Skip to main content

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2






Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.

Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.

Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesaikan aplikasi-aplikasi yang sederhana.

Nah dengan bervariasinya pekerjaan yang akan dilakukan dalam berbagai perusahaan, maka kita membutuhkan respon yang berbeda pula saat mengerjakan pekerjaan tersebut. Respon yang bagaimana kira-kira maksudnya ya? Mari kita lihat penjelasannya berikut ini.

Awal bekerja dengan beban kerja berat

sumber gambar : saxonsgroup.com


Bila anda termasuk programmer yang masuk ke dalam perusahaan yang langsung memberikan tugas yang berat kepada anda, maka aku mengucapkan selamat. Itu berarti anda akan langsung mendapatkan banyak pengalaman di awal. Seringkali seorang programmer yang berasal dari kalangan freshgraduate masih belum memiliki cukup banyak pengalaman di dunia pekerjaan.  Oleh karena itu akan banyak masalah yang masih belum diketahui bagaimana cara mengatasinya.

Menurut anda apa sih pekerjaan yang berat bagi seorang programmer? Menurut pengalamanku pekerjaan yang berat itu adalah disaat kita bertugas membuat aplikasi yang memiliki banyak jenis data, banyak jenis form inputan dan memiliki banyak level pengguna serta aturan yang berbeda. Dan apabila aplikasi tersebut berkaitan dengan perhitungan uang, maka aplikasi yang dibuat harus betul-betul dijamin memberikan hasil yang valid. Oleh karena itu aplikasi yang dibuat harus dikerjakan dengan teliti.

Bila di awal pun seorang programmer pemula sudah harus mengerjakan hal yang begitu banyak, maka hal yang harus dilakukan adalah menentukan target pribadi. Anda harus membuat target sendiri kapan aplikasi yang anda buat akan selesai, di luar deadline sesungguhnya dari aplikasi tersebut. Ini penting karena bisa saja aplikasi yang anda akan buat masih akan memiliki banyak kekurangan dan error disana-sini. Oleh karena itu butuh proses testing secara menyeluruh agar permasalahan diketahui.

Bilapun anda merasa terlalu lambat dalam mengerjakannya, anda masih punya waktu untuk bertanya dengan programmer yang lebih senior di perusahaan anda.

Seorang programmer pemula tidak boleh segan-segan untuk bertanya bila ada kendala dalam pembuatan aplikasi. Apalagi aplikasi yang sedang dirancang memang rumit. Memang anda akan bisa mencari solusinya sendiri melalui internet. Tapi bila sampai 2 hari anda tidak memiliki solusi dan masih mau mencari sendiri, maka itu akan menghambat pekerjaan anda. Oleh karena penting untuk bertanya dan membagikan permasalahan kepada sesama programmer.


Awal bekerja dengan beban kerja ringan
sumber gambar: peak10.com

Beban kerja ringan yang kumaksud adalah disaat seorang programmer pemula mengikuti training ataupun saat programmer diberikan aplikasi yang tidak terlalu rumit. Aplikasi yang tidak terlalu rumit itu kebalikan aplikasi yang rumit diatas, dimana jenis data masukan dan formnya sedikit, juga level pengguna dan alurnya.

Di perusahaan tempat aku bekerja tidak ada training. Tapi menurutku training itu semacam kursus bagi programmer pemula. Makanya aku bilang ringan karena prosesnya mungkin sama dengan praktikum di kuliah. Kalau di tempat aku bekerja dulu, kami sudah diberikan pekerjaan. Walaupun dikatakan "dicoba aja dulu", tapi aplikasi yang sudah digunakan klien, itu yang kami perbaiki.

Walaupun beban kerja ringan namun tidak boleh kecolongan dan harus tetap serius mengerjakannya. Karena kalau hasilnya bagus, akan jadi penilaian yang bagus bagi kita. Tips-tips di beban kerja berat diatas, juga dapat diaplikasikan disini, walaupun seringkali programmer pemula dapat menyelesaikan tugasnya di awal.

Itu sih beberapa hal yang menurutku akan dialami oleh programmer pemula di awal pekerjaan. Kita harus sadar bahwa setiap perusahaan itu memiliki kultur kerja yang berbeda di awal. Oleh karena itu kalaupun kita langsung mendapatkan tugas yang berat diawal, kita jangan langsung putus asa dan merasa ingin keluar. Kita harus sadar bahwa begitulah bekerja. Dan juga kalau yang kita dapat tugasnya tidak terlalu berat, kita tidak boleh kecolongan juga agar tidak memberikan kesan yang buruk bagi atasan.

sumber featured image : mockplus.com


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------


Comments

  1. Huaaaa kayaknya jadi programmer itu pekerjaan yang rentan stres ya? Soalnya saya paling ga bisa n ga suka programers gitun menurut aq itu susah. Mungkin krna bukan passion x ya. Soalnya ngedit template blog aja yg perlu kode bkin aq stres dulu mikirinnya hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. iya mbak. :) memang segala pekerjaan kalau sudah passionnya di situ, walau rentan stress tapi tetap menyenangkan mengerjakannya mbak.
      tetap semangat ngedit template blognya mbak, biar makin menarik dan buat orang nyaman ngebaca blognya :)

      Delete
  2. haduh kayaknya otak saya ngga bakal sanggup ngerjain pekerjaan ini, hehe.... nulis aja suka bikin pusing, apalagi bikin program wkwkkw.. barakaallahu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      sebenarnya kalo jadi programmer itu, kesukaannya mirip dengan cewek mbak.
      sama-sama suka kode :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…