Aplikasi Pesaing Bigo Live - Ngigo Live


"Akhirnya terjadilah letupan imajinasi dalam pikiranku. Kayaknya bisa juga dibuat aplikasi tentang ngigo ini, dan saingan sama bigo."


Halo.
Selamat malam bagi kita semua?
Medan lagi hujan ini. Memang sudah hampir 2 bulan ini kondisinya begini terus. Dari pagi cerah, eh malamnya hujan deras sekali. Disini hujannya sampai bikin banjir juga lho. Padahal di kampungku lagi butuh air untuk tanaman di ladang, eh malah hujan gak turun-turun. Sepertinya perlu buat aplikasi untuk pengatur hujan ini.

Tapi eits. Ledakan imajinasi yang aku mau sampaikan saat ini bukan tentang aplikasi pengatur hujan ya. Ada ledakan yang lain yang sedang terjadi dalam kepalaku saat ini. Jadi, 2 hari yang lalu aku cerita sama teman di kantor, tentang kebiasaan tidur. Awalnya salah seorang temanku yang bernama bang Alan Simatupang (penyanyi asli merangap, dan saingan berat Alsant nababan yang nyanyikan lagu aransemen Viky Sianipar "Aut boi nian"), temannya yang mau ngigo (ngigau) sambil berjalan.

Mendengar kata ngigo, aku pun jadi teringat sama aplikasi bigo, yang lagi terkenal itu. Akhirnya terjadilah letupan imajinasi dalam pikiranku. Kayaknya bisa juga dibuat aplikasi tentang ngigo ini, dan saingan sama bigo. Kalau memang ada aplikasinya, kira-kira apa fiturnya ya? Mau tau? Ayok kita cekigo..

1. Fitur Live ngigo
Kalo Bigo Live kan kita udah tau itu aplikasi apa ya? Di instagram sering ada iklannya itu. Bigo Live itu aplikasi streaming. Apa yang distreamingkan? Ya bebas, terserah si pemilik akun. Jadi nanti kalau ada yang live, akun lain bisa streaming. Mau live nyuci baju? boleh. Live bakar sampah? boleh. Nah terserah. Mau bakar baju sambil nyuci sampah pun boleh.

Nah, aplikasi ngigo ini pun gak mau kalah. Setiap pengguna dapat mengisi kontennya dengan bebas. Tapi bebasnya dilakukan dengan tidak sadar. Loh? Ya iyalah, kan yang ditayangkan disini live streaming orang ngigau. Ya, jadinya si pemilik akun harus tidur dulu. Abis dia tidur dan mulai ngigau, barulah mulai acaranya. Mau dia ngigau bagaimana ya bebas, tergantung apa yang dialaminya di jam-jam sebelumnya. Kalau lagi kasmaran, mungkin ngigaunya sambil nyanyi lagu Kesempurnaan Cinta. Kalo yang masih gagal move on, bisa jadi dia malah nyanyi We don't talk anymore. Yang besoknya mau ikut pilgub, bisa jadi ngigaunya sambil kampenye gitu. So, betulan kan, bebas tapi tak sadar?

2. Fitur Premium : Live Dreaming
Fitur yang ini, aku terinspirasi dari komik Doraemon. Jadi ada satu cerita dimana Doraemon ngeluarkan alat yang bisa menampilkan isi mimpi seseorang. Kenapa fitur ini dibuat premium? Ya karena pastinya tayangannya udah kayak film-film. Kan kalo kita mimpi serasa betulan kan? Jadinya streamingnya lebih elegan. Streaming mimpi ini juga bakal ada sistem rating dan age restrictionnya. Karena kan namanya mimpi, bisa aja mimpi banjir. Jadinya, kalo udah mimpi banjir yang tayang, maka aplikasi akan segera menghentikan tayangan bagi pengguna yang belum cukup umur.
  
3. Fitur Challenge
Kok ada fitur challenge disini? Yup, disini bakal ada tantang menantang. Terutama bagi yang sering gak mau ngaku tidurnya ngorok. Ada lho orang yang gak mau ngaku dia tidur ngorok. Dan banyak juga orang yang gak ngaku suara ngoroknya besar sekali, sampai-sampai terdengar ke madagaskar * emang letusan gunung krakatau? Jadi dengan fitur ini, kamu bisa menantang teman kamu untuk membuktikan bahwa ngorokmu tak sekeras yang orang-orang katakan. Misalnya orang bilang level ngorokmu level 10. Kamu bisa buktikan, bahwa tidak sekeras itu. Aplikasi ini selain dapat memberikan tayangan ngorok live, juga mampu menghitung level ngorokmu dengan perhitungan nilai desibel. Keren kan?

