Skip to main content

Hal Yang Biasa Didiskusikan Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer 9


Gak tahu sih apakah semua programmer itu memang geek. Tapi aku merasakan kalau di kantor kami membahas tentang one piece atau game of throne, bisa sangat serius. Saking seriusnya, sampai malah kami bisa berdebat untuk sebuah fiksi.



Seperti yang sudah aku sampaikan di post sebelumnya, penting bagi programmer untuk saling berdiskusi. Diskusi dilakukan biasanya saat terjadi error atau ada masalah yang tidak bisa dihandle.  Namun bukan saat error saja seorang programmer dapat berdiskusi. Ada banyak hal yang dapat didiskusikan oleh sesama programmer, baik hal teknis ataupun hal lainnya.

Kalau aku di kantor cukup sering berdiskusi dengan rekan sesama programmer. Mulai dari hal yang penting sampai yang tidak penting sekalipun kami diskusikan. Itu terjadi karena diskusi yang dilakukan sehat serta bergizi. Wah bagaimana ya diskusi yang sehat dan bergizi ini? Oleh karena itu aku mau ceritakan beberapa pengalamanku saat berdiskusi dengan sesama programmer.

1. Diskusi tentang alur aplikasi
sumber gambar : picdn.net

Saat berdiskusi tentang alur aplikasi, hal yang penting adalah imajinasi dan simulasi. Karena saat berdiskusi tentang alur, harus memikirkan bagaimana agar saat pengguna memakai aplikasi ini nantinya, pengguna tidak bingung cara menggunakannya. Oleh karena itu saat berdiskusi tentang alur ini, seorang programmer harus memikirkan apa kira-kira yang dipikirkan dan akan dilakukan pengguna. Ya boleh dibilang seperti saat mendesain User Experience lah atau UX.

Alur aplikasi yang rumit yang pernah aku kerjakan adalah saat membuat aplikasi untuk manajemen data laporan masyarakat. Jadi satu laporan, akan berpindah kesana kemari dengan treatment yang berbeda-beda dari tiap pengguna. Jadi yang bikin lelah adalah imajinasinya, karena harus berpikir mulai dari si x melakukan ini, lalu dikirim ke si y. Setelah itu apa yang terjadi pada tampilan si x saat si ya sudah menerima laporan. Ah, aku pun jadi pusing juga memikirkannya :D

2. Diskusi tentang kode program
sumber gambar : prlog.org

Nah, kalau berdiskusi tentang kode program biasanya dilakukan kalau ada error dan kalau ada fitur yang membutuhkan teknik atau trik tertentu untuk membuatnya. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah logika dan kesepahaman. Kalau kita yang sedang menjelaskan kode program kita kepada programmer lain, kita harus menjelaskan dengan sangat jelas dan juga logis, agar permasalahan kita dapat dimengerti oleh programmer lainnya. Dan saat kita mendengar penjelasan programmer lainnya pun, kita harus memperhatikan dengan seksama sembari mengecek logika dari ide yang disampaikan programmer lain kepada kita. Karena kalau sudah tidak nyambung, akan semakin sulit untuk menyelesaikan kode programnya.

3. Diskusi tentang sepakbola, film, one piece, game of throne dan lain lain
sumber gambar : imgur.com

Gak tahu sih apakah semua programmer itu memang geek. Tapi aku merasakan kalau di kantor kami membahas tentang one piece atau game of throne, bisa sangat serius. Saking seriusnya, sampai malah kami bisa berdebat untuk sebuah fiksi. Perdebatannya layak dishootingkan sebagai salah satu episode di Indonesia Lawyer Club. Tapi ya begitulah, karena sama-sama nyambung jadinya diskusinya jadi enak.

Selain berdiskusi tentang hal-hal yang geek, kami juga berdiskusi tentang hal umum lainnya. Dan malahan terkadang waktu untuk bekerja terkadang terpakai dengan berdiskusi. Namun karena pekerjaan juga jelas dikerjakan, jadinya tidak mengganggu.

Itulah macam-macam diskusi yang dilakukan oleh para programmer, dari apa yang aku alami sendiri. Satu hal yang terutama saat berdiskusi adalah tetap berpikiran positif. Kalau pikiran positif, walaupun dalam diskusi ada pro dan kontra, tapi pasti langsung dilakukan pengecekan saja melalui internet untuk mengetahui apa yang benar sebenarnya. Kalau pikiran sudah negatif, ya pasti cenderung memaksakan apa yang dipikiran tanpa mau mendengar apa yang orang lain sampaikan kepada kita.

sumber gambar fitur : moviepilot.com


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------


Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…