Aplikasi Pungli (Pungutan Liar)


Dan juga pemerintah di bawah pimpinan Presiden RI ke-7 ini memang lagi gencar "katanya" memberantas pungli.Nah, jadi kalau memang pungli mau dibuat aplikasinya, apa ya kira-kira fitur yang dipunyai?


Hei hooo.
Apa kabar semua? Sudah lama juga aku gak buat ledakan imajinasi ya :D iya, kemarin itu aku masih gagal move on karena ledakan imajinasiku tidak terwujud di kehidupan nyata. Tapi sekarang aku sudah bisa move on, dan ada rencana lagi coba merealisasikannya :)

Nah di ledakan imajinasi kali ini, aku mau membahas tentang isu yang ntah masih hangat apa udah dingin ini. Tentang 4 November? Oh bukan, aku gak mau bahas itu. Biarlah wartawan medsos yang ulas itu :D Topik yang aku mau bahas adalah Pungli alias pungutan liar. Soalnya kemarin kan heboh yang sidak pungli. Dan juga pemerintah di bawah pimpinan Presiden RI ke-7 ini memang lagi gencar "katanya" memberantas pungli.
Nah, jadi kalau memang pungli mau dibuat aplikasinya, apa ya kira-kira fitur yang dipunyai? Mau tau lebih lanjut? Mari kita cekidot ledakan imajinasi berikut ini.

1. Fitur E-Pungli
Apakah E-Pungli tersebut? Biasanya kalau ada tulisan E di depan, itu berhubungan dengan elektrik dan internet. Nah sama. E-Pungli ini adalah proses pungli yang dibuat dalam bentuk elektronik dan diakses dengan online. Nantinya kalau ada pungli, si korban pungli gak perlu ngeluarkan uang cash. Lebih praktis kan. Jadi si petugas pungli cukup menggenerate kode kejadian pungli pada aplikasi, serta memasukkan jumlah pungli yang ditentukan. Nah, kalau si korban mau membayar, tinggal masukkan kode pungli tersebut dan kemudian memilih metode pembayaran yang dirasa cocok, apakah melalui kartu kredit atau rekening di bank. Kalau berhasil dibayar, maka akan keluar file kuintasi yang membuktikan bahwa pungli telah dibayarkan.

2. Fitur Top Pungli
Karena uang pungli sudah disimpan dalam satu basis data, maka ketahuanlah berapa jumlah uang pungli yang diterima suatu instansi. Karena sudah bisa diketahui, maka ranking-ranking instansi yang punya pungli terbanyak pun dapat dipublikasikan. Kalau dibuat scoreboardnya, malah lebih seru lagi. Instansi-instansi akan saling berlomba untuk menjadi yang top pungli, karena bisa lihat posisi berapa di klasemen sementara. Bakal lebih seru rasanya melihat balapan pungli, salip menyalip memungut dengan liar daripada balapan Moto GP. Apalagi tahun ini yang juara bukan si Rossi. Ahh

3. Fitur Reward
Setiap korban tentu tidak selalu bernasib buruk. Setiap korban yang rajin kena pungli, akan mendapat reward tertentu. Reward bermacam-macam, mulai dari gelas cantik, tikar cantik, wajan cantik, selop cantik, kulkas cantik dan yang cantik-cantik lainnya. Wah kalau ada begini, jadinya korban kan merasa di apresiasi ya saat jadi korban pungli. Makin rajinlah jadi korban pungli, biar makin banyak reward yang didapat. Kalo makin banyak uang pungli yang terkumpul kan berarti makin banyak reward yang tersedia.

4. Fitur Bagi-rata
Kalo pungli ya jaranglah makan sendiri. Haruslah dibagi-bagi. Bagi ke atas dan bagi kebawah. Bagi-baginya sering tak adil, yang berkuasa yang dapat lebih banyak. Oleh karena itu, supaya adil hadirlah fitur bagi-rata. Jadinya uang hasil pungli akan dibagikan sesuai dengan peran dan kinerja pelaku pungli. Jadi gak ada istilah gak adil, karena semua terbagi sesuai hasil kerja. Nah makin sejahteralah pungliers-pungliers ya. Dan korban pungli pun tetap senang kok, kan dapat tikar cantik.

Nah, itulah ledakan imajinasi yang terjadi dalam pikiranku. Apakah hal ini benar-benar terealisasikan nantinya? Yang benar saja.
Sebenarnya ini hanya ungkapan kritik terhadap praktik pungli yang sudah mengakar kuat di tengah-tengah negaraku Indonesia ini. Rasanya hampir semua tempat terjadi pungli, baik kecil-kecilan maupun besar-besaran. Sudah pungli, kinerja tak bagus lagi. Wah kaco lah sudah.

Ya semoga saja, pemerintah sekarang tidak hanya janji-janji saja. Kalau memang serius berantas pungli dan sejahterakan bangsa ini. Yang sering pungli diedukasi. Sistem pun turut diperbaiki, sehingga peluang pungli semakin kecil.

Nah, demikianlah dulu ledakan imajinasiku kali ini ya.
Udah boleh gak dibilang kalo begini namanya satiris? :D
Sampai jumpa di ledakan imajinasi berikutnya :)

sumber gambar : prokal.co

Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7

Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dal...