4. Fitur Bantal
Kalau di bigo ada love dan koin, maka di ngigo ada bantal. Kalau penonton menganggap ngigau seseorang asyik, maka dia dapat menimpuki si pemilik ngigau dengan bantal. Bantal ini berfungsi membuat si pengigau tidur semakin lelap, sehingga peluang untuk bangunnya jadi lebih kecil. Kan bisa aja ntah si pengigau lagi nyanyi, lagunya belum abis, eh si pengigau udah mau kebangun. Atau lagi ada informasi inteligen yang mau digali dari orang itu, jadinya perlu dibuat tidur terus biar cepat selesai kasusnya yang sudah berjalan sampe 27 kali sidang. *iykwim

Nah, itu dia beberapa fitur yang ada kalo ada aplikasi Ngigo Live. Gimana, berguna sekali kan aplikasinya? Sepertinya tidak :D.
Ya gak apa-apalah, aku juga buat ini karena lagi meledak aja imajinasiku. Mana ada yang mau dikepoin orang pas lagi tidur. Apalagi sampai mimpinya ditayangkan? Ya gak maulah. Di aplikasi aja gak mau, apalagi di videotron *upss

Demikianlah ledakan imajinasiku kali ini. Kita ketemu lagi di ledakan imajinasi berikutnya.
Daaaa :)

sumber gambar : pojoksatu.id

Mesin Pembuat Sambal



"Karena itu aku kepikiranlah, gimana ya kalau ada mesin yang bisa membuat sambal secara otomatis."



Haalooo.
Ketemu lagi di ledakan imajinasi :)
Setelah buat beberapa ledakan imajinasi, banyak responden *responden bah, macam buat kuesioner  aja :D* yang menyampaikan, REALISASIKAN. Yah, aku akui memang setelah buat banyak ledakan imajinasi, ada juga keinginan untuk membuat ledakan ini jadi nyata. Tapi aku punya sedikit kekurangan sih di masalah eksekusi. Karena kadang malaaaaas sekali untuk memulai merealisasikannya. Memang kalo prokastinator akut, ya begini. Semogalah aku bisa akhirnya realisasikan.

Kalian udah makan semua? Kalo udah makan, apa ikan kalian? Boleh aku datang ikutan makan? Belum makan ini :D Ngomong-ngomong tentang makan kan, aku mau cerita sedikit tentang makanan yang aku suka. Boleh kan? :) Aku suka sekali makanan yang pakai sambal dan sambalnya pedas. Kalo ada sambalnya, makanan yang kurang enak pun bisa termakan jadinya. Karena kalau pake sambal, rasa yang kurang cocok dilidah, bisa teralihkan.

Nah, aku kan suka makanan yang bersambal.  Tapi belum kutemukan pulak pasangan hidup yang pande buat sambal. :D Jadi paling mungkin aku beli ato ya buat sendiri sambalnya. Pernah kucoba buat-buat sambal kemarin, tapi gak enak hasilnya. Udah capek ngulek, tak jadi pulak sambalnya. Karena itu aku kepikiranlah, gimana ya kalau ada mesin yang bisa membuat sambal secara otomatis. Kalau ada mesinnya, kira-kira gimana cara kerjanya ya? Mau tau? yok kita cekidot ledakan imajinasiku berikut ini :)

1. Bukan Blender Tapi Ulekan Semi Automatic
Aku rasa teman-teman sudah tahulah gimana rasanya kalau cabe di blender begitu saja kan. Kayak ada pahit-pahitnya gitu. Sambal yang enak itu, kalo diulek manual. Nah nanti mesin ini akan memiliki kemampuan mengulek sambal layaknya ulekan tukang sambal profesional. Jadinya sambal yang dihasilkan rasanya mantap dan tidak pahit. Mekanismenya akan dibuat seperti cara tangan manusia mengulek. Kenapa namanya Ulekan Semi Automatic. Biar keren aja, kayak senjata gitu kan :D

2. Metode Ulekan Yang Variatif
Cara ngulek kan juga beda-beda ya. Misalnya mau buat sambal pecal, berarti kan kacangnya harus ditumbuk sampai cukup hancur. Berarti cara nguleknya juga harus lebih keras biar hancur juga kacangnya. Kalo misal sambal yang mau dibuat cabenya gak perlu hancur-hancur amat, ya mesin ini ngulek juga gak sampai hancur. Metode ulekan akan tergantung pada jenis sambal yang akan dipilih pengguna. Gimana cara pilih sambalnya? Aku akan jelaskan di bagian bawah.

