Hal Yang Biasa Didiskusikan Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer 9


Gak tahu sih apakah semua programmer itu memang geek. Tapi aku merasakan kalau di kantor kami membahas tentang one piece atau game of throne, bisa sangat serius. Saking seriusnya, sampai malah kami bisa berdebat untuk sebuah fiksi.



Seperti yang sudah aku sampaikan di post sebelumnya, penting bagi programmer untuk saling berdiskusi. Diskusi dilakukan biasanya saat terjadi error atau ada masalah yang tidak bisa dihandle.  Namun bukan saat error saja seorang programmer dapat berdiskusi. Ada banyak hal yang dapat didiskusikan oleh sesama programmer, baik hal teknis ataupun hal lainnya.

Kalau aku di kantor cukup sering berdiskusi dengan rekan sesama programmer. Mulai dari hal yang penting sampai yang tidak penting sekalipun kami diskusikan. Itu terjadi karena diskusi yang dilakukan sehat serta bergizi. Wah bagaimana ya diskusi yang sehat dan bergizi ini? Oleh karena itu aku mau ceritakan beberapa pengalamanku saat berdiskusi dengan sesama programmer.

1. Diskusi tentang alur aplikasi
sumber gambar : picdn.net

Saat berdiskusi tentang alur aplikasi, hal yang penting adalah imajinasi dan simulasi. Karena saat berdiskusi tentang alur, harus memikirkan bagaimana agar saat pengguna memakai aplikasi ini nantinya, pengguna tidak bingung cara menggunakannya. Oleh karena itu saat berdiskusi tentang alur ini, seorang programmer harus memikirkan apa kira-kira yang dipikirkan dan akan dilakukan pengguna. Ya boleh dibilang seperti saat mendesain User Experience lah atau UX.

Alur aplikasi yang rumit yang pernah aku kerjakan adalah saat membuat aplikasi untuk manajemen data laporan masyarakat. Jadi satu laporan, akan berpindah kesana kemari dengan treatment yang berbeda-beda dari tiap pengguna. Jadi yang bikin lelah adalah imajinasinya, karena harus berpikir mulai dari si x melakukan ini, lalu dikirim ke si y. Setelah itu apa yang terjadi pada tampilan si x saat si ya sudah menerima laporan. Ah, aku pun jadi pusing juga memikirkannya :D

2. Diskusi tentang kode program
sumber gambar : prlog.org

Nah, kalau berdiskusi tentang kode program biasanya dilakukan kalau ada error dan kalau ada fitur yang membutuhkan teknik atau trik tertentu untuk membuatnya. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah logika dan kesepahaman. Kalau kita yang sedang menjelaskan kode program kita kepada programmer lain, kita harus menjelaskan dengan sangat jelas dan juga logis, agar permasalahan kita dapat dimengerti oleh programmer lainnya. Dan saat kita mendengar penjelasan programmer lainnya pun, kita harus memperhatikan dengan seksama sembari mengecek logika dari ide yang disampaikan programmer lain kepada kita. Karena kalau sudah tidak nyambung, akan semakin sulit untuk menyelesaikan kode programnya.

3. Diskusi tentang sepakbola, film, one piece, game of throne dan lain lain
sumber gambar : imgur.com

Gak tahu sih apakah semua programmer itu memang geek. Tapi aku merasakan kalau di kantor kami membahas tentang one piece atau game of throne, bisa sangat serius. Saking seriusnya, sampai malah kami bisa berdebat untuk sebuah fiksi. Perdebatannya layak dishootingkan sebagai salah satu episode di Indonesia Lawyer Club. Tapi ya begitulah, karena sama-sama nyambung jadinya diskusinya jadi enak.

Selain berdiskusi tentang hal-hal yang geek, kami juga berdiskusi tentang hal umum lainnya. Dan malahan terkadang waktu untuk bekerja terkadang terpakai dengan berdiskusi. Namun karena pekerjaan juga jelas dikerjakan, jadinya tidak mengganggu.

Itulah macam-macam diskusi yang dilakukan oleh para programmer, dari apa yang aku alami sendiri. Satu hal yang terutama saat berdiskusi adalah tetap berpikiran positif. Kalau pikiran positif, walaupun dalam diskusi ada pro dan kontra, tapi pasti langsung dilakukan pengecekan saja melalui internet untuk mengetahui apa yang benar sebenarnya. Kalau pikiran sudah negatif, ya pasti cenderung memaksakan apa yang dipikiran tanpa mau mendengar apa yang orang lain sampaikan kepada kita.

sumber gambar fitur : moviepilot.com


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------


No comments:

Post a Comment

Testing Aplikasi : Mengapa aplikasi harus selalu ditest kembali? - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 11

"Testing ini perlu dilakukan, bahkan saat aplikasi sudah di tangan pengguna. Malah kadang lebih mudah mengetahui apabila ada error...