Skip to main content

Ketika Programmer Lagi Suntuk Overflow - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 8


Aplikasi yang sudah kita buat dengan berteteskan darah serta mengucurkan air mata sehingga berhasil dibuat, dipandang sebelah mata dan paling parah disuruh ganti saja.



Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akhirnya jatuh juga. Peribahasa ini sebenarnya bukan peribahasa yang tepat untuk menggambarkan apa yang aku mau sampaikan. Tapi aku lagi kepikiran itu, ya aku buat ajalah :D. Yang aku maksud sebenarnya adalah, sesenang-senangnya kita mengerjakan sesuatu pasti ada waktu di mana kita merasa bosan atau suntuk. Kalo pekerjaan yang kita senangi aja pun kadang membosankan, apalagi kalo kita gak senang mengerjakannya?

Sama halnya dalam membuat program atau aplikasi, seorang programmer juga kadang merasa bosan atau suntuk. Dari yang aku rasakan, setidaknya ada beberapa hal yang membuat seorang programmer suntuk atau bosan. Mari kita lihat.

1. Koding gak jalan
sumber gambar : frankiesapartment.com
Emang koding ada kakinya? Memang gak sih, tapi yang dimaksud disini adalah saat kode program yang kita buat tidak berhasil dicompile, atau berhasil dicompile tapi malah error. Biasanya kalau sudah dikerjakan cukup lama, cari solusi tapi gak berhasil juga ya biasanya bikin suntuk. Untuk mengerjakannya pun jadi kurang berselera, karena sudah terlalu sering melihat error, error dan error.

2. Koding yang sudah selesai dirombak ulang (diubah total)
sumber gambar : ytimg.com
Hal ini sering terjadi saat ketemu dengan klien. Aplikasi yang sudah kita buat dengan berteteskan darah serta mengucurkan air mata sehingga berhasil dibuat, dipandang sebelah mata dan paling parah disuruh ganti saja. Itu adalah salah satu hal yang membuat programmer jadi malas melanjutkan aplikasi. Terkadang hal ini terjadi karena salah paham antara klien dan analis atau programmer. Tapi sering juga karena permintaan klien yang sering berubah, tergantung harga pisang di planet mars.

3. Aplikasi yang dibuat monoton
sumber gambar : papasemar.com
Dalam membuat aplikasi, salah satu yang membuat seorang programmer bersemangat adalah saat ada tantangan baru. Misalkan membuat aplikasi baru atau fitur baru. Tapi kalau aplikasi atau fitur yang dibuat sudah pernah dan si programmer tahu bahwa agak ribet membuatnya, pasti programmer jadi agak malas untuk memulai. Dan mengumpulkan semangatnya pun agak lama, karena cenderung sudah tahu bagaimana membuatnya tapi malas mengerjakannya. Biasanya kalau sudah yang begini, yang bisa menginsafkan cuma deadline.

4. Sudah lupa kode programnya
sumber gambar : brainlesstales.com
Biasanya seorang programmer selain membuat aplikasi yang baru, juga melakukan pengembangan atau perbaikan pada aplikasi yang pernah dibuat. Kalau seperti aku yang bekerja di konsultan, karena fokus pada banyak aplikasi, pengembangan dapat dimulai dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, walaupun aku yang membangun aplikasinya dari awal, tapi karena waktu pengembangannya sudah berada cukup lama dari waktu pembuatan, terkadang harus dipelajari lagi dari awal alur kodingnya.

Hal itu jadi bertambah sulit lagi, kalau gaya koding kita masih seperti di texas. Variabel dibuat sesuka hati, kurung kurawal dibuat tidak rapi, dan sebagainya. Kadang hal itu yang membuat kita tidak mengerti lagi apa yang pernah kita buat dulu. Dan itu adalah hal yang membosankan. Terlintaslah dalam pikiran "Kenapa gak rapi dulu kubuat ya".

Nah, demikianlah pengalamanku selama jadi programmer. Biasanya hal-hal itulah yang membuat aku malas koding, karena sudah suntuk atau bosan. Tapi apa gak ada obat suntuknya? Ada. Aku akan bahas di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya. Sampai jumpa di waktu yang akan datang :)


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------

Comments

  1. wah saya baru tahu, awam tentang programer

    ReplyDelete
  2. ya namanya juga menghadapi sesuatu yang itu-itu saja terkadang bosan, lelah menghampiri yang ujung-ujungnya menjadi malas hihi

    kalau sudah seperti itu liburan kayaknya solusi yang paling pas

    ReplyDelete
  3. aku pernah bang belajar bahsa progammer otodidak karena memang pengen nambah skill kan, jadi aku belajarlah, html, css, php n mysql, itu pun masih pakai xampp nya, pengen bikin aplikasi sederhana gitu...

    paling kesel itu memanglah, kode nya ga jalan, yang terlihat memang error dan error terus.. udah sumpek otak, jangankan yang progammer seperti dirimu, aku aja yang otodidak cuma buat belajar senang2 aja stress gegara kode ga jalan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…