3. Punya pemanas dan penggorengan
Sambal kan macam-macam ini dan gak semuanya bisa disantap dengan hanya mengulek saja. Oleh karena itu, mesin ini juga dilengkapi dengan pemanas dan juga penggorengan. Kalau cabenya perlu direbus dulu, maka bisa juga pakai mesin ini. Begitu juga kalau sambal yang sudah selesai diulek, perlu digoreng, maka bisa juga pakai mesin ini. Jadinya varian sambal yang bisa dibuat semakin banyak

4. Memiliki Algoritma Sambal-sambal
Apalah pulak algoritma sambal-sambal :D Harap maklumlah ya, karena aku kan anak komputer gitu.. *apaaa, orangtuaku komputer? Ampun maak :D* Algoritma itu kan langkah-langkah penyelesaian masalah. Jadi algoritma sambal-sambal ya maksudku resep buat sambal. Jadinya nanti mesin ini punya database resep berbagai macam sambal, baik yang nusantara ataupun luar negeri punya. Kenapa ini perlu ada? Karena cara membuat sambal tak semua sama. Ada urutan-urutan pengerjaan yang harus ditaati supaya hasilnya betul. Misal, kalau sebelum diulek, cabenya di rebus dulu. Nah, nantinya dibawah mesin ini ada semacam monitor kecilnya gitu. Jadi sebelum mulai mengulek, mesin akan minta mau buat sambal yang mana. Kalau sudah dipilih, maka mesin akan memberikan instruksi untuk memasukkan apa saja dengan cara memunculkan di monitor.

5. Punya Fitur Lagu Sambalado
Fitur apa-apaan ini? Biar gak bosan pas nunggu mesinnya mengulek, mesin ini akan memutar lagu sambalado selama proses pengulekan. Jadinya sambil nunggu selesai, kita bisa jadi joget-joget dulu. *alaah Sambal. "sambala sambala bala sambaladoterasa pedas, terasa panas.."

Nah, gimana ledakan imajinasinya? Sepakat gak kalian kalau ada mesin pembuat sambal ini? Kalo aku sih sepakat sekali. Selain mudah, makan pun jadi terasa enak setiap hari karena ada sambal yang menemani. Tinggal nunggu seorang gadis yang mau jadi ganti sambal #ehh

Okelah kalau begitu. Sekian dulu ledakan imajinasinya ya.
Sampai jumpa di ledakan berikutnya :)

sumber gambar : wikimedia.org

Aplikasi Pengontrol Berat Badan dan Diet





". Sampai-sampai ada yang meledak imajinasinya, bagaimana kalau ada aplikasi pengontrol berat badan."


Halo..
Selamat malam bagi kita semua. Kenapa selamat malam? Karena aku buat postingan ini malam-malam. Kalau pas pagi atau siang kalian baca post ini, balas aja selamat pagi atau selamat siang ya. Gak marah kok aku :D

Gak terasa sekarang sudah bulan 9 ya. Kalau misalnya kita lihat kebiasaan-kebiasaan orang di awal tahun, seringkali banyak yang buat resolusi. Dibuatlah tanggal 1 januari sebagai hari pertama resolusinya. Dan sekarang udah nyampe di sekitar hari ke-240-an. Ntah gagal ntah berhasil pun resolusinya tadi, hanya orang itu yang tahu. Atau ada diantara kita yang ngelakukan resolusi seperti ini juga?

Ngomong-ngomong tentang resolusi, resolusi yang dibuat setiap orang memang berbeda. Ada yang maunya selesai skripsinya tahun ini. Ada yang resolusinya mau dapat kerja tahun ini. Ada juga yang mau dapat jodoh, ADA. Juga, ada yang mau diet, target berat badan turun dan stabil. Aku gak tau apakah Mbak Bena (vlogger, blogger kuliner+travel dan jubir pojok wb)  membuat resolusi yang terakhir ini juga di awal tahun 2016 ini. Soalnya dia yang mulai curhat di hari minggu, tentang berat badan. Alhasil ramailah grup membahas tentang berat badan dan diet. Sampai-sampai ada yang meledak imajinasinya, bagaimana kalau ada aplikasi pengontrol berat badan. Saya ledakkan imajinasinya ya mas Ilham.

