Tips Mencari Ide Saat Membangun Aplikasi - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 7


Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dalam ruangan. Biasanya aku melakukan itu untuk mempermudah menajamkan ide yang sudah aku punya


Pada saat membuat aplikasi, seorang programmer selalu membutuhkan ide-ide baru. Hal itu karena aplikasi bersifat dinamis, selalu membutuhkan pengembangan. Selain itu, saat ingin merealisasikan sebuah aplikasi pun, tidak segampang mengunakannya saat sudah jadi. Itulah yang kesalahpahaman yang sering terjadi antara programmer dan klien. Klien sering menganggap sebuah aplikasi gampang dibuat, karena menurut si klien gampang membuat aplikasinya.

Aplikasi populer seperti whatsapp dan media sosial facebook sering jadi bahan perbandingan klien untuk membuat aplikasi. Padahal facebook dan whatsapp itu pun tidak langsung jadi, melainkan melalui berbagai macam tahap, mulai dari tampilan yang sangat sederhana yang mungkin masih agak sulit menggunakannya, hingga sampai pada tampilan saat ini yang sudah sangat nyaman digunakan. Dalam proses pengembangan itulah ide-ide baru diperlukan.

Dari pengalamanku sebagai programmer, ada beberapa hal yang aku lakukan saat mencari ide-ide baru. Mulai dari hal yang normal, sampai yang kurang normal. :D Mari kita lihat.

1. Pelajari aplikasi lain

Cara ini adalah cara yang paling mudah dalam mencari ide-ide baru. Karena dalam aplikasi buatan orang lain, walaupun jenisnya sama namun bisa saja fitur-fitur yang dimiliki berbeda. Kalau aplikasinya web, biasanya aku langsung saja konsultasi dengan mbah gugel dan pasti akan keluar banyak link menuju aplikasi web yang pernah ada, yang mirip dengan yang sedang aku buat. Sedangkan kalau aplikasinya android, aku biasanya cari ke google play langsung. Disana lebih gampang mencarinya, karena sudah ada screenshot serta video tentang aplikasi tersebut. Juga, di bagian bawah ada rekomendasi aplikasi yang sejenis sehingga jadinya lebih mudah lagi mencari aplikasi lainnya.

2. Pelajari logika fitur aplikasi yang sering digunakan

Pasti kita semua punya aplikasi yang sering kita gunakan serta mudah cara menggunakannya. Itu dikarenakan  aplikasi tersebut sudah dikembangkan senatural mungkin, sesuai dengan psikologis manusia. Nah saking mudahnya menggunakannya, seringkali juga kita tidak bertanya-tanya kenapa fitur dalam aplikasi itu dibuat begitu.

 Walaupun tidak serupa dengan aplikasi yang sedang kita buat, tapi seringkali kita bisa mendapatkan ide dari aplikasi tersebut juga. Karena terkadang terdapat fitur yang sama juga, walaupun aplikasinya berbeda.

3. Diskusikan dengan teman 

Kalau ini adalah gabungan kedua cara diatas. Mengapa aku katakan demikian? Karena saat berdiskusi dengan teman, kita sering mendiskusikan dari aplikasi-aplikasi yang pernah kita gunakan atau pelajari sebelumnya. Berdiskusi dengan teman juga akan membuat ide menjadi lebih tajam, karena kita bisa saling menyampaikan apa kelebihan atau kekurangan dari ide yang didiskusikan. 

Selain itu, saat berdiskusi dengan teman kita bisa jadi lebih gampang berpikir. Itu dikarenakan, saat kita mendengarkan pandangan orang lain tentang sebuah ide,maka kita akan membandingkan dengan ide yang kita punya.

4. Berjalan keliling dan lihat sekitar

Inilah cara yang aku katakan kurang normal diatas tadi. Aku sering melakukan hal ini dan sering cukup membuat orang disekitarku heran. Mereka bertanya-tanya mengapa aku berkeliling-keliling dalam ruangan. Biasanya aku melakukan itu untuk mempermudah menajamkan ide yang sudah aku punya. Mungkin saat duduk dan menatap layar komputer, cukup membuat lelah sehingga saat mendapatkan ide, jadi kurang fresh mengekplorasinya. Tapi saat mulai berjalan berkeliling dan melihat objek yang berbeda dari layar komputer, akhirnya pikiran jadi lebih fresh. Mungkin begitu sih ya :D

Itulah beberapa hal yang sering aku lakukan saat mencari ide saat membangun aplikasi. Mungkin ada banyak cara lain, tapi paling tidak hal-hal diatas sangat membantuku saat butuh ide baru.

sumber gambar : freepik.com 


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------


7 comments:

  1. Waaah intinya kudu peka dan kreatif yak. Keren deh kamu... Saya mah masih belum.bisa seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak.
      sebagai blogger juga kita melatih kreatifitas ya mbak, membuat sebuah tulisan yang tidak ditulis oleh orang lain

      Delete
  2. super sekali :) lain kali bagi2 dong praktek dan tips membuat aplikasinya

    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo, seperti tutorial begitu ya mas.
      sarannya ditampung mas :)

      Delete
  3. salut ya aku sama programer bisa bikin program yang memudahkan banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims mbak.
      dan disitu tantangannya mbak.
      karena membuat hal yang memudahkan orang itu sulit :)

      Delete

Testing Aplikasi : Mengapa aplikasi harus selalu ditest kembali? - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 11

"Testing ini perlu dilakukan, bahkan saat aplikasi sudah di tangan pengguna. Malah kadang lebih mudah mengetahui apabila ada error...