Skip to main content

Tips Cari Kerja Sampingan Untuk Karyawan Tetap

cari-kerja-sampingan


Banyak orang yang mengimpikan untuk dapat bekerja di bidang yang sesuai dengan passion-nya. Tapi tidak sedikit pula yang bekerja karena harus mencari makan, oleh karena itu bekerja di bidang apa saja pun dia mau, asal ada pekerjaan yang tersedia. Bekerja sesuai passion atau tidak, faktor kesejahteraan tetap dapat mempengaruhi seseorang dalam pekerjaan. Tidak sedikit karyawan yang walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap, masih cari kerja sampingan untuk menambah pemasukan. Itu dikarenakan kesejahteraan seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gaya hidup, keluarga yang ditanggung, cicilan dan lain sebagainya. 

Mencari pekerjaan sampingan sebenarnya tidak ada salahnya, asalkan dapat mengelola waktu dengan baik agar tidak ada pekerjaan yang saling bertabrakan. Bila tidak dimanajemen dengan baik, bisa saja pekerjaan sampingan tersebut mengganggu pekerjaan utama anda. Bila itu sudah mengganggu, maka hal itu akan berpengaruh terhadap penilaian perusahaan tempat anda bekerja atas kinerja anda.
Bila anda saat ini sedang mencari pekerjaan diluar pekerjaan utama anda, mungkin beberapa tips ini dapat membantu.

1. Cari pekerjaan dengan waktu diluar pekerjaan utama
Seperti yang sudah disampaikan di atas, carilah pekerjaan yang dari segi waktu tidak menggangu pekerjaan utama anda. Bekerja paruh waktu di sore hari adalah pilihan yang tepat apabila anda bekerja di kantor yang jam kerjanya dari pagi ke sore.
Anda dapat mencari info lowongan kerja di restoran, karena bekerja di restoran dapat menjadi salah satu pilihan karena banyak restoran yang mencari karyawan paruh waktu. 

2. Pilih pekerjaan yang fleksibel
Pekerjaan dengan waktu fleksibel, adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan kapan saja serta dimana saja termasuk di rumah. Pekerjaan sampingan tersebut dapat dilakukan pagi, siang ataupun malam. Bila anda lihai, di saat-saat waktu luang pekerjaan utama, pekerjaan ini dapat dikerjakan. Dan bila ada keperluan mendesak pada pekerjaan utama, maka pekerjaan sampingan ini dapat dihentikan sejenak. Pekerjaan seperti ini umumnya bergantung pada deadline. Jadi tidak peduli pekerjaannya dikerjakan kapan dan dimana, asal dapat diselesaikan sebelum deadline, maka tidak ada masalah.
Bekerja sebagai freelancer umumnya fleksibel serta sifatnya kerja online ataupun remote. Ada banyak website yang dapat menghubungkan antara klien dengan pekerja freelance. Contoh pekerjaan freelancer adalah programmer, content writer, design grafis.

Bukankah menyenangkan punya pekerjaan yang bisa dikerjakan dirumah ?

3. Pastikan beban kerja sesuai dengan penghasilan
Jangan mencari pekerjaan yang begitu membebani otak, namun tidak berbanding lurus dengan penghasilan yang diterima. Bila anda sedang mengalami hal seperti ini, mungkin baik untuk mencari pekerjaan lainnya yang lebih seimbang antara beban kerja dan penghasilannya. Cobalah untuk mencari usaha yang menjanjikan serta sesuai.

4. Mulai pekerjaan sendiri
Tentu anda tidak perlu mencari pekerjaan lainnya, jikalau anda bisa menciptakan peluang usaha sendiri. Sudah banyak cerita sukses tentang orang-orang yang memulai usaha sampingan yang berawal dari hobi bahkan ada yang memulai tanpa modal, mulai dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Anda bisa memulai pekerjaan tersebut dalam bentuk bisnis sampingan. Malah apabila bisnis tersebut menjanjikan, anda bisa beralih dari pekerjaan utama anda dan kemudian menjadikan bisnis tersebut menjadi pekerjaan utama anda.

Demikianlah beberapa tips mencari kerja sampingan. Semoga dapat membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Pencari Jodoh Suku Karo

Ketika Freshgraduate Bekerja Pertama Kali Sebagai Programmer - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 2

Sebelumnya, kita telah mengetahui beberapa tips saat melamar pekerjaan sebagai programmer. Bila masih belum diterima dalam pekerjaan, maka jangan putus asa. Kembali cari perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Apabila anda sudah diterima bekerja sebagai programmer, maka aku mengucapkan selamat datang.
Apa yang ada di pikiran anda, saat membayangkan bekerja sebagai seorang programmer. Kalau dulu yang aku pikirkan adalah, aku akan membuat aplikasi yang keren dan membantu banyak orang. Dan memang seperti itulah adanya. Di awal pekerjaan, aku dan teman yang baru masuk langsung mendapat pekerjaan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi yang rusak pada sebuah aplikasi yang telah ada.
Di awal, beban kerja yang diberikan berbagai perusahaan mungkin berbeda-beda. Ada yang langsung membebankan karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Ada pula perusahaan yang memberikan waktu bagi programmer barunya untuk belajar terlebih dahulu. Belajarnya dapat melakukan training ataupun menyelesa…

Menyelesaikan Masalah (Troubleshooting) Dalam Coding - Pengalaman Sebagai Programmer Bagian 3