Okelah kalau bagitu, kalau memang ada aplikasi pengontrol berat badan, apa aja kira-kira fiturnya ya? Ayok kita cekigo :)

1. Terdiri dari perangkat lunak (aplikasi) dan perangkat keras (timbangan)
Aplikasi ini nantinya tidak hanya dalam bentuk perangkat lunak saja, tapi ada juga perangkat kerasnya. Perangkat keras yang dimaksud adalah timbangan. Timbangan yang digunakan bukan sembarang timbangan, karena timbangan ini nantinya akan terhubung dengan aplikasi secara wireless melalui sensor. Jadi untuk memulai aplikasi, si pengguna harus sudah memiliki timbangan khusus ini juga karena di awal, aplikasi akan mendeteksi perangkat timbangan yang ada. Bila aplikasi menemukan perangkat tersebut, maka pengguna dapat melanjutkan untuk masuk ke menu utama.

Pada menu utama, pengguna akan dipandu oleh aplikasi untuk melakukan scanning berat badan. Terlebih dahulu pengguna harus berdiri di atas timbangan, kemudian menekan tombol scan pada aplikasi. Setelah tombol scan ditekan, maka timbangan pun memulai proses scan. Proses scan yang dilakukan timbangan tak hanya mengukur berat badan penggunanya, tapi juga menscan pola telapak kaki si pengguna? Lho apa gunanya di scan telapak kaki pengguna? Eits, aku akan jelaskan di fitur selanjutnya ya :) Setelah proses scan selesai, maka timbangan akan mengirim informasi ke aplikasi dan aplikasi akan memulai pengolahan data.

2. Fitur Kalkulator Sehat
Nama kalkulator sehat sebenarnya aku ketahui dari salah satu aplikasi pengontrol kesehatan yang ada di android. Jadi gak apa-apalah aku pinjam istilahnya ya :). Setelah timbangan mengirimkan informasi berat badan dan pola telapak kaki si pengguna ke aplikasi, maka aplikasi akan meminta beberapa informasi tambahan terkait si pengguna. Informasi yang diminta adalah, tinggi badan, golongan darah, jenis kelamin, riwayat penyakit dan beberapa informasi lainnya. Fungsi informasi ini adalah agar aplikasi dapat menyusun pola diet bagi si pengguna, mulai dari jadwal sampai menu yang disarankan untuk dikonsumsi. Kalo misalnya disarankan makan sesuatu yang dapat memperburuk penyakit yang dimiliki pengguna, kan jadinya malah gak membantu bikin sehat aplikasinya kan. Makanya informasi ini penting :)

Selain itu, target berat badan yang ideal bagi pengguna juga akan menjadi hasil kalkulasi aplikasi. Jadi nanti di akhir jadwal diet, si pengguna akan dicek kembali berat badannya, apakah sudah mencapai target atau belum.

3. Fitur Jadwal dan Menu
Melalui hasil kalkulasi kalkulator sehat, maka kemudian aplikasi sudah dapat memberikan anjuran jadwal dan menu diet bagi si pengguna. Aplikasi akan memberikan alarm pada setiap jadwal yang sudah ditentukan kemudian mengingatkan harus mengkonsumsi apa. Karena itu, si pengguna juga harus sudah siap sedia setiap makanan yang dianjurkan aplikasi di awal. Si pengguna mau taat dengan anjuran aplikasi atau tidak, itu tergantung kemauan si pengguna. Aplikasi hanya bertindak sebagai pengatur dan pengingat, bukan pengawas atau perawat. Jadi bukan pulak, kalo lagi malas makan si penggunanya, aplikasi ini pulak yang menyulangi dia makan. Cari jodoh lah kalo mau disulangi. *ahh, jodoh

4. Fitur We Pay For Your Loss
Fitur apa ini? Ini adalah salah satu fitur yang cukup unik. Jadi pihak pengembang aplikasi akan membayarkan sejumlah uang (dalam bentuk digital) kepada pengguna yang berhasil menurunkan berat badannya. Jadi istilahnya ini jadi penyemangat si pengguna biar rajin dietnya. Jadi kan nantinya ada jadwal dimana si pengguna harus cek berat badan lagi di timbangan tadi, untuk mengetahui apakah dietnya berhasil atau gagal. Eh, kan bisa aja si pengguna nyuruh kerabatnya yang lebih ringan badannya yang berdiri di timbangan, dan jadinya berat badannya menurun yang dibaca timbangan. 

