memberikan rekapitulasinya kepada admin. Pengecekan kalimat efektif, ketepatan penggunaan tanda baca, dsb juga memungkinkan untuk dilakukan aplikasi ini.

Selasa dan Jumat: Hari berbagi postingan blog dan wajib komentar
Disini sudah ada menu khusus dimana setiap anggota yang mau mendaftar di list wajib komentar. Saat mendaftar, anggota wajib memasukkan akun sosial media atau blog yang sering digunakan untuk memberikan komentar. Sebelum jadwal berbagi secara otomatis dibuat oleh aplikasi, terlebih dahulu admin akan mem-verifikasi apakah anggota tersebut dapat mengikuti event ini, dengan pertimbangan kesalahan yang pernah dilakukan oleh anggota pada event di jadwal sebelumnya.

Pada jam yang sudah ditentukan oleh admin, nantinya aplikasi akan melakukan pemindaian terhadap setiap postingan yang telah dimasukkan oleh anggota yang berkewajiban membagikan postingan blog. Pemindaian yang dilakukan berfungsi untuk mengecek, apakah semua anggota yang namanya terlist sudah memberikan komentar atau belum pada postingan tersebut. Aplikasi akan mengetahui siapa saja yang belum memberikan komentar, karena sebelumnya setiap anggota yang terdaftar sudah memberikan akun yang sering dipakai untuk memberikan komentar.
Setiap anggota yang tidak memberikan komentar sampai jam yang sudah ditentukan, akan dilaporkan kepada admin.

Rabu : Hari membahas buku, film, musik dsb.
Aplikasi ini akan memiliki IMDB atau rotten tomatoesnya sendiri. Setiap anggota dapat mendaftarkan film/buku yang dia pilih, kemudian anggota lain dapat berkomentar tentang film/buku tersebut. Anggota juga dapat memberikan rating terhadap film/buku dengan skala dari 1-10. Untuk musik, akan terdapat daftar tangga lagu teratas setiap minggu, bulan atau tahun. Informasi ini tentu didapatkan dari sumber yang terpercaya.

Kamis : English Day
Mirip dengan hari senin, di hari ini aplikasi akan melakukan pengecekan terhadap setiap teks kiriman anggota, apakah sudah sesuai dengan grammar bahasa Inggris. Tidak ada hukuman terhadap anggota yang salah mengetikkan kata atau kalimat. Jadinya pengguna dapat leluasa menggunakan bahasa Inggris.

Sabtu: Hari Diskusi Blog, Tips dan Trik
Setiap tips dan trik akan dibuat threadnya sendiri-sendiri. Jadinya apabila anggota ingin mengulangi membaca tips dan trik yang pernah ada sebelumnya, anggota tidak perlu menscroll jauh sekali untuk mencari informasi tersebut. Cukup lakukan pencarian kata kunci untuk mencari judul thread yang diinginkan dan aplikasi akan memberikannya.

Minggu: Hari Curhat
Saya bingung, kalau orang mau curhat, mau dikasi fitur apa :D Mungkin lebih baik diberikan semangat atau bahu untuk bersandar ya. XD

2. Fitur Cek Keaktifan
Isu keaktifan anggota, sering dibahas disini. Sering ada banyak anggota yang hanya jadi silent reader. Oleh karena itu, aplikasi akan melakukan penghitungan terhadap jumlah interaksi yang dilakukan oleh anggota, misalnya berapa kali dia melakukan chat, berapa thread yang dibuat pada hari rabu, berapa kali memberikan rate, dsb. Dari situ nanti akan ketahuan, si anggota akan aktif atau tidak. Bila anggota tidak aktif, admin akan mendapat laporan dan bisa berkomunikasi dengan si anggota, apa yang menjadi kendala terhadap keaktifannya.

3. Fitur Profil
Setiap anggota yang terdaftar dalam grup ini, akan memiliki menu profil masing-masing. Setiap anggota dapat saling berinteraksi dan memberikan testimoni terhadap anggota tersebut. Seperti Friendster zaman dulu.

4. Fitur Berita dan Pengumuman
Disini, setiap pengumuman berupa event-event kopdar blogger, lomba dsb akan ditampilkan. Bila ada anggota yang ingin turut memberikan informasi, dapat langsung memposting disini. Namun sebelum diverifikasi oleh admin, berita tersebut tidak akan muncul pada aplikasi, karena kelayakan sebuah berita harus di verifikasi oleh admin, untuk menghindarkan masalah di kemudian waktu.
Kalau ada anggota yang akan menikah, baru lahiran, mau sidang dll, juga bisa dikabarkan disini.

Jadi itulah ledakan imajinasi yang terjadi di kepalaku saat ini. Memang ada banyak sekali fitur yang gak gampang buatnya, apalagi pengecekan tata bahasa itu. Google translate aja juga masih ngos-ngosan sekarang. Tapi ya namanya juga berimajinasi, ya kan. Manatau ini bisa terealisasi di masa yang akan datang :)

Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya :)

sumber gambar: warungblogger.com

Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7

Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dal...