Skip to main content

Programmer dan Laptop Bagus - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 10


Tapi gak apa-apa sih kalo aku ditanya begitu, aku pasti akan bantu. Karena aku mau jadi the real ahli IT. Avatar Jakup, pengendali laptop bagus, hape bagus, virus bagus dan hack cantik. 




Seorang programmer biasanya berasal dari jurusan IT seperti Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Sistem Informasi dan sebagainya. Namun tak sedikit juga programmer yang berasal dari jurusan di luar IT dan ada yang belajar sebagai otodidak. Setelah menjadi programmer biasanya seseorang tidak lagi mempertanyakan dia dari jurusan mana, tapi yang orang tau dia adalah ahli IT.

Memegang predikat sebagai ahli IT sejujurnya adalah hal yang berat. Bagaimana tidak, orang awam menganggap kesempurnaan seorang ahli IT itu bak seorang dewa. Seorang ahli IT bisa apa saja. Dari pengalamanku sebagai programmer, ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya tidak berkaitan dengan pekerjaanku atau bahkan latar belakang pendidikanku di kuliah. Tapi itu tetap saja ditanyakan orang, karena mereka pikir programmer pasti tau itu. Apa saja pertanyaannya? Mari kita lihat.

1. Apa merek laptop bagus?
 
sumber gambar : buylovely.com
Ini adalah hal yang paling sering ditanyakan kepadaku. Jadi aku ini ibaratnya seorang konsultan laptop. Orang-orang sering ngechat menanyakan apa merek laptop yang bagus, yang tahan lama dan gak terlalu mahal. Sebenarnya aku juga gak tau juga perkembangan laptop secara update, makanya jadinya aku searching juga di google dengan keyword "merek laptop yang bagus, yang tahan lama dan gak terlalu mahal 20**". Dan tadaa, keluarlah hasilnya oleh asisten konsultanku , mbah gugel.

Di kampus dulu kami gak punya mata kuliah khusus tentang laptop yang bagus. Tapi paling yang ada sejarah komputer dsb. Tapi ya karena banyak yang bertanya, gak mungkin juga gak dijawab. Alhasil aku pun menjadi konsultan laptop.

2. Apa hape yang bagus?
sumber gambar : gizbot.com
Kalo ini adalah pertanyaan legend yang kedua, yang cukup sering ditanyakan. Ini malah sama sekali gak ada dipelajari di kampus dulu (memang karena kami dulu belum ada mata kuliah mobile programming) :D. Kalau ditanya hape apa yang bagus sekarang, ya sama aja sih treatmentnya kubuat dengan menanggapi kalo ada yang bertanya apa laptop bagus. Tinggal tanya juga sama asisten konsultanku dan voila, keluar hasilnya.

3. Bisa buat virus?
sumber gambar : kindness-is-contagious.com
Kalau yang ini pertanyaannya memang gak terlalu banyak ditanya, tapi ada yang nanya begitu juga samaku. Sebenarnya buat virus gampang-gampang susah. Kemarin saja, waktu aku ngoding sama kawanku di kantor, kami salah buat kode program. Dan alhasil, laptop temanku crash dan harus direstart pake tombol power :D

Ya ceritanya sama dengan awal mula virus dibuat. Katanya sih ya, virus dulu pertama kali tercipta gak sengaja. Itu dikarenakan kesalahan program. Tapi sekarang ini virus-virus diciptakan ya untuk maksud tertentu. Untuk merusak, mencuri, iseng, membuat antivirus *upss dan segala macam lainnya. Jadi kalo ditanya apa aku bisa buat virus? Bisa. Buat virus cinta yang bikin kamu klepek-klepek. :D

4. Bisa hack facebook?
sumber gambar : ytimg.com
Nah kalo ini yang nanya biasanya, kalo gak yang lagi kesal sama mantan ato yang lupa password facebook yang nanya gini. Selain facebook, biasanya banyak yang tanya juga bisa gak hack email. Ya sebenarnya facebook dan semacamnya itu gak gampang di hack sih. Soalnya programmernya aja juga berapa ribu. Beda lagi dengan ahli securitynya. Yah, siapalah aku bisa ngehack perusahaan sekelas facebook ato google.

Kalo disuruh ngehack pun palingan aku pake teknik hacking yang sehat, bersahabat dan legal. Gimana caranya? Ya klik aja forgot password ato forgot email. Setelah itu cobain lah satu-satu pertanyaan pendukung ato lain-lainnya. Kalo mau yang agak lebih ekstrim, bisa dicoba-coba aja masukkan password di akun yang mau dihack. Ya cobalah terus, paling sampe 10 kali percobaan udah dimarahi google.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan kepada programmer tapi agak diluar konteks programming. Tapi gak apa-apa sih kalo aku ditanya begitu, aku pasti akan bantu. Karena aku mau jadi the real ahli IT. Avatar Jakup, pengendali laptop bagus, hape bagus, virus bagus dan hack cantik. :D Sampai jumpa di artikel selanjutnya :)

sumber gambar fitur : bsmknighterrant.org

-------------------------------FYI-----------------------------------------------
Artikel ini adalah bagian dari Blog Series "Pengalaman Sebagai Programmer".
Lihat artikel lainnya disini
---------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 1

Skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir mungkin merupakan suatu perjuangan yang sangat melelahkan. Bila akhirnya skripsi selesai dan sidang berhasil dilalui, maka rasanya itu seperti sudah menuntaskan misi penyelamatan sasuke dari orochimaru (dalam hal ini sasuke berhasil diselamatkan). Menanti jadwal wisuda sambil mengenang masa-masa rumit saat mengerjakan skripsi yang telah berhasil dilalui merupakan hal yang menyenangkan. Tapi semua akan berubah saat perjalanan sebagai seorang jobseeker dimulai.
Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada begitu banyak lowongan pekerjaan yang dapat dilihat melalui media cetak maupun media online serta media sosial. Namun yang menjadi kesulitan adalah disaat tidak ada lowongan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan keinginan atau latarbelakang pendidikan kita. Oleh karena itu saat sudah ada lowongan pekerjaan yang tepat, kita harus betul-betul mempersiapkan diri untuk itu.
Karena aku adalah seorang programmer, maka aku mau membagikan beb…