Nah, disinilah fungsi pola telapak kaki yang udah discan tadi. Jadi gak boleh orang yang selain pengguna yang diukur berat badannya. Kalo timbangan ngecek beda telapak kaki yang sekarang dengan yang awal, hadiah uangnya pun hilang. Tapi tetap bisa dipakai kok aplikasinya, tinggal suruh aja si pengguna yang asli yang berdiri disitu.

Pas pengecekan di timbangan, kalaulah berat badan pengguna sudah turun sekian kg, maka akan ada perhitungan uang yang dapat diperoleh pengguna, tergantung berapa kg yang turun. Kalau berat badan sudah sesuai dengan yang aplikasi targetkan saat kalkulasi awal, maka si pengguna dapat hadiah yang cukup besar. Kalo terlalu jauh dari target penurunnya,  maka ada juga hadiah uangnya tapi tidak terlalu besar.
Nah, kalo penggunanya dapat uang, jangan pulaklah dipake untuk makan-makan lagi. Tapi terserah juga sih :D

-----------------------------

Nah, itulah ledakan imajinasi yang terjadi di pikiranku saat ini. Gimana, cocok kam rasa? Sepertinya aplikasi dan perangkat kerasnya ini memungkinkan untuk dibuat ya, tapi ya harus dengan pengujian yang betul-betul, biar hasilnya valid :)

Okelah kalo gitu. Demikian dulu ledakan imajinasi kali ini.
Jangan lupa kalian dengar-dengarkan, manatau ada terdengar dentuman imajinasi di kuping kalian. Kalau ada, berarti ada postingan baru tentang ledakan imajinasi dalam blogku. :)
Sampai jumpa semuanya.......

sumber gambar : harianindo.com

Toko Online (Marketplace) Barang Hasil Daur Ulang





"Barulah sekarang aku kepikiran lagi, karena ada letupan-letupan imajinasi dalam pikiranku. Gimana ya kalau ada marketplace atau toko online yang memang khusus menjual barang-barang hasil daur ulang"


Hei hooo.
Apa kabar semua? Udah makankah? Jangan lupa makan ya, nanti sakit :D *nampak kali gak ada yang mau diingatkan makan bah, hahaha.

Oke-oke.
Selamat berjumpa lagi di blogku ledakan imajinasi. Jadi hari ini kita akan kembali ledak-ledakan ria :). Dan apakah ledakan yang telah terjadi dalam imajinasiku? Tadaaaa. Sampah. Bah, kok sampah pulak? Seriusan sampah ini yang mau diledakkan? Iya benar. Kesempatan kali ini aku akan berbagi ledakan imajinasiku tentang yang berkaitan dengan sampah atau barang sisa.

Jadi begini awal mulanya ledakan ini. Aku sendiri memang senang membuat barang-barang yang unik dari barang bekas atau yang sudah tergolong sampah. Tapi yang sering aku daur ulang yang terbuat dari bahan kertas dan sejenis. Mengapa? Karena itu yang paling gampang kurasa mengolahnya. Biasanya aku cuma motong-motong dan ngecat pake pensil warna atau spidol aja udah jadi. Walaupun gak bagus-bagus amat, tapi enak aja rasanya mandang-mandangnya, karena buatan sendiri :D. Dibanding mbak Anitamakarame dan mbak Andria Nur Wahyu yang sudah mahir mendaur ulang, kalah jauh lah ini :D

Sticker logo Flash dan Superman hasil daur ulang dari bungkus dodol :D

Pencapaian terbesarku dalam hal daur ulang adalah waktu mendaur ulang undangan nikah orang Karo. Jadi kalo orang Karo mau menikah biasanya akan kirim undangan dulu ke saudaranya. Undangan ke saudara itu beda bentuknya dengan undangan ke teman biasa. Kalo ke saudara ada gambar pernak-pernik khas karonya yang dibuat di undangan. Jadi kan, karena biasanya cantik-cantik gambar masih, aku kepikiran aja, gimana kalo ini kubuat jadi pembatas buku ya. Dan kalo dijual mungkin laku. Penampakannya seperti ini:



 
Lebih jelasnya bisa cekidot ke blog personalku disini ya: Sinusinga Knows. (kalo Ledakan Imajinasi kan ecek-eceknya blog niche kan :D)

