Skip to main content

Menyelesaikan Masalah (Troubleshooting) Dalam Coding - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 3



 ..biasanya setelah kita mengetahui penyebabnya, bahwa ada karakter yang kurang atau tidak ada maka pasti kita akan menggerutu dan berkata "hanya karena ini saja"..




Dari awal sampai akhir pembuatan aplikasi, pasti ada saja kekurangan atau error yang terjadi. Oleh karena itu seorang programmer harus selalu putar otak, bagaimana cara mengatasi kekurangan dan memperbaiki error yang terjadi pada aplikasi yang telah dibuat. Belum lagi kalau harus mengubah fitur atau fungsi.

Perubahan biasa terjadi saat aplikasi telah ditunjukkan kepada klien. Klien punya banyak sekali ide saat aplikasi sudah kelihatan bagaimana wujudnya. Dan malahan, perubahan yang diminta pun bisa sama sekali berbeda dengan yang diminta di awal. Oleh karena itu, biasanya programmer banyak minum vitamin setelah berjumpa dengan klien. Karena pasti puyeng menanggapi serta memberi penjelasan teknis pada klien.

Oleh karena itu seorang programmer harus paham cara troubleshooting yang benar jika hal-hal seperti diatas terjadi. Kalau aku sendiri, ada beberapa hal yang biasa aku lakukan saat troubleshooting masalah yang terjadi pada coding. Mari kita lihat.

1. Copy deskripsi error dan paste di google search
IDE atau software programming sekarang sudah sangat membantu programmer dalam proses debugging. Kalau ada error dalam aplikasi, biasanya IDE akan memberikan keterangan dimana error terjadi dan apa penyebabnya. Kalau itu sudah muncul, maka kita tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu baris kode program kita. Namun walaupun lokasi kode yang salah dan penyebabnya sudah diketahui, belum tentu kita tahu bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut.

Cara yang paling mudah untuk menemukan solusinya adalah dengan men-copy deskripsi penyebab error tersebut dan paste  di pencarian google. Setelah itu biasanya akan muncul beberapa link yang pernah membahas tentang error tersebut.

Dari pengalamanku, yang paling sering muncul itu biasanya link dari situs stackoverflow.com. Dan memang, biasanya dari situ solusinya rata-rata valid, dan masalah yang aku dapati bisa diselesaikan setelah membaca penjelasan disitu. Bahasa yang digunakan disitu adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu seperti yang aku sampaikan di artikel tentang tips melamar sebagai programmer, aku menyampaikan bahwa bisa berbahasa Inggris itu penting bagi programmer.

Kalau tidak terbiasa membaca bahasa Inggris, pasti agak puyeng membaca penjelasan yang dibuat disitu.


sumber gambar: blog.bahaso.com

2. Trial and Error
Proses trial and error, adalah sebuah proses coba-coba dimana kita mencoba beberapa solusi, dan melihat apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang kita temui. Proses ini akan semakin terbantu kalau kita menggunakan fungsi try and catch. Dengan fungsi try and catch kita bisa memasukkan sejumlah kode program dan kemudian mengujinya. Kalau kodenya berhasil, maka akan mengeluarkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Dan kalau gagal, fungsi catch akan memberikan penjelasan error apa yang terjadi.

3. Cek isi data yang dimasukkan dan dikeluarkan atau dikirim dan diterima
Dalam sebuah aplikasi, pasti ada banyak variabel yang mengandung nilai yang berkaitan dengan data yang diolah pada aplikasi tersebut. Dan data ini tidak hanya digunakan pada 1 file atau fungsi saja, melainkan bisa digunakan di tempat lain. Oleh karena itu pasti terdapat proses input data, pengiriman data , penerimaan data serta output data.

Error sering terjadi, karena data yang dimasukkan atau dikirim salah. Kesalahan dapat berupa kesalahan tipe data, jumlah ukuran yang terlalu besar, dsb. Ini kadang menyebabkan apikasi dapat berjalan, namun memberikan hasil yang salah. Karena itu penting untuk melakukan pengecekan isi data pada saat proses troubleshooting.

Cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan message box atau alert. Pada pemrograman php kita bisa menggunakan var_dump untuk mengetahui isi data serta tipe dan ukuran data.

4. Pahami alur koding program yang telah dibuat
Saat terjadi error, IDE telah menunjukkan dimana letak terjadi error. Dan kemudian kita pun mulai mencari solusi untuk menyelesaikan error tersebut. Tapi setelah mencoba berbagai cara, tapi tetap saja error itu tidak bisa teratasi.

Apabila kita menghadapi hal seperti ini, maka kita mungkin harus mengingat kembali alur aplikasi tersebut. Karena bisa saja error yang terjadi bukan pada baris yang ditunjukkan oleh debugger, melainkan dari baris lain yang berkaitan dengan baris tersebut. Oleh karena itu, kita harus mengecek kode yang berkaitan, dan mencoba memperbaiki disitu. 

sumber gambar : 1cak.tv


5. Kurang titik koma ;
Ini adalah sebuah kesalahan yang sangat simpel, tapi seringkali membuat seorang programmer kewalahan. Mungkin itu terjadi karena ;(titik koma) itu sangat kecil dibandingkan syntax lainnya. Selain titik koma, kesalahan karakter dan syntax juga sering membuat aplikasi tidak berjalan. Dan biasanya setelah kita mengetahui penyebabnya, bahwa ada karakter yang kurang atau tidak ada maka pasti kita akan menggerutu dan berkata "hanya karena ini saja".

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya tidak ada trik khusus, selain lebih teliti dalam coding. Meminta bantuan teman untuk mengecek juga sering menjadi strategi andalanku. Karena jika sudah stuck, bisa saja kita mengganggap syntax yang salah itu benar. Dengan bantuan teman yang membaca kode program kita, maka dia bisa lebih jelas melihat apakah ada kesalahan atau tidak pada kode program yang telah kita buat.

Itulah beberapa hal yang sering aku lakukan saat troubleshooting masalah pada aplikasi. Pada waktu mepet, solusi yang terbaik adalah troubleshooting bersama teman. Karena bila bersama-sama, pikiran kita bisa jadi lebih terbuka karena bisa berdiskusi, dan proses penyelesaian masalah bisa jadi lebih cepat.

sumber feature images: gannett-cdn.com


-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…