Oke, jadi jujur saja. Sebenarnya sudah laku 3 buah pembatas buku daur ulangku kemaren. Tapi memang karena dasarnya aku sih yang malas, jadinya gak usaha buat ngejual lagi. Barulah sekarang aku kepikiran lagi, karena ada letupan-letupan imajinasi dalam pikiranku. Gimana ya kalau ada marketplace atau toko online yang memang khusus menjual barang-barang hasil daur ulang. Tar.. tarr.. tarr.. Gitulah bunyi ledakan imajinasi di kepalaku saat ini. Kalau ada marketplace barang-barang daur ulang, apa aja fiturnya kira-kira ya? Yok mari kita cekidot :)

1. Fitur Jual-Beli
Yap, dari judulnya saja marketplace/toko online. Ya sudah pastilah ada proses transaksi jual beli yang terjadi disini. Mirip-mirip dengan marketplace yang sudah terkenal sekarang seperti bukalapak, tokopedia, lazada dan lainnya, market place daur ulang ini juga menggandeng umkm asli indonesia yang fokus pada pembuatan barang daur ulang untuk menjual barangnya disini. Dengan adanya marketplace ini nantinya, setiap umkm akan lebih mudah mendapatkan pasarnya, karena orang-orang akan tahu harus membeli kemana.
Proses transaksinya dapat melalui bank dan metode pembayaran lainnya. (udah banyak kali opsi pembayaran online soalnya sekarang) :)

2. Fitur Blog DIY and Sell
Disini harapannya umkm-umkm yang terlibat, tidak pelit dalam membagikan ilmunya. Jadi setiap umkm nanti wajib memposting minimal satu, artikel tentang langkah-langkah mendaur ulang produknya. *manatau kan ada teknik-teknik rahasia yang mereka gak mau ceritakan ke orang lain :D. Tujuan dari fitur ini adalah, agar orang-orang diluar sana juga bisa mencoba mendaur ulang sendiri. Dampaknya kalau semakin banyak orang tahu mendaur ulang kan, bakalan semakin panjang umur bumi *benar gak ya?

Dengan adanya fitur ini, orang lain juga bisa kebagian lapangan kerja. Seseorang bisa membuat barang daur ulangnya dan kemudian dia jual kembali disini. Harga jadi bersaing, tapi tetap bisa dikontrol kok, kan ada dibuat Asosiasinya nanti. *aseek

3. Fitur Reward
Saya selalu merasa keren kalo liat tutup botol dijadikan sesuatu yang berguna, seperti yang dipakai Elly di film Up atau kalo gak salah uang yang dipakai di game Fallout Shelter. Jadi di marketplace ini nantinya, akan ada juga tutup botol. Mau diapain tutup botol ini? Tutup botol ini nantinya adalah reward yang bisa diterima si pembeli di marketplace ini. Setiap dia beli satu barang, berarti dia satu langkah berbuat untuk menjaga lingkungan. Jadinya kalau semakin banyak seseorang beli barang disini, dia bisa menggunakannya untuk membeli barang daur ulang lainnya. Ya seperti diskon gitu. Misal ntah dia punya 50 tutup botol, jadi bisa dapat voucher Rp 100.000. Begitulah.

4. Fitur Campaign
Dengan fitur ini, marketplace daur ulang ini akan aktif menyerukan kampanye-kampanye untuk menjaga lingkungan. Karena memang selama ini orang-orang banyak yang kurang peduli dengan lingkungan. Kan sedih kita nengoknya kan kalo sering terjadi banjir, longsor dsb. Apalagi memang suhu semakin panas sekarang. Kampungku aja yang daerah pegunungan di Tanah Karo, panas sekarang rasanya. Ditambah lagi belum sembuh-sembuh Gunung Sinabung itu.

--------------------

Jadi itulah ledakan imajinasi yang terjadi di pikiranku saat ini. Bagi yang selama ini punya keahlian daur ulang barang-barang mungkin bisa unjuk gigi disini. Gak nganggur-nganggur lagi nanti barang yang udah dibuat. Taruh di marketplace ini, manatau ada yang berminat kan. Gak dibeli juga gak apa-apa, kita senang aja udah menjaga lingkungan dengan melakukan ini.

Okelah kalau begitu. Sampai disini dulu ledakannya.
Kita jumpa lagi di ledakan imajinasi selanjutnya :)
byee..

sumber gambar : jakupsinusinga.wordpress.com

Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7

Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dal...